Tips Merawat dan Memakai Motor Di Wilayah Terkena Hujan Abu Vulkanik

image
pic. Grup WA Jatimotoblog

RiderAlam.com – Di samping melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan untuk korban erupsi Gunung Kelud, Blitar Jawa Timur,  Yamaha juga memberikan beberapa tips untuk pemakaian sepeda motor yang terkena hujan abu vulkanik.

Yang paling pertama dilakukan ketika hendak menggunakan motor yang telah terkena abu vulkanik adalah cuci bersih dulu motor tersebut. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan abu masuk ke berbagai komponen mesin motor yang bisa menimbulkan kerusakan. Motor yang seyogyanya tidak apa-apa malah jadi rusak gara-gara abu yang mengandung silika masuk ke daleman motor.

Berikutnya untuk motor matik, perhatikan dua bagian ini, yaitu filter udara dan CVT (Continuously Variable Transmission). Untuk matik Yamaha tidak perlu disemprot setidaknya hingga 14.000 km atau setahun sekali. Jadi, untuk matik Yamaha aman digunakan di wilayah yang terkena hujan abu vulkanik.

Bagi motor bebek atau sport, komponen rantai perlu mendapat perhatian lebih. Abu vulkanik yang disemburkan Gunung Kelud ternyata mengandung silika. Silika yang menempel di rantai motor akan membuat mata rantai menjadi cepat aus, akibatnya rantai bisa kendor dan rusak. Jadi, bersihkan dulu rantainya dari abu vulkanik. Monggo simak pengalaman mas hadiyanta dengan rantai Pulsarnya.

Itu tadi sedikit tips merawat atau menggunakan motor di wilayah yang terkena hujan abu vulkanik dari Yamaha, semoga bermanfaat dan semoga saudara-saudara kita yang tertimpa musibah erupsi Gunung Kelud mendapat kekuatan dan perlindungan dari Allah SWT. Amin YRA.

Bagi teman-teman yang bermaksud membantu korban erupsi Gunung Kelud, silahkan salurkan donasi brosis via #Jatimotoblog Peduli Kelud. Bantuan brosis akan sangat membantu saudara kita di sana.

Baca Juga:
[display-posts tag=tips]

Artikel Terkait:
[display-posts tag=kelud]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

Comments are closed.