Diantara Ninja 250FI, Ninja Mono, CBR250R dan YZF-R25, Siapa Yang Akan Tergilas?

image

Rideralam.com – Pasar roda dua di tanah air terus berkembang, khususnya segmen sport yang tiap tahun mencatatkan kenaikan. Tahun lalu segmen ini bahkan mencatat kenaikan 14% seiring dengan bermunculannya produk-produk baru mulai dari 150cc hingga 250cc. Untuk kelas 250cc, hingga saat ini dari empat anggota AISI tercatat hanya Yamaha yang belum secara resmi memiliki produknya.

image

YZF-R25 baru akan hadir secara resmi 20 Mei 2014 besok. Sedangkan pemain lama di kelas ini adalah Kawasaki dengan Ninja 250-nya. Bahkan Kawasaki bisa dibilang merupakan produsen yang memiliki varian unit terlengkap di kelas seperempat liter ini. Sebut saja Ninja 250FI, Z250, Ninja RR Mono dan Z250SL. Keempatnya saling melengkapi.

image

Lalu Honda yang juga memiliki amunisi pada sosok CBR250R yang saat ini telah diupgrade dengan All New Honda CBR250R dengan kesetiannya pada satu silinder. Suzuki juga sudah punya yaitu Inazuma 250 walaupun tidak terlalu wow penerimaan pasarnya.

Nah, jika kita kerucutkan pada motor 250cc fullsport alias full fairing, lalu asumsinya Yamaha R25 sudah hadir, maka akan ada 4 varian yang akan head to head langsung merebut hati konsumen. Kawasaki Ninja 250FI, Kawasaki Ninja RR Mono, Honda CBR250R dan Yamaha R25. Menarik untuk membandingkan keempatnya. Lalu, di antara keempat motor 250cc tadi, siapa yang memiliki peluang untuk berjaya dan siapa juga yang peluangnya paling kecil berbicara banyak?

Sebenarnya untuk urusan teknis spesifikasi mesin, empat unit kuda besi seperempat liter tersebut bisa dikelompokkan menjadi dua yakni satu silinder dan dua silinder. Mono vs CBR250R di kelompok satu silinder dan Ninja 250FI vs R25 untuk yang dua silinder.

Namun, jika dikelompokkan berdasarkan harga jual maka Ninja Mono tidak memiliki pesaing. Dengan harga 40 juta Rupiah, Mono melenggang sendirian tanpa pesaing. Yang menarik adalah di rentang harga 50 juta-an, Ninja 250FI dan R25 ternyata juga ditantang CBR250R. Hasilnya?

image

Ninja 250FI dan R25 bisa bersaing secara head to head. Memiliki spesifikasi yang mirip, desain sama-sama keren dan performa yang oke maka keduanya akan ketat. Justru CBR250R yang serba salah. Spesifikasi mesin terutama satu silindernya jelas buka tandingan dua pesaingnya, repotnya harganya sama dengan yang dua silinder. Disinilah titik lemah CBR250R. Konsumen tentu akan berpikir, untuk satu silinder mending Mono, jauh lebih murah. Untuk harga 50 jutaan mending yang dua silinder, sekalian mantabs, ngapain juga ambil yang satu silinder.

Lalu, apakah CBR250R bakalan tidak laku? Tidak juga, sebab nama besar Honda masih cukup bisa menghipnotis para fanatiknya. So, Ninja 250FI, Ninja Mono, R25 dan CBR250R, siapa yang akan tergilas?

Baca Juga:
[display-posts tag=sport]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

16 Comments

  1. kemungkinan akan tergilas semuanya bang… hanya orang orang tertentu yang masih menyukai motor seport fairing…karena melihat kondisi jalanan di negeri ini yang banyak berlobang dan macet … kemungkinan untuk masa masa mendatang mobil lgc dan motor metik yang akan mendulang hasil penjualan bagus…sedang segmen motor batangan fairing kemungkinan akan menurun…meskipun ada lonjakan tapi tak seberapa meluncatnya kecuali motor batangan di atas 300 cc akan tetap bertahan karena mempunyai pangsa pasar tersendiri dan memiliki loyalitas gengsi yang tinggi…ini sudah di bidik oleh yamaha dengan menelurkan produk dengan harga yang fantastis mahalnya untuk menandingi brend image kemewahan moge kawasaki yang bertahan di harga yang wajar meski sekarang mulai merangkak naik ^_^

Comments are closed.