Ternyata Tarif Masuk TN Bromo Tengger Semeru Belum Naik!

image

RiderAlam.com – Awal tahun 2014 ini masyarakat dikejutkan dengan kabar naiknya tarif masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (selanjutnya RA sebut Bromo saja ya) yang nilainya luar biasa hingga lebih dari 6x lipat. Tarif lama yang hanya Rp. 10.000,- kabarnya dinaikkan hingga Rp. 37.500,- bahkan di hari libur menjadi Rp. 67.500,- itu untuk tarif wisatawan domestik, untuk wisatawan asing malah lebih tinggi lagi. Kenaikan tersebut rencananya 1 Mei 2014 nanti.

Jadi rumor yang santer mengatakan bahwa TIKET MASUK BROMO SUDAH NAIK ADALAH TIDAK BENAR. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung Kemenhut, Bambang Sipriyanto yang RA kutip dari detiktravel, Senin (17/3) di Jakarta:

Tarif masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih Rp 10 ribu dan belum ada yang naik. Heran saya, banyak yang bilang sudah naik dengan harga-harga itu

Selain itu beliau juga menambahkan bahwa memang benar tarif masuk Bromo dan beberapa objek wisata Taman Nasional lainnya akan naik Mei 2014, namun hingga kini semuanya masih dalam proses, belum dieksekusi.

image

Jadi, buat brosis yang demen jalan-jalan atau wisata alam ke Bromo, Baluran atau taman nasional lainnya monggo disegerakan mumpung belum naik tarifnya. Tapi, andaikan memang tarifnya naik nanti, RA pada dasarnya setuju karena walau taman nasional bisa untuk rekreasi, namun pada dasarnya taman nasional adalah tempat atau habitat yang tujuan utamanya untuk konservasi lingkungan (flora dan fauna).

Dengan kenaikan tarif harapannya yang berkunjung ke taman nasional adalah yang benar-benar cinta lingkungan, peduli keselamatan satwa dan flora sehingga bukan sekedar berkunjung yang untuk hura-hura yang ujung-ujungnya malah merusak habitat alami satwa liar disana. Selain itu, pemasukan dari tiket masuk yang lebih besar diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan karyawan dan fasilitas taman nasional sehingga flora dan fauna yang ada di dalamnya menjadi semakin aman dan nyaman. Tentunya dengan catatan tidak dikorupsi lho ya….Imho

Gambar

Baca Juga:
[display-posts tag=alam]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

15 Comments

  1. Bagaimana perkembangan hari ini? Berapa tarif untuk turis domestik? Berapa untuk turis luar negri? Temen saya mau kesana bareng temennya dari Belanda hari Sabtu/Minggu. Ada yg bisa kasih info terbaru? Terima kasih lho.

    • Sabtu/minggu
      Turis lokal IDR 32.500
      Turis mancanegara IDR 317.500

      Hari kerja
      Lokal IDR 27.500
      Mancanegara IDR 217.500

Comments are closed.