Belajar Dari Capaian Aleix Espargaro Di FP2 Assen, Top Speed Bukanlah Segalanya!

image

Rideralam.com – Bicara motorsport rasa-rasanya variabel satu ini tidak akan pernah dilupakan, yakni top speed. Kecepatan puncak sebuah motor menjadi isu yang seru dan panas apalagi jika mengarah ke komparasi produk yang memang bersaing. Dijamin, bakalan ramai. Seolah-olah top speed adalah segalanya alias satu-satunya indikator bahwa motor itu lebih cepat dari motor lainnya. Padahal tidak seperti itu.

Masih banyak faktor lain yang membuat motor menjadi cepat alias kencang. Sebut saja skill rider, karakter lintasan, PWR, faktor angin, kekuatan klep di mesin dan masih banyak lagi. Contoh paling nyata yang membantah bahwa top speed adalah segalanya tersaji pada FP2 MotoGP Assen.

image
Aleix Espargaro "hanya" raih top speed 301 kpj di FP2 Assen

Aleix Espargaro yang menjadi rider tercepat hanya memiliki top speed 301 kpj pada motor Yamaha opennya, bandingkan dengan top speed Ducati milik Andrea Dovisiozo yang mencapai 311 kpj namun hanya mrnjadi tercepat ke-10. Memang dengan memiliki motor dengan top speed paling tinggi setidaknya menjadi modal bagus untuk adu balap, apalagi kalau lintasannya banyak lurusnya dan panjang-panjang pula, namun sekali lagi itu bukanlah satu-satunya penentu.

Lalu, bagaimana dengan Pol Espargaro yang menjadi rider tercepat di FP1 dengan top speed tertinggi? Berarti sang rider benar-benar bisa memanfaatkan potensi kelebihan motornya. Lagi-lagi, banyak faktor yang membuat top speed bukanlah segalanya.

Jika masih saja ada yang mendewakan top speed sebagai segalanya, mending gak usah diladenin brosis, hanya buang-buang waktu. Hehehe… top speed tinggi? Mau ngebut dimana?

Baca Juga:
[display-posts tag=motogp2014]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

7 Comments

  1. akselerasi dan kestabilan motor saat keluar masuk tikungan jg menentukan, makanya tahun 2008 Rossi bisa ngalahin Stoner yg pake motor dgn top speed maknyus

Comments are closed.