Yamaha Akan Sulit Merebut Lagi Tahta Sport, R15 Dan R25 Hanya Untuk Prestise!

ktm indonesia

RiderAlam.com – Brosis, tahun 2014 ini diawali dengan sebuah berita buruk bagi pabrikan garpu tala. TAHTA SPORT yang selama ini menjadi satu-satunya kebanggaan Yamaha akhirnya juga runtuh dihajar kompetitor yang memang sudah lama mengidamkannya, Honda. Dengan kekuatan bulan trio penyerang Verza-CB150R-NMP Fi sukses menggelontor gawang Yamaha yang “hanya” diperkuat striker tajam, NVL. Akhirnya Yamaha kalah!

Kenapa RA sebut hanya NVL, padahal kan Yamaha masih punya Byson dan Scorpio? Benar, Yamaha memang masih punya dua sport lain namun kontribusi keduanya sangat minim. Data AISI bulan Januari kemarin Yamaha mampu menjual 30 ribuan unit sport, Byson dan Scorpio hanya menyumbang sekitar 4 ribuan unit atau hanya sekitar 13%, sangat kecil jika dibanding kontribusi trio Honda.

Lalu, saat ini yang menjadi pertanyaan adalah apakah Yamaha bakal mampu merebut hati konsumen lagi guna mengamankan tahta sport lagi? Jawabannya SULIT!

Dasarnya adalah rencana Yamaha sendiri yang sepanjang 2014 ke depan hanya akan merilis 2 sport saja, R15 dan R25. Duo R ini memang secara kualitas dan performa sangat dinantikan, namun yang perlu diingat keduanya adalah masuk kategori sport premium di kelasnya masing-masing. Artinya banderol yang akan disematkan Yamaha tidak mungkin di kisaran 25 juta ke bawah (untuk R15). Artinya lagi adalah R15 dan R25 bukan untuk mengejar marketshare besar, keduanya hanya menjadi flagship pabrikan garpu tala, hanya untuk menjaga imej saja BUKAN KUANTITAS PENJUALAN!

BUAH SIMALAKAMA dihadapi oleh Yamaha terutama dengan R15. Biangnya siapa lagi kalau bukan sosok bernama RR Mono-nya Kawasaki. Motor seperempat liter satu silinder ini membuat konsumen mulai kritis dan berandai-andai, sebab harga yang dibanderol Kawasaki bisa dibilang sangat murah untuk ukuran motor 250 cc.

Jika Yamaha membanderol R15 di angka 30an juta, konsumen tentu akan berpikir dua kali meminangnya, dengan nambah sedikit sudah bisa dapat yang 250 cc, ngapain ambil yang hanya 150 cc. Sebaliknya, andaikan harga R15 dipatok di bawah 30 juta, anggap saja 27-28 juta maka R15 bisa laris manis namun korbannya adalah NVL. Konsumen NVL bakal lari ke R15, rugi sendiri bagi Yamaha. Bingung bukan?

Nah, KUANTITAS PENJUALAN sebenarnya bisa Yamaha peroleh dengan lebih memperhatikan si moge mini, Byson serta mungkin dengan MENAMBAH SATU VARIAN LAGI untuk “menemani” sport murah Verza 150. Biarkan NVL dan R15 bahu membahu menghadang CB150R, Byson injeksi untuk head to head dengan NMP Fi dan satu varian baru yang murah untuk melawan Verza. Jika ini dilakukan, bukan tidak mungkin Yamaha bakal kembali dilirik konsumen. Sebab bukan rahasia lagi jika secara desain, motor sport keluaran Yamaha lebih disukai konsumen. Namun yang terjadi kali ini adalah pilihan konsumen akan motorsport Yamaha sangat MINIM.

Baca Juga:
[display-posts tag=sport]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

27 Comments

  1. Nunggu naked 250 mononya, kira-kira dibanderolnya berapa. Mungkin bisa diantara 30-35jt jika berkaca dari harga Ninja 150nya (fairing 36an, naked dibawah 30jtan)

  2. saya malah aneh bila ada yang mendukung harga 30 jutaan ke atas untuk R15.
    Saling memakan sesama produk diri sendiri enggak masalah pak, toh pemasukan tetap ke kantong sendiri. sebagai contoh air minum aqua tidak hanya mengeluarkan air minum dengan merk aqua saja. Saling bersaing dan saling memakan produk dari perusahaan sendiri JAUH LEBIH BAIK bila dimakan oleh Produk perusahaan lain.

    http://yudha79.wordpress.com/2014/03/05/enggak-enaknya-yamaha-r15-v2-0-ya-di-sini-ni/

  3. klo r15 mungkin ngejar kuantitas, walau NVL ikut jadi korban bersama ma cb150! 😀 katanya orang indonesia gak suka sport murah,, la ini, motor sport fairing di jual murah!!? Aneh poll

  4. klw mnurut ane kan kbar r15 katanya kisaran 25 – 26jt,, pengguna nevil atau nanti ada calon rider r15 itu sesuai slera dan kesukaan,, NVL sbgai naked bike gkn jatuh n d tinggalkan pada lari k r15 sprti kata postingan admin 😀 .. dan r15 versi full fairing, nvl tetep ada konsumen bagi yg suka naked bike .. ibarat z250 dan n250 fi non abs ,. trgantung slera konsumen naked or sport FF ,, 😀 .

  5. mnurut ane klo r15 dbndrol 30 jtaan, trus ninnja mono 40 jtaan brrti bdanya sktar 10 jtaan, lah bda 10 jtaan itu gk dkit bro..! ymaha gk ska tkut klo mmbandrol r15 dgn hrg sgtu, mnurut gw konsumen gk smwnya org mlih motor diliat dri hrgnya aj tp jg dliat dri 3S nya apakah ‘kuat’ lalu daeler atw bengkel apakah bnyk, krn klo daeler bnykan org jd mdah nyrinya klo mw bli motor trus jg klo bngkelnya bnyak org jg gk slit mw nyervice motor, krn r15 dn ninja mono itukan injeksi jd klo mw bgus nyervice didaeler! yamaha itu 3S nya lebih kuat dri kawaski trus daeler dn bngkel resminya lebih bnyk! klo yimm blang r15 hrgnya 30 jtaan, trus konsumen lari ke ninja mono, itu blum tntu bro, qt bcranya brdasarkan knyataannya aja, krn selisih 10 jta itu gk dkit bro, kcuali orgnya duitnya bnyak bgt bru bsa dblang bda dkit, kn gk smwnya para biker pnya uang 40 jtaan bwt bli ninja mono, kan ad jg yg pny uangnya jauh dbwah 40 jtaan, klo nti r15 hrgnya 30jtaan trus yimm blang biker pada lari ke ninja, eiits itu hnya dugaan sja, krn yg mnntukan itu nti klo r15 dh brojor dn dksih hrg..! klo hrg 30-31 jtaan itu ideal mnrut gw krn selisih 9 jtaan dbwah ninja mono, trus slisih7-8 jtaan diatas nvl, y..itu seimbanglah dn tdk mrusak pasar nvl, kn sprti ane td blang konsumen bli motor gk cm liat hrg tp jg liat dri yg lainnya yg ane sbutin diatas! ingat yimm pkirin sisi positif dn negatifnya klo brtindak dn mngambil kputusan..!?

  6. btul itu betul, pling klo org blang r15 hrgnya 30 jtaan trus pd lari ke ninja mono, pling cma omongan dimulut sja dn jg suka ad yg asal milih doank, krn mslkan dy pnya uang 40 jtaan, trus mng uangnya mw lnsung diabisin bgtu aj bwt beli tuch motor…? psti blum tntukan..!?

Comments are closed.