Simpangan Speedometer Yang Normal Berapa Ya?

image

Rideralam.com – Yang namanya perbandingan head to head sebuah produk sekelas dari dua pabrikan yang selalu “berseteru” tentu saja menarik untuk dibahas. Apalagi keduanya memiliki basis fansboi terbanyak, panas deh…. Apalagi (lagi) salah satunya menang, hangus hangus daahh… Seperti yang dilakukan oleh Tabloid Otomotif yang membandingkan secara langsung motorsport paling hot saat ini, Yamaha R15 vs Honda CBR150R Lokal.

Dari perbandingan akselerasi, konsumsi bahan bakar hingga top speed nampaknya R15 unggul telak dari CBR150R Lokal. Panaasss…. Hanya power on dyno yang dimenangkan oleh CBR150R Lokal yang bahkan keunggulan ini menjadi penambah kekalahan telak si Lokal.

image

Namun, yang menarik perhatian RA bukan soal akselerasi atau konsumsi bahan bakar melainkan simpangan antara speedometer dengan GPS (racelogic).

Subject CBR150R Lokal YZF-R15
Speedometer 136 km/jam 133 jam/jam
Racelogic (GPS) 120,9 km/jam 126,6 km/jam
Simpangan 11,1 % 4,8 %

 

Dengan top speed on speedometer 136 km/jam membuat CBR150R Lokal begitu superior disbanding R15yang “hanya” 133 km/jam. Namun, kondisi tersebut menjadi antiklimaks jika pengukuran dilakukan dengan Racelogic yang mengandalkan koneksi satelit GPS. CBR150R Lokal hanya punya top speed 120,9 km/jam jauh di bawah R15 yang mencapai 126,6 km/jam. Simpangan speedometer CBR150R Lokal mencapai 11,1% sedangkan R15 hanya 4,8%.

Sudah jamak diketahui bahwa speedometer yang terpasang di kendaraan tidak 100% akurat. Baik karena alasan keselamatan (tidak terlalu ngebut), mematuhi peraturan jalan raya (agar saat kita menyentuh batas maksimal kecepatan, kecepatan real kita sebenarnya belum sampai ke angka itu), maupun alasan marketing produk atau pertimbangan lainnya (7leopold7).

image

Berapa simpangan standar untuk speedometer yang normal? entahlah tidak ada standar baku yang mengatakan berapa simpangan normal. Namun paling sering dikatakan rentang yang normal adalah plus minus 5%. Jadi bagaimana dengan hasil di atas? Untuk safety-kah? Untuk Gimmick marketing? Atau…??

Advertisements

4 Comments

  1. Kalau dari produsen mungkin demi alasan safety, tapi kalo simpangannya terlalu besar malah jadi bumerang, jadi terlalu banyak ngibulnya. Apalagi ini gennya motor sport yang identik dengan speed, kalau itu bebek/matic entry level mungkin gak terlalu masalah.

Comments are closed.