Nomor Start Pembalap MotoGP Yang Dipensiunkan

image
#3 Maldini dipensiunkan Milan

Rideralam.com – Tidak hanya di cabang sepakbola nomor punggung pemain yang dipensiunkan alias tidak boleh digunakan lagi oleh pemain lain sebagai bentuk penghormatan atas jasa si pemain, namun ternyata di MotoGP juga ada perlakuan semacam itu. Nomor start pembalap juga ada yang dibekukan atau dipensiunkan.

Disadur dari motorexpertz (thanx to bro Zikri Irfandi), terdapat setidaknya tiga nomor start pembalap MotoGP yang telah dipensiunkan. Kita lihat yuk satu per-satu…

#58
Siapapun penggemar MotoGP pasti tahu siapa pemilik nomor ini. Betul, dia adalah Marco “Super Sic” Simoncelli. Pembalap San Carlo Gresini Honda ini meninggal di lintasan Sepang, Malaysia tahun 2011.

image
#58 Super Sic

Karena keberaniannya dalam membalap serta aksi-aksi luar biasanya di lintasan, maka nomor start 58 dibekukan dan tidak boleh digunakan oleh rider lain selama-lamanya.

image
Crash Super Sic Sepang 2011

Nomor 58 adalah hak Super Sic seorang sebagai momento atas meninggalnya Marco di lintasan balap.

#74
Kita flashback sebentar ke MotoGP Kelas 500 cc di musim 2003. Kala itu seorang pembalap dengan motor #74 sedang melaju di sirkuit Suzuka, di depan fansnya sendiri, hingga sampai di lap ke-3 sang pembalap menghantam pagar pembatas sirkuit dengan kecepatan 200km/jam. Pembalap itu adalah Daijiro Katoh.

image
Crash Daijiro Katoh di Suzuka 2003

Dari hasil penyelidikan, Kato kehilangan kendali terhadap Honda RCV Telefonica sehingga motor melesat menabrak pagar pembatas. Karena kencangnya, tubuh pembalap Jepang tersebut terpental hingga keluar lintasan melewati tembok pengaman.

image
Daijiro Katoh

image

Akibat kecelakaan ini, Kato mengalami cidera patah leher, luka di kepala serta tulang dada yang retak, sehingga memaksa Kato menjalani perawatan intensif. Akhirnya 2 minggu kemudian, Kato menghembuskan nafas terakhir akibat luka yang dialaminya.

#34
Jika dua nomor sebelumnya dipensiunkan akibat meninggalnya sang pembalap, maka #34 dipensiunkan karena kepopuleran sang pemilik. Dia adalah Kevin Schwantz, pembalap Amerika Serikat yang aktif di tahun 80-90an dengan banyak kemenangan. Puncak karirnya adalah di tahun 1993 kala menjadi juara dunia.

image
Kevin Schwantz legenda MotoGP asal Amerika Serikat

Namun crash di musim berikutnya memaksanya untuk ambil keputusan pensiun tahun 1995. Karena popularitasnya maka MoroGP membekukan nomor startnya sebagai bentuk penghormatan bagi sang pembalap.

Nah, itu tadi tiga nomor start pembalap MotoGP yang dipensiunkan sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi, keberanian dan totalitas sang pembalap di lintasan. Dan, sepertinya nomor tadi akan bertambah, berapa kandidat nomornya? #46!

Yup, #46 adalah icon atau trademark dari sang legenda hidup, ikon MotoGP dalam dekade terakhir. Tujuh gelar juara dunia MotoGP/500cc sudah tidak terbantahkan. Bahkan, ketika performanya mulai menurun karena usia semakin uzur, popularitas Valentino Rossi masih belum bisa ditandingi pembalap MotoGP manapun yang aktif saat ini. Sudah selayaknya #46 dipensiunkan seiring pensiunnya sang legenda nanti. Setuju?

image
#46 layak dipensiunkan, #93 perlu konsistensi

Kandidat berikutnya bisa jadi adalah #93. Tinggal konsistensi dan kontinuitas seorang Marc Marquez yang bisa membuat #93 akan terus dikenal sebagai nomor sang legenda. Waktu yang akan memilihnya kelak.

Ada yang mau menambahkan?

UPDATE5:
#65
Penyelenggara MotoGP, Dorna, tengah mengajukan permohonan pada Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) agar mempensiunkan nomor balap ’65’ miliki Loris Capirossi.

image
#65 tengah diajukan untuk dipensiunkan

Ini dianggap sebagai bentuk penghormatan setelah Capirossi berkutat di dunia MotoGP selama dua dekade. Pria asal Italia itu aktif menjadi pembalap sejak tahun 1990-an dan pensiun di akhir musim 2011.

[display-posts tag=motogp]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
whatsapp: +62 877 1 2727 000
twitter: @karismapr
other blog: http://sportupdate5.com

17 Comments

  1. kalo 46 mungkin gak pensiun tapi di terusin oleh anaknya v. Rossi mungkin, seperti dia mewarisi no 46 dari ayahnya graziano rossi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*