Tajin Palappa Kuliner Khas Situbondo

Tajin Palappa Kuliner Khas Kota Situbondo

Tajin Palappa Kuliner Khas Kota Situbondo

Ngomongin kuliner yuk, sekali-sekali refresh otak dari yang berbau otomotif. Kali ini saya akan coba bahas sedikit yang saya tahu tentang sebuah menu makanan yang menjadi ciri khas kota Situbondo. Namanya adalah Tajin Palappa.

Tajin Palappa atau kalau di Indonesiakan menjadi Bubur (Tajin) Bumbu Kacang (Palappa) sama dengan dengan bubur-bubur lainnya. Berbahan dasar beras yang dimasak sampai menjadi bubur, bisa ditambahkan santan kelapa agar lebih gurih dan bisa juga dipasang daun pandan ketika dimasak untuk aroma. Yang membedakan adalah “pasangan” si bubur ini. Jika bubur ayam pakai minyak sayur, kecap dan tentunya suir-suir daging ayam; maka tajin palappa ini “pasangannya” adalah bumbu kacang.

Bumbu kacang terbuat dari kacang tanah yang digoreng, garam secukupnya dan boleh juga diberi sedikit petis ikan agar lebih berasa sedap bumbunya. Semuanya kemudian diulek bersama cabe sesuai selera. Campur sedikit air agar bumbu lebih encer. Setelah selesai, agar lebih sehat maka bisa dipasangkan dengan sayur kangkung yang direbus sebentar, letakkan di atas bubur dan siram dengan bumbu kacang tadi. Voilaaaa…Bubur bumbu kacang alias Tajin Palappa ready to served.

Tajin palappa ini biasanya dijual ketika pagi hari, selesai berolahraga pagi, perut yang kosong bisa diisi dengan Tajin Palappa, tentunya hati-hati yang sensitif terhadap rasa pedas. Oh iya, harganya sangat murah koq, brosis bisa beli 1500 rupiah, bisa juga 2000 rupiah atau kalau mau lebih nendang silahkan dengan 3 lembar seribuan, lebih sipp lagi makannya sama krupuk hemm…dijamin makjib….!!! Monggo…

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanffat!

Palappa yang terbuat dari ulekan kacang goreng

Palappa yang terbuat dari ulekan kacang goreng

e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

9 Comments

  1. pernah dengar dari kakakku yang nikah di situbondo,tapi belum pernah merasakan..jadi pengin…kirim dong ,Pak Guru… ke jayapura ..lewat DHL *esoon kerong taretaan… 😀

1 Trackback / Pingback

  1. Rideralam Ikut Saksikan Gerhana Matahari Di Situbondo, Tanpa Alat Apapun Alhasil Mata Jadi Buraammm… | rideralam.com

Comments are closed.