Mengenal Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor dan Denda STNK, Ternyata Telat Sehari Tidak Sama Dengan Setahun!

image
STNK Sipio

RiderAlam.com – Brosis, membaca itu sangat bermanfaat. Dari sekedar memuaskan kebutuhan bathin hingga nambah ilmu dan wawasan. Hari ini RA kembali memperoleh manfaat dari aktivitas satu ini, yaitu menambah wawasan tentang pajak kendaraan bermotor. Infonya RA dapat dari news online kompas.

Langsung saja RA salin informasi tersebut ke blog ini. Lumayan, selain nambah-nambah ilmu, juga nambah-nambah artikel terpublish hehehe…. cekidot.

Berikut istilah yang tercantum di STNK plus perhitungan pajaknya:
1. BBN KB (Bea Balik Nama kendaraan bermotor). Besarnya 10% dari harga kendaraan ( off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru, dan bekas ( second ) sebesar dua pertiga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

2. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Besarnya 1,5% dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual.

3. SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan). Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja.

4. BIAYA ADM (Biaya administrasi): Untuk kendaraan baru tidak dikenakan dan apabila ganti pelat nomor (5 tahun sekali) atau balik nama dikenai biaya ADM.

5. Denda Pajak Kendaraan Bermotor : Apabila jatuh tempo masa berlaku STNK belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ.

Coba perhatikan 5 jenis biaya yang ada di atas, kira-kira biaya mana yang bakal menjadi “area bermain” oknum pajak? πŸ˜€

Nah, untuk brosis-brosis yang telah bayar pajak kendaraan bermotor, ini ada formasi dendanya:

Perhitungan Denda PKB: 25 % per tahun
Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12
Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12
Denda SWDKLLJ:
Rp 35.000 untuk roda 2
Rp 100.000 untuk roda 4.

RA baru tahu kalau telat bayar PKB ternyata tidak dipukul rata. Begini, informasi yang berkembang di sekitaran RA adalah jika brosis telat bayar PKB atau pajak motor sehari dengan setahun, maka besaran dendanya dianggap sama yaitu telat setahun. Makanya, ada beberapa teman RA yang ketika sadar kalau PKB nya telat sehari, dia gak langsung bayar namun bayarnya jadi satu ke pajak tahun berikutnya.

Nah, dengan informasi di atas RA menjadi paham bahwa salah kaprah yang berkembang di sekitaran RA adalah salah. Lha wong jelas lihat formasi denda PKB di atas. Jadi rugi bukan misal telat sehari bayarnya tahun depan.

Kita ambil contoh hitung-hitungan format denda PKB yuk, RA ambilkan contoh Sipio:

Misalkan RA telat bayar pajak motor selama satu hari.
Jumlah PKB tertera di STNK Rp 273.000 dan
SWDKLLJ Rp 35.000.
Maka RA dikenakan denda keterlambatan sebesar (Rp 273.000 (PKB) x 25% x 3/12 ) + Denda SWDKLLJ (Rp 35.000) = Rp 52.063

Jadi, total yang harus dibayar sebesar adalah Rp 232.000 (PKB) + Rp 35.000 (SWDKLLJ) + Rp 52.063 (denda) = Rp 360.063.

image
Biaya retribusi parkir berlangganan berupa sticker

Oh iya, tambah satu lagi item yang kudu dibayar, yaitu retribusi parkir berlangganan yaitu Rp 20.000. Dan nampaknya biaya ini tergantung kebijakan daerah pajak brosis, sebab masuk dalam peraturan daerah atau perda.

Oke, setelah baca tulisan di atas saatnya brosis menjadi yang pertama mengetahui hitung-hitungan denda telat bayar pajak kendaraan bermotor. Tidak lagi ikut-ikutan golongan salah kaprah (eh..ini sih RA sendiri ya yang salah kaprah heheheh…).

Baca Juga:
[display-posts tag=pajak]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

email: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +6287712727000

Advertisements

146 Comments

  1. Mohon jawabannya:
    stnk ane berakhir 02-10-2012 dan sampai sekarang blm ane perpanjang. Pkb= 133.500 SWDKLLJ=35000.
    Jika ane perpanjang, kira kira habis berapa duit dendanya ?
    Terima kasih.

  2. gan tadi diatas disebutkan PKB dihitung dari nilai jual kendaraan (bersifat menurun), berarti kalau saya beli kendaraan bermotor harga bekas berarti pajaknya ikut turun juga yah?? taunya itu harganya turun di STNK gimana caranya merubah harganya??

    thx gan.. mohon pencerahannya..

    • mau nanya motor grand 96 tidak bayar pajak 1 periode(5 tahun) kira2 berapa biaya pajak yang harus di bayar? thx

  3. mas, motor saya supra taun 2002, dari pertama beli nyampe sekarang belum pernah bayar pajak dan perpanjangan stnk, apakah masih bisa bayar pajak dan perpanjang stnk nya

  4. Mas..sy punya CB100… trus mati pajak tahun 1989… PKB Rp.12.900 dan SWDKLLJ Rp.5000… klu mo ngidupin pajak ama ganti plat, kira2 brapaan ya?…

    • Waduh…lama bener ya mas dah 25 tahun. Coba saja hitung dg rumus ini mas
      Pajak telat 1 tahun = PKB+(30%xPKB)+SWDKLLJ
      Jadi kalau telat 25 tahun tinggal kalikan saja. Tapi sepertinya akan ada penyesuaian di SDKLLJ. Kalau mau lebih jelas ke samsat saja mas tanyain

      • Mass pajak sy telat 2 th,,, PKB 787.500 SWDKLLJ 143.000;

        TERUSS SY BAYAR BERIKUT NEMBAK KTP. TOTAL SEMUANYA, Rp. 2.304.400

        Biyaya di STNK baru ni rinciannya :
        PKB : 1.435.000 + SANKSI ADM 258.400 = Rp. 1.693.000;
        SWDKLLJ : 285.000 + SANKSI ADM : 200.000 = Rp. 485.000;
        Biyaya ADM STNK : 75.000;
        Biyaya ADM TNKB : 50.000;

        Jd total semua : 2.304.400;

        Yg sy mau tannya untuk selanjutnya sy bayar pajak tahunaan sy bayar PKB sm SWDKLLJJ nya yg mana,,??? Thanks. Mohon infonya,,,

        • Mobil atau motor nih mas?
          Di STNK baru angka PKB nya 1.435.000? SWDKLLJ 285.000?

          Kalau mmg segitu berarti nilai PKB dan SWDKLLJ memmg segitu. Cmiiw

  5. Sory nih Mas bro,,,,,,kaya nya bbn kb (bea balik nama) bukan 10%. tp 1 %. Dari harga motor , saya kemarin balik nama motor, bbn (bea balik nama) cuma di kenakan 1% dari harga motor.
    Coba kalo harga motor nya 10 juta, masa biaya bbnkb nya 1juta

  6. Saya punya sepeda motor yamaha vega r tahun 2005
    dan terlambat bayar 10 hari. Jumlah
    PKB tertera di STNK Rp 133.500 dan
    SWDKLLJ Rp 35.000. Maka saya
    dikenakan denda keterlambatan
    sebesar ?

  7. Ass.slmt mlam.
    Sya mw tanya untuk biyaya gesek mesin di tahun skrang (2014) dan pjak mati 5 bulan.
    Untuk kawasan daerh bogor-cibinong.kira” berkisar berapa ya biyayanya ??
    Mohon untk jawabannya.

  8. contoh anda:
    Jumlah PKB tertera di STNK Rp 273.000 dan
    SWDKLLJ Rp 35.000.
    Maka RA dikenakan denda keterlambatan sebesar ({Rp 273.000 (PKB)} x 25% x 3/12 ) + Denda SWDKLLJ (Rp 35.000) = Rp 52.063

    Jadi, total yang harus dibayar sebesar adalah Rp {232.000 (PKB)} + Rp 35.000 (SWDKLLJ) + Rp 52.063 (denda) = Rp 360.063.

    kenapa jumlah PKB anda (yang saya beri tanda {…}) berbeda nilainya???

  9. mas mau nanya… harga PKB katanya turun berdasarkan derpesiasi harga kendaraan, tapi rasanya harga PKB motor saya udah 10tahun kagak pernah turun tuh??
    udah gitu ada liat stnk motor temen, tanya harga dia beli dan dikalikan 1,5% ternyata masih lebih murah daripada harga yg tertera di PKB… bedanya sampe 70ribuan… enak banget polisi nentuin harga motor melebihi harga pasaran??

  10. om mau tanya, sebenarnya besarnya denda pkb itu tetap 25% pertahun atau setiap telat 1 bulan nambah 2%… mohon jawabanya

    • Jika melihat format perhitungan yang baru, denda tiap bulan 2% dari PKB sedangkan kalau setahun adalah 30%. Mohon koreksi kalau ada perkembangan terbaru

  11. klo ngelihat rumus ente telah sehari saja tetep ikut hitungan denda pajak 3 bulan bukan setahun, iya pasti betul bukan, alamak, klo gitu bayar di bulan 3 keterlambatan saja donk kan sama tarifnya?
    jadi minimal 3 bulan kan meskipun telat sehari atau seminggu sekalipun
    kirian hitungannya klo sehari bisa dijabarkan perhari hitunganya

  12. Mas mau tanya, kalo hitungan sekarang kan 2% per bulan, jadi misal saya telat 3 bulan rumus nya begini ?
    (PKBΓ—2%x2)+SWDKLLJ+PKB=total ?
    Jadi misal PKB saya Rp159.300, beginikah ?
    (159.300×2%x2)+35.000.159.300=200.672 ?

  13. Tidak sama gan, Punya ane begini. PKB pokok 52.500 + sanksi administrasi 2.100= 54.600; SWDKLLJ Pokok 35.000 + saksi administrasi 32.000 = 67.000; total Rp. 121.600. masa berlaku sampai dengan 21-6-2014 baru di bayar 12-8-2014.

  14. Mf min,
    Mw nanya, kmrin aq dah beli motor pajak mati 4 tahun dan plat mati 3 tahun, jdi aq mw bbn kan wlpun tak jdi q urus krn pngurusannya trlampau mahal sbsar 2.964.000, dalam hal ini min aq mnta jln kluarnya gmn biaya pngrsan yg sbnarnya,,,,

    • Secara kasar perhitungannya:
      Denda 4 tahun mati berarti 4×30%xPKB
      Yg harus dibayar berarti DENDA+(PKBx4 tahun)+ (SWDKLLJx4 tahun)
      Kurang lebih segitu… tidak sama persis mungkin

  15. Saya pikir dendanya 1 taun mas πŸ™‚
    soalnya dulu sempet telat 1x dan kapok bayarnya jadi mahal makanya setelah itu sy bayar tepat waktu terus walau kadang lupa si kaya bulan lalu pas liat stnk taunya besoknya harus bayar pajak, mau ga mau buru2 bayar daripada kena denda lagi πŸ™‚

  16. Kalau yg ter uptode gmna rumus nya ?
    Jadi kalau telat 1,2,3,4,5 sampe 30 hari juga di itung 2% x PKB gtu ?

  17. Mas, mau nanya kalo motor saya supra fit 2009 pajak mati dari Mei 2014. Dan mau Sekalian Balik Nama perhitungannya total brp ya dan minta rumusannya ya… Pajak yang tertera 170.000 Thankyou!!!

    • Mei 2014 ke skrg berarti telat sekitar 4 bulan. Telat perbulan dendanya 2%x pajak jadi kalau 4 bulan ya 8%x170.000

      Untuk balik nama, mohon maaf saya belum.menguasai

  18. boz ane mau nanya tadi barusan saya plg dari kantor samsat bwat ngurus pajak motor ane yg dh ketunggak slama 4 thun,trus saya dikenakan denda sebesar 2% perbulan apakah itu memang peraturan perda sekarang yg brlaku mhon pnjelasan nya?????. dan ane tdi jga skalian ganti plai BK juga diknakan biaya Rp 80.lalu kata petugas ntu 6 bulan bru dpat diambil apa memang slama itu,apakah itu yg namanya keadilan bozz prosesnya mohon penjelasan yg sejelas2nya,trimakasih salam repormasi

  19. masbro..motor saya pajak telat 1 tahun.. dan tanggal 27 Oktober STNK mati.. kira2 brp pajak dan denda yg saya harus bayar? thx b4

  20. bro, katanya Sekarang kalo stnk mati selama 2 thn dihapus no. registrasinya Dan motor g boleh dibuat jalan lg. kalo spt ITU solusinya gmn, bro? trims.

  21. Mas.. mohon arahan ny donk.. saya kmrin beli motor second, emang murah sih skitar 4 jtn..
    Masalahny pajak ny mati 4 tahun..pajak ny setahun mahal bgt skitar sejutaan plat ny gak berseri belakang.. pertanyaan ny ..krna saya tidak prnah mngurus hal bgini jd sya mau nanya ..apakah sya harus lunasi pajak yg mati tsb baru bisa di bbn kan.. ? Trus no platny bisa d ganti gak.. dan kira2 estimasi biaya ny brpa yah mas.. mohon arahan ny mas.. trima kasihh πŸ™

    • Setahu saya ttp harus dibayarkan pajaknya, kecuali kalau ada pemutihan oleh samsat. Kalau mau nunggu ada pemutihan saja…tp blm tentu kapannya. Kalau plat nopol biasanya tetap gak akan berubah. Estimasi biaya misal anda bilang td setahun pajaknya sejutaan. Berarti kalikal 4 tahun plus denda sekitar setahun pajak besarnya

  22. bang saya mau tanya nih πŸ™‚
    saya kan ada motor, masa pajak stnk nya masih 2017, tapi saya telat bayar pajak tahunannya, harusnya tgl 28 okt 2014 kemaren, itu kiraΒ² saya kena denda sampai berapa ya ? dan cara ngurusinnya ribet nggak bang ?
    mohon informasi bang ya πŸ™‚

  23. mau tanya donh klo 2 tahun masih bisa pajak nggak.. masalhnya saya susah mncari orng y punya ktp motorny…

  24. bos,,mau nanya sekarang kan disurabaya lagi ada pemutihan,,motor saya VEGA R 2005,,pajak mati sejak januari 2011,,saya mau bayar pajak kira-kira habis berapa ya bos..??

  25. itungannya cuma bayar 3 tahun ya bos,,bukan 4 tahun ya..??
    oiya bos,,bisa tolong bantu konsultasi via telpon gk bos,,mau tanya-tanya nih…
    klo boleh sih bos,,nanti saya telpon bos…

  26. banyak yg saya pengen tanyakan bos soal pajak motor…
    oiya saat ini saya mau perpanjang stnk motor vega R 2005 dikenakan biaya berapa ya bos,,atas nama saya sendiri,,jatuh temponya tgl 22 januari 2015,,persaratannya apa saja,,soalnya saya mau urus sendiri gk lewat calo lg…

  27. Pak, mau tanya nih, kendaraan saya telat dari November 2012 dan mau dibalik nama, dengan PKB 1.803.000, kira-kra biaya totalnya berapa ya? Thanks ya pak sebelumnya.

  28. Mas blh minta tolong hitungin gak heheh
    Klo PKB nya 187.500, trus SWDKLLJ 35.000 dan telat 1mnggu. Jadinya kena denda brp y mas?
    Thx

  29. mas mau tnya, klo motor sudah waktu ganti plat nomor karna sudah 5 tahun, sudah habis pajak dari 20 februari 2014, sampai sekarang 22 desember 2014 belum saya urus, klo dihitung kira” berapa total yang harus saya bayar yah mas, berikut dendanya..?

  30. saya telat byr pajak motor tdny byr tgl 5 juni 2014 tp blm sy bayar sampai skrng krn KTP gk ada. itu gima hitungannya om PKB 22.300 dan SWDKLLJ 35.000

      • Mas saya mw tanya nie kmrin stnk saya hilang waktu saya mw ngurus kata papol pajak ny harus diperpanjang dahulu, sdgkn PKB roda 2 saya pajak ny mati 1thn 3bulan gmn cara menghitung’a ya sama biaya mengurus stnkNy ?

  31. Mas mau nanya stnk motor baru telat 10bln dengan rinician
    BBN KB 1.130.000
    PKB 169.000
    Swdkllj 35.000
    B.adm 50.000
    B.adm 30.000
    Mohon pencerahannya masih awam nih..
    Thx

  32. Mas. Tulung hitungkan motor saya telat 4 tahun. Pkb : 146.500 llajnya : 35.000 berapa pajak dan denda yg harus saya bayar.

  33. sy kemaren tgl 09 april 2015 baru bayar pajak dan masa berlaku nya sampai 26 juli 2015.benar apa salah ?.masa berlaku nya cuma 3 bulan saja .mohon pencerahan nya.

  34. kak maaf klo terlambat byr hny waktu 2 mnggu bagaimana?, kira2 kna brp?,jujur soalny saya kurang phm rumusny krna di cth si RA hny trlmbt 1 hr 3/12, sedangkn di rumus tlat 3 bln 3/12, jd sbnrny yg 3/12 itu apa?,trimakasih

  35. misi om mau tanya pajak saya telat 2 tahun dan sekalian perpanjang stnk juga. PKB = 64500 SWDKLLJ = 35000. Kira2 brp total yg harus saya bayar mohon jawabannya ya om.

  36. siang gan setelah disitu saya estimasi Rp 1500jt

    motor yang akan di balik nama ,:

    yamaha jupiter 2003.cc102,
    mati pajak 01-07-2011 s/d 04-08-2015
    bayar PKB= 127 500 SWDKLLJ=35000.
    gimana Rumusnya ya.
    mohon solusi gan <
    terimakasih.

  37. met siang gan
    sepeda saya jupiter z 2005
    PKB 165000
    SWDKLLJ 35000
    bulan maret 2015 waktunya bayar pajak 5 tahunan,tapi belum saya lakukan.rencana mau saya balik nama.
    gan kira2 berapa besar biaya yang harus saya keluarkan untuk biaya balik nama beserta denda keterlambatan.
    makasih

  38. Mas Rideralam..
    Ijin sharing untuk.SWDKLLJ yg dipungut oleh Jasa Raharja adalah semacam premi asuransi yg berguna nanti bila pemilik/pengemudi kendaraan terlibat kecelakaan lalu lintas dalm mengajukan klaim utk biaya rawat luka2 atau meninggal dunia sepanjang syarat dan ketentuan yg berlaku dipenuhi. Info lanjut silahkan hub call center 1500020 atau http://www.jasaraharja.co.id. Salam. #SiarJR.

  39. saya baru telat 7 hari mas kira2 kena dendanya berapa yah ? dengan PKB DAN SWDKLLJ berikut :
    PKB 157.500
    SWDKLLJ 35.000

    mohon ada jawaban untuk denda yg saya bayarkan…
    trimss…

  40. Mas Kalau telat Dari pakai Dari Tahun 2009 Kira-Kira 7 Tahun PKB 1.260,000, kira2 harus bayar berapa yah Pak, tks

  41. Mau tanya bos, setiap telat kan denda 2% x PKB kalau 1th 1 x 25% x PKB.
    Menurut penjelasan anda kalau telat 2th x 2, 3th x 3, dst.
    Saya baca di web lain memang setiap bulannya di kenakan tambahan 2%, tapi disitu jg ditulis pemerintah mematok denda maximal 48% untk keterlambatan 2th.
    Jadi kalau lbh dari 2th tetap sama 48%.
    Mana yang benar tu boss?

  42. Mohon bantuan hitung nya dong pak.. atau kawan2
    yamaha mio berlaku 27-11-2014
    kalau plat motor sampai 2015
    PKB: 140.400
    SWDKLLJ: 67.000
    Brp total
    yg hrus dbayar pak?
    kalau di bayar tahun ini.tahun 2016
    Terima kasih
    mail saya mamencrew@gmail.com

  43. Saya udah 3 thun belum bayar pajak motor king dan stnk saya sudah mati , trus balik nama . Berapa yang hrus sya bayar ?

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor! | RiderAlam.com
  2. 5 Artikel Paling Sering Dilihat Dan Dibaca | RiderAlam.com

Comments are closed.