Ganti Motor, Naik Kelas Atau Turun Kelas?

image

Rideralam.com – Ketika dulu ada rencana akan ganti Sipio dengan motor yang baru, banyak yang bilang “mau naik kelas ya?”. Tidak ada jawaban pasti kala itu sebab memang belum ada bayangan mau ganti motor apa, yang jelas motor itu harus lebih irit dari Sipio.

Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan dipilihlah Envilan sebagai “peliharaan” baru menggantikan sang kakak, Sipio. Pertanyaan yang terlontar seperti di atas, menjadi sebuah judgement bahwa dari Sipio ke Envilan adalah turun kelas. Benarkah?

Jawabannya sih relatif, bisa benar bisa juga kurang benar. Naik kelas jika diasumsikan adalah berpindah ke level angka yang lebih tinggi, judgement di atas adalah benar. Sebab, Sipio dengan kubikasi 223 cc menjadi turun ke Envilan yang “hanya” 150 cc. Kelas tertinggi sport Yamaha di Indonesia (kala itu) ke kelas di bawahnya, turun kelas.

Tapi, jika dilihat dari sisi RA sebagai pengendara, judgement di atas menjadi kurang benar. Untuk urusan irit, jelas Envilan adalah kelasnya lebih tinggi dari Sipio. Berapa angka perbandingannya? Silahkan digoogling saja, banyak berserakan uji-uji konsumsi bbm kedua motor itu.

image

Naik kelas berikutnya adalah dalam hal teknologi. Sipio masih menggunakan teknologi konvensional sekelas karburator yang mulai banyak ditinggalkan pabrikan-pabrikan, sedangkan Envilan sudah mengaplikasikan teknologi terkini bernama Fuel Injection.

Lalu bagaimana soal kenyamanan berkendaranya? Nah, kalau satu ini bisa diperdebatkan, sebab bergantung pada masing-masing pengendaranya. Jika boleh RA bandingkan, Sipio dan Envilan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk riding santai 40-60 kpj, Sipio punya level kenyamanan di atas Envilan. Karakter mesin Sipio yang rata dan tidak ndut-ndutan enak buat Jalan-Jalan Sore, beda dengan Envilan yang cenderung ndut-ndutan mesinnya jika dibawa riding santai, kurang nyaman. Namun, untuk kecepatan di atas 70 kpj, Envilan unggul dalam hal minimnya vibrasi dibanding Sipio yang bikin tangan kesemutan serta “biji” getaarr hahahha…

Nah, itu saja deh sekilas perbandingan antara Sipio dan Envilan dalam kondisi standar. Apakah dari Sipio ke Envilan turun kelas atau naik kelas?

Baca Juga:
[display-posts tag=sipio]
[display-posts tag=envilan]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

11 Comments

  1. dari scorpio 225 cc ke nvl 150 cc jelas turun kelas bang…cuman updatenya..update yang nvl lebih baru fitur lebih lengkap dari scorpio…kalau saya di perbolehkan bicara…jelasnya turun kelas tapi update motor kalau dari si pio ganti enfil bang (IMHO)

Comments are closed.