Yang Berkurang Setelah Harga BBM Naik

Sipio dengan latar sunset di Darmaga Panarukan

Sipio dengan latar sunset di Darmaga Panarukan

Brosis, mau tanya nih…. Harga BBM subsidi alias premium alias bensin kan sudah naik 2rb rupiah, kira-kira kegiatan apa yang brosis jadi jarang dilakukan atau bahkan terhenti, terutama yang berkaitan dengan riding motor?

Kalau RA ada satu kegiatan rutin yang jadi nyaris tidak pernah dilakukan, kecuali memang harus dilakukan, yaitu riding santai menikmati suasana sore keliling Kota Situbondo. Maklum, walaupun tidak menghabiskan banyak premium (karena dicampur pertamax) namun tetap saja jadi terasa konsumsinya kalau tiap hari dilakukan.

Jika sebelumnya uang 50rb untuk 3 liter lebih pertamax (harga 9800/liter) dan 4 liter lebih premium dan itu cukup untuk sipio seminggu (sudah plus jalan-jalan sore) kali ini dengan 50rb hanya dapat kurang dari 3 liter pertamax (harga pertamax sudah di atas 10rb/liter) dan 3 liter lebih premium artinya di tangki hanya terisi 5 liter lebih BBM. Lima liter premix pada sipio tidak akan cukup untuk seminggu pemakaian, padahal hanya untuk kerja harian yang pp sekitar 20 km, apalagi pakai jalan-jalan.

Tapi, kondisi tersebut walaupun terasa pengaruhnya memang tidak bisa dihindari, demi kebaikan keuangan negara gitu (anggap saja gak ada “tikus” bernama koruptor). Yang jelas, walaupun nantinya harga BBM sudah tidak disubsidi alias sesuai harga pasar, RA yakin walaupun berpengaruh, kita akan menjadi lebih pinter mengatur aktivitas yang berkaitan dengan konsumsi BBM. Misalnya jadi lebih memilih kendaraan umum, beli kendaraan yang lebih irit dibanding hanya mengejar kentjang, lebih mengurangi aktivitas bermotor yang tidak penting, dan sejenisnya. Betul gak?

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

E-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

15 Comments

  1. Lima liter premix pada sipio tidak akan cukup untuk seminggu pemakaian, padahal hanya untuk kerja harian yang pp sekitar 20 km, apalagi pakai jalan-jalan.

    ___________________________________________________________________________

    cukup laah kang…kan sipio njenengan 1ltr tembus 33km, jadi secara matematis kalo cuman dipake pp kerja 20km saja #masihada 13km sisa untuk menghabiskan seliter premix seharinya….

    trus tiap minggunya bisa juga dihutung kang tarohlah sipio buat pp 20km x 7 hari = 140km, sedang premix 5ltr x 33km = 165km, ada selisih 25km, cukuup laah kalo buat muter2 ma janda sebelah ngabuburit radius 3km aja dr rumah setiap harinya… #eh

  2. nanti bakal terbiasa seiring waktu, ahirnya ya jalan-jalan lagi.
    persis saat bensin masih dua ribuan lalu jadi empat ribuan.

Comments are closed.