MotoGP Assen 2014, Swimming Style Winner Antar Marquez Sentuh Garis Finish Pertama, Kemenangan Kedelapan Beruntun Samai Rekor Agostini

ktm indonesia

image

Rideralam.com – Seri kedelapan MotoGP 2014 dilangsungkan di Assen, Belanda. Aleix Espargaro merebut pole pertamanya, Marc Marquez berusaha menyapu bersih kemenangan, Lorenzo mengaku motornya grogi dan Rossi yang tetap optimis.

Race sempat ditunda beberapa menit karena turun hujan. Saat race dimulai, steward memutuskan balapan basah. Start akan dimulai, Rossi sudah berganti tunggangan saat yang lain lagi jejer di grid masing-masing. Alhasil the doctor harus start dari pit line.

Start dimulai, pembalap Ducati, Andrea Dovisiozo langsung meluncur ke depan, sementara Aleix Espargaro harus tercecer. Beberapa lap dimula, para pembalap mengganti motor karena trek sudah mulai kering. Marquez yang pertama melakukannya bersama Dovisiozo.

Keluar pit, lintasan masih crowded. Banyak pembalap yang belum masuk pit untuk ganti motor termasuk duo Yamaha. Dan ketika semua sudah mulai ganti motor, Dovi sudah jauh di depan meninggalkan Marquez dengan selisih 6 detik. Namun, disinilah balapan dimulai.

Perlahan setelah menemukan kenyamanan dengan tunggangan baru, Marquez memperkecil gap. 5 detik, 4 detik, 3 detik hingga akhirnya di bawah 1 detik. Dan moment itu akhirnya datang, Marquez menyalip Dovi di lap 16 atau balapan menyisakan 10 lap.

Tahu sendiri kalau Marquez sudah di depan… wuuzzzz… tak terbendung. Gap semakin diperlebar dengan Dovi. Dan Dovi sendiri nampaknya sadar diri dengan kemampuan motornya jadi pembalap Italia tersebut hanya bermain save guna mengamankan podium kedua. Sementara itu di perebutan tempat ketiga malah lebih seru.

Dani Pedrosa beberapa kali saling overtake dengan Aleix Espargaro. Pedrosa selalu unggul di straight tapi kemudian dibalas di turn oleh Aleix. Namun, performa RC213V memang belum ada tandingannya hingga saat ini, motor open sekelas M1 tidak mampu membendung keganasan RC213V. M1 factory saja susah membendung apalagi sekelas open. Tapi, perjuangan Aleix patut diacungi jempol. Keberaniannya “mengambil” Pedrosa di tikungan sangat mengagumkan.

Di “dunia lain” Valentino Rossi yang sepertinya salah ambil keputusan pemilihan motor di awal mulai merengsek ke depan. Dari posisi 8 di belakang rombongan yang dipimpin Andrea Iannone, Rossi perlahan mampu menyalip semuanya satu per-satu hingga akhirnya menempati posisi 5. Namun, memang jarak dengan posisi 3-4 yang diperebutkan Aleix-Pedrosa terlalu jauh. Alhasil the doctor harus save mengamankan posisinya dari terkaman Iannone yang terus membuntuti.

Kembali ke depan, Marquez memang bocah ediaann… hingga menjelang finish, baby alien sudah memiliki gap sekitar 6 detik dengan Dovi. Dan hanya ndlosor atau mesin mati yang bisa bikin pembalap 20 tahun ini tidak akan menang. Akhirnya, 26 lap Assen, Belanda sukses dilalui Marquez dengan predikat pembalap tercepat.

image
Marquez Swimming

Ada yang menarik saat finish, Marquez yang hendak menyantuh garis finish melakukan sebuah aksi teatrikal yang berani. Dengan melepas tangan dari stang, badan agak tengkurap, Marquez menggerakkan tangannya seperti orang yang lagi renang di atas RC213V-nya. Swimming Style Winner a la Marquez. Kemenangan ke delapan dari delapan race MototGP 2014 menyamai rekor Giacomo Agostini yang meraih 8 kemenangan beruntun. Hasil balapan, Marquez juara, Dovisiozo kedua, Pedrosa ketiga, Aleix Espargaro keempat dan Rossi kelima. Lorenzo? Entahlah… :mrgreen:

Sapu bersih hingga akhir musim? Sangat besar peluangnya jika performa Marquez masih seperti ini, apalagi kondisi pesaing-pesaingnya makin acak-adul. Selamat!!

Baca Juga:
[display-posts tag=motogp2014]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

Comments are closed.