Jualan Motor Honda Jagonya, Tapi Jualan Sparepart Yamaha Di Depan!

Mekanik Honda Beli Onderdil Di Bengkel Resmi Yamaha

Mekanik Honda Beli Onderdil Di Bengkel Resmi Yamaha

Brosis, kita semua tahu Honda adalah juara penjualan motor di tanah air, bahkan dengan peringkat kedua nyaris unggul 2x lipat, setidaknya di bulan Februari kemarin. Hal itu juga semakin didukung dengan menjamurnya Bengkel Resmi semacam AHASS untuk melayani konsumen. Namun, ada kejadian menarik yang sempat saya saksikan ketika lagi nyervis Sipio di beres Yamaha. Yang sepertinya agak janggal namun terjadi.

Ketika menunggu sipio servis, masuk seorang berseragam montir (putih-putih) dan nampaknya mekanik dari salah satu AHASS yang ada di daerah saya, hal itu terlihat dari tulisan Honda dengan gambar sayap tunggal. Yang menarik adalah si mekanik menuju bagian sparepart Yamaha dan membeli onderdil motor, entah apa yang dibeli.

Kejadian di atas baru kali ini saya saksikan, sebuah BeRes Honda membeli onderdil motor di BeRes Yamaha yang kebetulan adalah kompetitor. Apakah ini berarti ketersediaan sparepart Yamaha lebih lengkap dibanding Honda? Bisa jadi, setidaknya itu terjadi di daerah saya seperti kejadian di atas. Hehehe….. Memang, salah satu keunggulan Yamaha adalah kelengkapan sparepartnya, bahkan mereka sudah “berani” membuka akses ketersediaan sparepartnya lewat website ataupun katalog. Harus diakui, disisi ini Yamaha selangkah lebih maju dari Honda. Oh iya, selama dulu saya pakai SupraX dan servis di AHASS tidak pernah sekalipun melihat mekanik BeRes Yamaha beli onderdil di BeRes Honda. Hemmm…

Kejadian di atas mungkin sudah biasa terjadi di daerah-daerah lain, atau mungkin saja kejadian sebaliknya juga terjadi. Tapi, paling tidak itu yang saya saksikan beberapa hari yang lalu ketika servis rutin Sipio. Dan sesama mekanik ternyata akrab banget lho mereka, padahal fansboinya sampe “berdarah-darah” di luar sono hahahaha….

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Advertisements

20 Comments

  1. mas bro semua,hal2 smacam itu baiknya tidak dipermasalhkan,kita ambil positifnya aja,akur.
    aku y mknik ymh,y sering bli part di bgkl honda/pun szuki,kadang part(yg subtitusi,misal busi)stok sdang kosong.kadang jg pas jam istirahat q bli untuk mtr garapn dirumah.didaerahku(ngawi)kebanykn para mekanik alhamdulilah podo akur.
    yowes ngono ae.

  2. maaf klau tata bahasa agak tdk karuan (maklum ga lulus smp),,,,,,,…..
    kepada yth BOS. PT HONDA
    kami selaku pemakai “motor honda” tolonglah kalau ketersediaan spare part semua motor yg pernah di pasarkan agar tetap di produksi onderdilnya selengkap2 nya,,krn kami ingin motor honda kami tetap bisa berjalan,,karna kami juga kalau beli motor tdk pernah menawar2 kalau ingin membeli,,jadi jgn juga menawar2 untuk mencetak semua onderdil honda

Comments are closed.