Masih Mau Pakai Octane Booster? Baca Dulu Deh….

[ilustrasi] Octane Booster
Baca berita di kompas online, ada sebuah kabar cukup mengejutkan (walaupun RA sudah menduganya sejak lama cek ileee…kayak paranormal saja :D), yaitu octane booster yang di pasaran sangat dianjurkan untuk tidak digunakan ke motor atau mobil. Menyebabkan masalah bagi mesin dan lingkungan katanya.

“Dari penelitian kami, hasilnya tidak ada yang baik bagi kendaraan. Lebih baik mengonsumsi ethanol murni 10 persen ketimbang octane booster,” komentar Indra Chandra Setiawan, Anggota Tim Transportasi, Lingkungan, dan Infrastrukstur Gaikindo di Seminar Forum Kajian Industri Nasional di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, hari ini (3/7/2013) ~ dikutip dari kompas

Heru Sutanto, Staff Teknik AISI menambahkan, bahan-bahan senyawa logam yang biasa digunakan untuk mendongkrak tenaga di awal penggunaan justru punya efek negatif dalam jangka panjang. Efek korosif yang timbul ke busi bisa mengancam keselamatan ketika biker mau melaju di tanjakkan atau menyusul kendaraan di depan. “Kalau mesin tiba-tiba mati, sangat fatal akibatnya,” tegas Heru. ~ masih dari kompas juga

Octane booster merupakan zat aditif yang ditambahkan pada bahan bakar untuk meningkatkan angka oktan sehingga bahan bakar diharapkan menjadi lebih baik. Sejauh ini jika diperhatikan cukup banyak octane booster yang dijual bebas di pasaran, dan “suksesnya” banyak pula yang menggunakan. Padahal, brosis harus hati-hati, tidak sedikit efek samping penggunaan si zat aditif ini yang pada muaranya bisa mengurangi usia pakai mesin. Dan ternyata, octane booster yang ada di pasaran itu semuanya ilegal lho, karena penjualannya belum mendapatkan izin dari Dirjen Migas Kementerian ESDM, nah lho!! EN DO NE SAH gitu lho!!

Octane booster ternyata ada yang mengandung logam berat semisal Pb, Hg dan sejenisnya yang sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Sudah pembakaran bahan bakarnya saja berbahaya apalagi ditambah logam berat, makin parah saja kualitas lingkungan kita hanya demi memuaskan ego pribadi. Sorry to say that!

Jika brosis ingin menggunakan bahan bakar ber-oktan tinggi ya sebaiknya beli saja BBM beroktan tinggi, semisal pertamax atau pertamax plus. Jangan sampai ada alasan harganya yang mahal, hellloooo…..mahal tapi kualitas mesin tinggi dan berumur panjang ya jadi lebih murah jatohnya, coba itung dewe dah. Alhamdulillah, sejak pertama punya motor hingga kini RA sama sekali tidak pernah pakai yang namanya octane booster, RA mikirnya simpel saja “zat kimia tambahan apapun pasti ada efek sampingnya yang akan merugikan mesin dalam jangka panjang” jadi, mending bahan bakarnya yang ber-oktan tinggi dibanding bilangan oktannya yang dinaikin paksa! Be a smart and critically costumer, bro!

Nah, sekarang lagi ramai dibahas bahayanya octane booster, monggo disimak berita-berita yang terkait hal itu. Jika sudah paham dan memahami, apakah masih mau pakai octane booster? Motor rentan rusak, lingkungan makin parah! Jika kita tidak mampu memperbaiki lingkungan, setidaknya jangan menambah rusak lingkungan!

Advertisements

49 Komentar

  1. kalo semacam bardahl atau norival itu gimana ya? yg bardahl dari bahan kimia, yg norival katanya sih dari minyak nabati.

  2. Yakin nih semua oktane booster berbahaya??
    Coba beberkan nama produk dan zat2 yg terkandung didalamnya…
    Jgn dlu asal copas dr sumber tertentu wlwpn itu media besar bro…ga semua dr media itu berdasarkan fakta yg sebenarnya yg tidak disertai bukti2…
    Ini ada indikasi org dalam pertamina,krn dgn adanya oktan booster,produk mrka(pertamax&pertamax+)jd kurang pemakainya…
    Klo mmg bnr semua produk oktan booster berbahaya,gw tanya ma ente..dh prnh nyoba oktan booster dan setelahnya bongkar mesin apa yg terjadi setelah pakai oktan booster???
    Klo blm nyoba 1x lg gw saranin ma ente..jgn asal copas aj broo..
    Ga semua oktan booster berbahaya..
    Biar lbih pasti..ente beli semua produk oktan booster..trus bawa ktmpt penelitian bwt “ngebedah” bahan2 yg terkandung dlm produk2 tsb..lalu ente posting dimari berdasarkan penelitian tsbt,dgn syarat harus jujur&apa adanya berdasarkan hasil lab itu,tdk dikurangi atau ditambah2kan dgn unsur ingin menjatuhkan..itu baru fair!!
    Bisa??????

  3. Dave, si oknum penjual suplemen bensin. ngotot bgt sih…..?!
    Memang pada kenyataannya suplemen bensin kurang efektif. terima ajalah faktanya..

    • mungkin sdr dave benar, jika yg mengatakan adalah pesaing maka barang tsb akan dibilang ilegal, berbahaya dll, berdasarkan pengalaman saya sendiri saya sdh menggunakan octane booster sejauh 75.000 km & hingga saat ini kendaraan itu tdk terjadi apa2 & masih digunakan, sedangkan kendaraan yg satunya selalu menggunakan pertamax sejauh 45.000 km hasilnya tetap saja terjadi knocking jadi kesimpulannya ada produk yg tdk bermanfaat dan adapula yg memang benar bermanfaat …

  4. Ane pakai octane boster udh jalan masuk tahun ke tiga.
    Mesin ane aman-aman aje,malah banyak mengandung unsur positif lagi.
    bensin ane jd lama hbs nye alias hemat, karna pembakaran nya jadi lama. pengapian nya jadi lebih baik, tenaga jadi bertambah dan narik gas jadi ringan. memang octane boster msh bnyk yg ilegal. maka nya cari octane boster yang ada LEMIGAs nya.
    Negatif nya nguras kantong ane aje. krn nambah pengeluaran.
    tapi Kuda Besi ane jadi senang karana minum susu Octane Boster.
    wk wk wk..

    Note: TIDAK SEMUANYA OCTANE ILEGAL

  5. ada yg bilang pemakaian octane booster berkala bikin mesin cepat rusak karena senyawa berbahaya besi, timbal, dan mangan..
    ada jg yg bilang pemakaian OB ga menimbulkan masalah, malah2an bersifat positif..
    memang blm ada penelitian ilmiah yg menjabarkan sih.. merk2 jg banyak. jd ga ngerti mana yg bagus mana yg jelek..
    ingin skedar share aja, tb2 busi sy stengah mati.. lalu ketika sy pikir knapa mendadak? sy ingat2 sy baru2 saja memakai OB..
    nb: busi baru 1bulanan.
    atau krna kondisi busi cacat produksi? atau krna OB? siapa tahu..

  6. Octane booster bermacam2 ada yg zat aditif ny dr pb, gmna klo komposisi ny dr hidrokarbon???. Bukan kh bensin jg senyawa hidrokarbon???.. Heptana,oktana adalah senyawa terbesar untuk pembuatan bensin d kilang2 minyak..
    Tdk semua octan booster tdk aman tp d tilik n selidiki dr bhn pembuat ny,,
    Fors booste beda krn ini dr hidrokarbon n aditif

  7. Octane booster bermacam2 ada yg zat aditif ny dr pb, gmna klo komposisi ny dr hidrokarbon???. Bukan kh bensin jg senyawa hidrokarbon???.. Heptana,oktana adalah senyawa terbesar untuk pembuatan bensin d kilang2 minyak..
    Tdk semua octan booster tdk aman tp d tilik n selidiki dr bhn pembuat ny,,
    Fors booste beda krn ini dr hidrokarbon n aditif
    Lulus uji petrolab untuk menaikkn nilai oktan bensin

  8. Yah klo dilegalkan ntar pertamina bisa gulung tikar….jelas ada faktor “politik”…sama saja melegalkan GANJA…bagi orang awam ganja itu berbahaya…tp justru byk penelitian yg hasilnya malah byk manfaatnya…Klo GANJA Legal industri farmasi bakal kolaps….sama kaya OB…ya karena klo pake OB ga perlu beli BBM yg mahal…dan BBM yg murah itu krn disubsidi pemerintah…intinya pemerintah ogah klo disuruh ngasih subsidi banyak…itu aja…lha wong OB itu byk dipake dinegara2 maju kok…

  9. Ane pake octan booster produknya pikoli ( power pik ) tapii karbu tetap bersih . tapii efeknya jika kebanyakan mesin sering mati sekejap kalo nyalahinnya mesti stater . apa itu efek sampingnya yaa gan?

  10. Blog orang Goblog!!, oktan di berikan untuk kendaraan khusus saja. bukan semua jenis kendaraan. busuk loe !! mulut dan tulisan loe itu harus d jaga. otak loe apa sih isinya?? kaya otak udang ngomong sembarangan gag fakta bgt. Belajar lagi lah loe. Fuck you!

  11. Cukup menarik memang kalo membahas octane booster. karena ya itu tadi, salah memilih produk bisa bahaya ke mesin. semuanya tergantung dari bahan2 apa aja yg dipakai itu produk octane booster. jangan sampe ada zat berbahayanya kyk mengandung unsur logam dan senyawa kapur barus << ngeri !!!!.

    sekarang org lebih tertarik dengan bio aditif complite engine cleaner. tidak hanya sebagai octane booster, tapi juga berfungsi sebagai pembersih fuel line system dan ruang pembakaran. tentunya aditif octan booster jenis ini (Bio Aditif) 100% aman bagi mesin.

    cek di mari solusi octane booster 100% AMAN buat mesin gan :
    http://pressolind.id/aditif-pressolind-octane-booster-terbaik/

Komentar ditutup.