Mau Bikin SIM? Kini Saatnya. Tahun Depan Naik Lho…

image

Rideralam.com – Brosis… Sudah punya SIM belum? Iya, Surat Ijin Mengemudi… kalau belum, buruan deh bikin sekarang mumpung belum 2015. Lho, ada apa dengan tahun depan?

Jangan-jangan tahun depan SIM bakal dihapus ya? Bukaaannn… ooo pasti karena presidennya Jokowi, SIM bakal diganti kartu pintar nyetir gitu? Hadeeuuhh… apa pula itu?! Bukan… yang benar adalah mulai tahun 2015 nanti biaya pembuatan SIM akan dinaikkan. Hadeuh… #TepokJidat

Yup, dari kabar yang dilansir tribunnews, pemerintah memang berencana untuk menggenjot Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Penaikan biaya pembuatan SIM tersebut dilakukan untuk mendongkrak PNBP Kemenhukham tahun anggaran 2015 yang disepakati sebesar Rp 4,064 triliun.

Weew… jadi berapa nih kenaikannya? Anggota Badan Anggaran DPR Dolfie OFP mengatakan:
Agar dalam tahun 2015 pemerintah menetapkan penyesuaian tarif PNBP fungsional untuk penertiban SIM A, B, dan C dari Rp 80.000 – Rp 120.000 menjadi Rp 300.000

Hemmm… tinggi juga ya kenaikannya. Jika memang kenaikan itu untuk pendapatan negara, ya monggo saja asal tidak memunculkan Gayus-Gayus yang baru. Selain itu, semoga dengan kenaikan ini akan membuat kualitas pemilik SIM selanjutnya akan meningkat sehingga kesadaran keselamatan berkendara juga makin tinggi.

Tapi, entahlah jika kondisinya masih seperti saat ini, mendapat SIM bisa sangat mudah bahkan belum cukup umurpun sudah bisa dapat SIM dengan memalsukan usia, maka hasilnya dijamin akan sama saja.

Biaya pembuatan SIM naik? Kenapa tidak, asal dibarengi peningkatan kualitas seleksinya. Tak iye…?!

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
whatsapp: +62 877 1 2727 000
twitter: @karismapr
other blog: http://sportupdate5.com

Advertisements

7 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Mau Bikin SIM? Kini Saatnya. Tahun Depan Naik Lho… | abdmuqit29

Comments are closed.