Akhirnya YKS Dihentikan Tayangannya, Sayangnya Hanya Sementara

image
Yuk Keep Smile resmi dihentikan tayangannya sementara

Rideralam.com – Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya mengeluarkan taringnya dengan menghentikan tayangan Yuk Keep Smile (YKS) Trans TV. Penghentian tayangan YKS tersebut buntut dari pelecehan yang mereka lakukan terhadap legenda Betawi, Benyamin Sueb.

Ketua KPI Pusat Judhariksawan, dalam siaran persnya, Kamis, mengatakan penghentian program acara ini berdasarkan pengaduan masyarakat, pemantauan langsung KPI dan hasil analisa, pihaknya menemukan adanya pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standa Program Siaran (P3 & SPS) KPI tahun 2012 pada Program YKS yang ditayangkan Trans TV pada 20 Juni 2014 pukul 19.22 WIB (antaranews).

Pada acara tersebut di salah satu segmennya, Caisar yang sedang dihipnoterapi dibuat tidak takut dan senang saat melihat anjing, padahal aslinya Caisar takut anjing. Sebab dalam pikiran bawah sadarnya, Caisar merasa yang dilihatnya bukan anjing melainkan tokoh idolanya, Benyamin S. Penyamaan karakter inilah yang membuat masyarakat marah dan menuntut YKS dihentikan.

Program YKS ini memang sudah berulang kali mendapat teguran dari KPI, yakni teguran pertama pada 3 Januari 2014, teguran kedua pada 5 Februari 2014 dan pengurangan durasi pada 13 Maret 2014. Namun, sepertinya mereka tidak mau belajar dari peringatan-peringatan tersebut hingga akhirnya masalah menimpa mereka kembali di 20 Juni lalu itu yang akhirnya sanksi penghentian dikeluarkan.

Sayangnya, sanksi penghentian ini hanya sementara yaitu mulai 28 Juni hingga 1 Agustus 2014. Dan selama sanksi berlaku, KPI melarang Trans TV untuk mengganti acara YKS dengan nama lain atau acara apapun yang konsepnya sama dengan YKS di waktu siar yang sama atau di waktu lain. Harusnya sih sanksi permanen nih…

Lebih lanjut, Yudhariksawan mengatakan bahwa hal ini merupakan pelanggaran terhadap pasal 24 ayat (1) Standar Program Siaran yang melarang program siaran menampilkan ungkapan kasar dan makian, baik secara verbal maupun nonverbal, yang mempunyai kecenderungan menghina atau merendahkan martabat manusia (antaranews)

Lalu, bagaimana dengan nasib para pengisi acara YKS setelah program YKS dihentikan? Ah… biarin saja, lha wong mereka sudah banyak mendapatkan sesuatu selama penayangan acara tersebut. Lagian ini kan hanya penghentian sementara. Seharusnya selama penghentian ini pihak Trans TV dan para pengisi acara instropeksi diri bahwa acara yang mereka bawakan lebih banyak mudharatnya dibanding manfaatnya. Tak iye?

Update:
Pihak TransTV akhirnya menghentikan secara permanen program YKS. Hal itu dikatakan A. Hadiansyah Lubis, selaku Manager Humas TRANS TV kepada C&R Digital melalui sambungan telepon, Kamis (26/6) malam. “Iya distop selamanya. Dari pihak kami ada arah ke sana. Tapi untuk pastinya akan kami kabari lagi” ucapnya (yahoo)

Baca Juga:
[display-posts tag=indonesia]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

16 Comments

  1. Acara yks yang ada hipnoteria nya sangat tidak mendidik dan cenderung memberi contoh tidak baik klo memang mau diganti buat acara yg lebih bermutu

  2. Jari tengah buat “YKS” (the fuckerzz),
    ledakin aja tuh “YKS”
    ganti jadi “BOX OFFICE THE MOVIES”

  3. YKS msih ada kok cm ganti judul doang ngabuburit tau deh kalo saur ,,,gua jijik liatnya…pemainnya katro semua…fuck you yks….mendingan munculin lg bioskop trans tv..lbih seru

Comments are closed.