Motorsport Semakin Menjamur, Siapkan Cicilanmu!!

images

Brosis….coba perhatikan nama-nama ini, New V-Ixion, Byson, Old V-Ixion, CB150R,  Verza 150, Inazuma, Ninja series, BR200A, Scorpio, CBR series, Tiger, NMP, Pulsar series dan Apache, apa kesamaan dari semua itu?

Yup, jejeran nama-nama itu adalah semuanya motor sport atau motor batangan atau sering juga disebut motor laki! Berapa varian yang ada saat ini? setidaknya dari nama di atas sudah menggambarkan betapa segmen sport ini semakin hari semakin berkembang. Belum lagi motor-motor di segmen premium, taruhlah Ducati punya, Kawasaki juga ada, MV Agusta juga, pokok e makin banyak. Artinya apa? sambutlah era motor sport di tanah air brosis!!

Kalau RA perhatikan (tabpa riset sih, cuma pengamatan a la amatir) ke depan nantinya akan ada dua segmen motor yang akan menonjol, segmen skutik dan segmen sport. Skutik dipilih untuk fungsionalnya, pas untuk anggota keluarga buat jalan-jalan, shopping atau sekedar naik motor saja. Sedangkan untuk melengkapi sisi fungsional, diperlukan semacam identitas untuk menunjukkan ekspresi diri…. di sinilah motor sport punya ruang yang lebar. Maklum, namanya manusia itu pasti ingin menampilkan siapa dirinya, “ini lho gw, mana punya lo?!”.

Jadi, tidak usah heran jika di rumah-rumah akan ada dua jenis motor, skutik dan sport. Di sinilah pabrikan harus jeli dengan selera dan kebutuhan konsumen. dan nampaknya itu sudah mereka sadari koq. Kawasaki yang sudah kadung nempel dengan imej motor sport mahal mulai mau bermain di entry level dengan menerima pinangan Bajaj sebagai marketingnya, apalagi kalau bukan untuk memperdalam ceruk pendapatan. Pun Yamaha yang di dunia sebenarnya punya varian motor sport keren-keren juga mulai melirik untuk memasarkan motor sport 250 cc nya di sini, sudah pasti mereka telah melihat peluang besar di kelas tersebut, kalau gak mana mau jualan.

Suzuki juga mulai melek dengan melepas Inazuma, walau segmen yang disasar adalah mid premium class, tapi paling tidak mereka sudah “ngeh” dengan potensi market. Siapa tau mereka akan me-reborn motor sport legendarisnya seperti FXR 150 misalnya, who knows?! Bagaimana dengan Honda? RA yakin, raksasa satu ini juga tidak akan tinggal diam. Apalagi melihat kondisi CBR seriesnya yang tidak begitu laku (untuk ukuran standar Honda. IMHO). CBR250R masih saja kalah pamor dengan rival Ninja 250FI, CBR150R juga masih punya kesan over price, pasti ini akan dievaluasi. Bisa dilokalkan misalnya atau malah mengeluarkan varian motor sport anyar buat manghadang sang bebuyutan Yamaha?

Tunggu saja brosis, era motor sport sudah dimulai, siapkan cicilanmu hahahaha…..

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Advertisements

11 Comments

    • bebek kayaknya makin terhimpit, dari sisi fungsionalitas jelas kalah sama skutik, sisi performa juga ga unggul2 amat apalagi lawan batangan, sisi prestise juga sami mawon….nanggung

Comments are closed.