Akhir Era Scorpio, Adakah Pengganti Yang Selevel?

image
(kaskus)

RiderAlam.com – Salah satu alasan RA meminang New Scorpio Z (Sipio) adalah karena kubikasinya yang besar namun harganya masih terjangkau. Bayangkan, 223 cc (oleh Yamaha dibulatkan menjadi 225 cc) “hanya” seharga 23,5 juta OTR Situbondo kala itu (2010), selisihnyapun hanya 2-4 juta dari motor sejuta umat, V-Ixion dan saudara bungsunya Byson.

Memang, dari sisi teknologi jelas klan Scorpio sudah ketinggalan dari V-Ixion, namun tetap saja harga yang disuguhkan YIMM untuk sebuah motor nyaris seperempat liter terbilang murah. IMHO. Penggemar motor-motor tidak pasaran tentu sangat mengapresiasi keberadaan Scorpio. Banyak yang bilang harga murah tapi performa luar biasa. Bahkan dalam kondisi standar minimalpun sudah lebih dari cukup, apalagi dioprek.

image

Ketika tahun 2014 ini YIMM memutuskan akan menghentikan produksi keluarga kalajengking ini, lalu apa yang ditawarkan Yamaha untuk mengisi kekosongan motor tidak pasaran ini? Apakah mereka akan membiarkan kosong motor sport di range harga 24-27 juta? Mengandalkan kelas gemuk 150 cc dan kelas prestise 250 cc, dan mengabaikan kelas “pinggiran” selayaknya yang telah diisi oleh Scorpio selama 10 tahun ke belakang?

Seandainya Yamaha memang serius menggarap kelas sport sebagai satu-satunya andalan mereka saat ini, sebaiknya antara kelas 150 cc dan 250 cc ada penggantinya yang selevel. Sayang jika dibiarkan kosong. RA yakin masih cukup banyak yang tidak terlalu menyukai 150 cc karena nanggung dan juga tidak sedikit yang sebenarnya menginginkan naik ke 250 cc (R25) namun terbentur soal daya beli (23 jutaan untuk 150 cc dan 50 jutaan untuk 250 cc).

Setuju? Gak juga tidak apa-apa, namanya juga opini hehehehe….

Baca Juga:
[display-post tag=Sipio]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

email: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +6287712727000

Advertisements

Comments are closed.