Ketika Sudut Pandang Dan Daya Beli Berbicara [Opini]

ktm indonesia
Ducati Scrambler seharga ratusan juta rupiah, ada peminatnya
Ducati Scrambler seharga ratusan juta rupiah, ada peminatnya

Rideralam.com – Artikel iseng nih brosis, lebih ke curhat sih. Maklum, dengan posisi RA saat ini daya beli terhadap sesuatu tidak bisa seenaknya alias harus pikir panjang. Kenapa tiba-tiba punya pikiran seperti itu? Bukan apa-apa hanya suka takjub saja dengan harga-harga motor yang mencapai ratusan juta Rupiah. Dan laku pula…

Luar biasa. Logika dari orang yang tidak mencapai daya beli itu, jelas harga ratusan juta untuk sebuah sepeda motor yang dengan kondisi cuaca apapun akan teta dirasakan koq rasa-rasanya terlalu. Namun, sekali lagi itu dari sudut pandang orang dengan kemampuan atau daya beli tidak sampai di sana. Selain daya beli, sudut pandang dari sebuah motor mahal bagi orang tersebut juga sangat menentukan. Misalkan kemampuan ada tapi menganggap motor ratusan juta mubadzir ya tetap tidak akan membelinya.

Tidak jarang di lingkungan sekitar RA saat ngobrol dengan orang-orang selalu saja ada ungkapan “beli motor 23 juta, mending beli mobil pick up seken, bisa buat kerja”. Ungkapan yang tidak salah jika sudut pandangnya adalah seorang bisnismen, semua harus bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Beda lagi jika seorang hobbies. Sebuah motor klasik yang sesuai selera dengan harga 156 juta Rupiah misalnya (Ducati Scrambler) akan dengan mudah diboyong ke rumah guna memuaskan dahaga.

Ya, daya beli dan sudut pandang akan sangat menentukan berharga tidaknya sebuah motor, penting tidaknya sebuah motor atau murah mahalnya sebuah motor. Yang jelas, hingga saat ini motor ratusan juta rupiah masih sebagai motor mahal bagi RA, masih menjadi motor tidak penting bagi RA walaupun ingin memilikinya. Tapi, roda berputar. Saat ini bisa jadi masih di bawah, esok atau lusa mungkin saja sudah di tengah, minggu depan sudah di atas. Sehingga sudut pandang akan berubah, yang mahal jadi murah yang tidak penting menjadi penting dan seterusnya.

[display-posts tag=rideralam]

Advertisements

5 Comments

Comments are closed.