Size Doesn’t Matter, Sebuah Renungan Dalam Ngeblog!

image

RiderAlam.com – Ngeblog itu tidak lepas dari yang namanya view dan traffic. Bohong misal blogger ngeblog gak peduli dengan seberapa banyak hitsnya, sedikit banyak pasti memikirkan hits blognya. Nyaris semua blogger ingin hits blognya besar, tidak terkecuali RA. Jika ada yang bilang “hits tidak penting, ngeblog kan hanya iseng”, namun kecewa saat melihat yang berkunjung ke blognya hanya segelintir, apa artinya? Brosis pasti mengerti kan?!

Nah, tidak sedikit di internet tulisan atau artikel tentang cara menaikkan jumlah kunjungan ke blog kita, brosis tinggal tanyain ke om gugel sana pasti akan bejibun jumlahnya, tinggal mana yang ingin brosis gunakan. Salah satu yang memberikan tips itu adalah wordpress sendiri. Tips yang berjudul “Getting More Views and
Traffic” memuat sekitar 11 tips cara menaikkan jumlah kunjungan. RA tidak akan membahas tips-tips itu, namun ada satu tips yang lumayan menarik untuk dibahas, yaitu tips ke-11 “Size Doesn’t Matter”

Size doesnโ€™t matter
Finally, remember that itโ€™s not the size of your audience, itโ€™s how much you care about them and they care about you.

image

Kurang lebih maksudnya jumlah kunjungan ke blog kita bukanlah yang utama, tetapi seberapa peduli kita terhadap mereka dan mereka terhadap kita itu adalah yang terpenting.

Kalimat di atas jika dihubungkan dengan aktivitas ngeblog RA terasa sangat dalam dan mengena. Benar seperti yang RA sebut di awal artikel ini, setiap blogger pasti memikirkan hits blognya, termasuk RA. Namun, alangkah egoisnya kita sebagai blogger jika kunjungan mereka ke blog kita hanya kita sikapi sebagai prestasi kita membuat orang mau membaca tulisan-tulisan kita tanpa pernah menganggap bahwa mereka “ada”.

Ada di sini tidak lain adalah selain berkunjung, tidak jarang mereka berkomentar, yang tentu saja mereka berharap komentarnya direspon oleh si blogger. Jadi, akan terbentuk sebuah interaksi antara blogger dan pengunjung terutama komentator. Bukannya malah dicuekin dengan berbagai pembenaran diri seperti misalnya terlalu sibuk, komentar tidak penting yang tidak perlu dijawab hingga cenderung meremehkan komentator karena komentarnya ecek-ecek misalnya.

Blogger tidak akan berarti tanpa pengunjung. Tulisan sebagus apapun jika tidak ada yang membaca sungguh hanya sebatas sentuhan ujung jari telunjuk di atas touchscreen semata, tidak berarti!. Jadi, kepedulian pengunjung blog kita termasuk komentarnya sudah selayaknya kita hargai dengan cara meresponnya, walaupun itu hanya sebatas memberi balasan berupa ๐Ÿ˜€ atau “sip” atau “joss” dan lain sebagainya. Kita peduli kepada mereka, Insya Allah mereka juga akan semakin peduli dengan kita dan blog kita. I will try it!!

Baca Juga:
[display-posts tag=blogging]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

11 Comments

Comments are closed.