One Make Race CB150R, Top Speed Capai 145 kpj…. Wow!!

ktm indonesia
Skill pebalap yang utama, soalnya motor sama persis
Skill pebalap yang utama, soalnya motor sama persis. Alhasil pada merasa juara šŸ˜€

Brosis, masih ingat tentang One Make Race-nya (OMR) CB150R pada gelaran Indospeed Race Series (IRS) 2013? Yup, pada ajang IRS 2013 Sentul akan ada kelas baru tuh, yaitu balapan antara sesama motor Honda CB150R. Bagaimana perkembangannya?

RA kutip dari Maniakmotor.com, Honda CB150R yang digunakan oleh pebalap di bawah usia 20 tahun (syarat utama) ternyata kenceng juga lho, top speednya mencapai 145 kpj sedangkan rata-rata speed untuk menempuh satu putaran sirkuit sepanjang 4000 meter adalah 113 kpj. Kenceng juga ya? Ya iya lah…balapan!! šŸ˜€

Asli Kocak Bener Foto ini....Ngakak aabis dah
Asli Kocak Bener Foto ini….Ngakak aabis dah

Dan data top speed serta speed rata-rata di atas asli lho, bukan seperti yang diberitakan sebelum-sebelumnya ketika awal-awal kemunculan nih motor di jagad market roda dua tanah air, yang katanya bisa sampai 136 kpj atau bahkan 140 kpj dalam kondisi standar. Padahal, dengan memperoleh 145 kpj seperti diatas itu lumayan banyak ubahannya, apa saja sih?

Yang jelas paling utama adalah pemasanganĀ juice boxĀ atauĀ piggy backĀ ECU (electronic control unit)Ā yang melepas sekatĀ Ā standar limiter putaran mesin. Jadi, limiter RPM si chibi ini bisa mencapai 12.000 rpm. Pantes! Kemudian adalah pemasanganĀ kenalot produkĀ Over Racing. Kombinasi piggy back dan kenalpot ini, pasti melejit 25 persen dari standar. Itu kata Maniakmotor.com lho yang katanya ketika mereka test di awal peluncuran “hanya” mencapai top speed 125 kpj.

OMR Honda CB150R, Stangnya masih standar
OMR Honda CB150R, Stangnya masih standar

Cuma, masih ada sedikit kekurangan dari si chibi OMR ini. Coba baca kutipan pernyataan para tester CB150R yang disiapkan untuk OMR “Iya bro, tapi dengan posisi setang standarnya yang ketingggian, cocoknya buat jalan ke gunung. Dengan model setang begitu,Ā skillpembalap tidak akan muncul. Ia sulit mempraktekanĀ riding styleĀ ā€˜menggantungā€™ di motor untuk belok. ā€œKalau saja diganti dengan yang lebih pendek manuvernya akan lebih enak. Setang sekarang bahaya juga, karena helm akan beradu dengan setang,ā€Ā . Ada – ada saja ya hahahaha….. tapi memang aneh sih, balapan koq posisi stang kayak touring.

Brosis, kita harus acungi jempol buat Honda nih udah mau bikin ajang OMR CB150R tahun 2013 ini, paling tidak para pebalap akan terbiasa dengan style motor balap sesungguhnya, motor batangan, ya walau dengan keurangan sana-sini, paling tidak masih jauh lebih baik daripada balap bebek. Minimal, jika mereka nantinya loncat kelas ke Moto3, Moto2 atau bahkan MotoGP sudah gak butuh adaptasi terlalu lama, dalam urusan style motor. Iya ga? Jempol deh….

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Advertisements

Comments are closed.