Kebutuhan Dasar Survival: SURVIVAL KIT

RiderAlam.com – Setelah kemarin membahas tentang definisi dan aspek-aspek yang terkait dengan survival, kali ini RA lanjutkan dengan KEBUTUHAN DASAR SURVIVAL atau apa saja sih yang paling penting harus kita perhatikan dan kita miliki ketika melakukan SURVIVAL.

image

Kita mulai dari SURVIVAL KIT atau peralatan-peralatan yang harus kita miliki ketika hendak menjadi survivor. Berikut ini alat-alatnya:

Pisau Serbaguna – Pisau serbaguna bermanfaat untuk melakukan segala hal mulai dari memotong ranting, hewan, tali bahkan hingga menggali lubang untuk tempat sampah misalnya. Pisau serbaguna biasanya berukuran sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Alat Pancing – Berguna untuk menangkap ikan di sungai di hutan. Bekal makanan kita jika habis masih bisa kita usahakan untuk bertahan hidup dengan memancing ikan.

Tali Jerat – Banyak yang bisa dilakukan dengan memiliki tali. Sebut saja membuat teduhan untuk tidur atau istirahat, memanjat, mengikat hewan buruan hingga membuat tali jemuran. Sangat bermanfaat!

Cermin – Apakah kita akan berdandan dengan membawa cermin? Itu salah satu fungsinya, selain berdandan cermin juga bisa digunakan sebagai sumber api. Masih ingat prinsip membuat api dari sinar matahari melalui cermin? Itulah fungsinya.

Pluit – Hei, kita tidak akan main bola bukan? Betul, pluit disini berfungsi untuk menghasilkan suara yang berguna memberi kode atau tanda keberadaan kita di tempat tersebut. Misalnya kita sedang tersesat tanpa alat komunikasi, pluit biaa membuat “kegaduhan” sehingga orang yang berada dalam jangkauan suara pluit akan “ngeh” kalau ada kita.

Kompas – Ini penting untuk menentukan arah mata angin. Kita harus tetap beribadah, dalam agama RA ya sholat lima waktu yang harus menghadap kiblat (barat). Kompas akan bermanfaat menentukan arah kiblat. Selain itu kompas juga bisa menuntun kita menuju tempat tujuan akhir perjalanan pengembaraan kita.

Korek Api – Sebagai sumber api untuk berbagai kegiatan, membuat api unggun unuk menghangatkan tubuh, membuat perapian untuk memasak dan sebagainya. Jangan lupa!

Senter – Jelas, sebagai penerang kala kita berjalan atau bergerak saat malam hari. Selain itu, senter bisa juga sebagai alat komunikasi jarak jauh kepada warga sekitar tentang keberadaan kita, masih ingat kode morse? Pendek-panjang-panjang-pendek?!

Obat-Obatan – Survival di alam liar memerlukan tubuh yang tangguh. Namun ada kalanya kondisi tubuh menjadi drop akibat kelelahan atau terkena sengatan hewan berbisa, obat sangat diperlukan. Obat-obatan minimal yang perlu kita bawa adalah alkohol 70%, obat merah, obat sakit kepala, obat sakit perut, minyak kayu putih, obat-obat tertentu untuk yang punya riwayat penyakit khusus, dan perban.

Radio (Alat Komunikasi) – Bisa handphone (jangan lupa isi pulsa dan bawa powerbank ya hehehe…). Siapa tahu di hutan masih ada sinyal. Bisa juga handy talkie untuk komunikasi dengan rekan atau tim lain.

Brosis bisa nambahkan lagi? Monggo dilengkapi survival kit di atas.

Baca Juga:
[display-posts tag=survival]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

18 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Kebutuhan Dasar Survival: Air, Makanan, Shelter dan Api | RiderAlam.com

Comments are closed.