Kuliner Situbondo: Pisang Goreng Kremes Pontia, Camilan Manis!

image

RiderAlam.com – Sudah lama tidak nulis tentang kuliner nih brosis, kali ini RA coba ulas kuliner yang ada di kota tercinta Situbondo. Kuliner kali ini adalah sebuah camilan tapi mengenyangkan dengan bahan dasar pisang. Yup, Pisang Goreng Kremes Pontia.

Bagi orang Situbondo, terutama di wilayah seputaran kota pasti tidak asing dengan jajanan ini. Letaknya berada di pusat kota, tepatnya sebelah timur alun-alun kota. Tempatnya nyaman buat ngobrol atau sekedar menikmati suasana malam Kota Situbondo sambil lesehan memandang bintang di langit, halah lebay :D. Bukanya mulai dari sore menjelang maghrib hingga malam, biasanya sih jam 9-an sudah habis, laris brosis!

Apa sih pisang goreng kremes pontia? Pada dasarnya sama dengan pisang goreng-pisang goreng yang lain. Bedanya adalah pisangnya berasal dari Pontianak, makanya namanya adalah Pontia yang berasal dari kata Pontianak.

image

Cara masaknya mirip, pisang pontia dibuang kulitnya, di potong-potong menjadi tiga bagian. Kemudian potongan-potongan pisang tadi dimasukkan ke dalam adonan tepung. Kemudian digoreng. Kremesnya berasal dari tepung yang digunakan, rahasianya adalah adonan tepung diberi es batu atau jika tidak ada es batu, bisa air es. Sehingga adonan tepung yang dingin langsung dimasukkan minyak goreng yang panas menghasilkan tepung yang renyah dan jika dimakan seperti “kremes…kremes…”.

image

Kemudian, setelah digoreng, penyajian pisangnya tidak sepeti pisang goreng pada umumnya yang digeletakkan biasa. Pisang goreng kremes pontia ini penyajiannya dengan ditusuk seperti sate. Satu tusuk berisi 3 potong pisang goreng. Setelah ditusuk, pisag kemudian dilabur gula pasir halus, di sini gula yang digunakan berwarna coklat. Tidak lupa di atasnya ditaburi parutan keju.

image

Rasanya? Luar biasa! Rasa pisangnya pas, tidak terlalu bau pisang kemudian rasa manisnya itu yang bikin maknyus….manis dari pisang dan manis dari gula tabur. Tapi jangan kebanyakan lho ya, gak baik juga kalau terlalu banyak makan manis. Oh iya, harga satu tusuk pisang pontianya cukup Rp. 1750,-, sangat terjangkau dan murah meriah jika dibanding rasanya yang luar biasa! Heemm…. selain rasa keju, juga ada rasa strawberry keju, coklat keju, blueberry keju, fla keju dan nanas keju, tinggal dipilih sesuai selera. Harga sama!

image

Pisang goreng kremes pontia ini sangat diminati warga Situbondo, bahkan jika brosis berminat membeli, sebaiknya rela antri atau silahkan hubungi via telp terlebih dahulu untuk pemesanan biar digorengkan dulu, setelah siap baru deh dijemput. Sayangnya, RA lupa buat nanya nomer handphone si penjual hehehee….maklum, keburu pengen melahap si pontia :D. Kapan-kapan deh tak tanyain…..

Artikel Terkait:
[display-posts tag=situbondo]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

email: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +6287712727000

Advertisements

12 Comments

Comments are closed.