Kecepatan Internet Indonesia 5,4 Mbps, Rendah Namun Terus Meningkat!

image

Rideralam – Kecepatan internet di Indonesia biasanya identik dengan kata lemot, lelet, php atau putus nyambung. Betul, Indonesia termasuk negara dengan tingkat kecepatan internetnya yang lamban. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya faktor geografis negara kita yang sangat luas sehingga sulit menyeragamkan kecepatan akses. Namun, tidak usah terlalu berkecil hati, ternyata tiap tahun kecepatan internet di sini terus bertambah.

Data terakhir menunjukkan kecepatan rata-rata internet Indonesia (download) adalah 5,4 Mbps. Angka tersebut bukanlah angka perkiraan saja namun hasil penelitian yang dilakukan oleh Ookla, sebuah perusahaan kenamaan dunia yang memang berfokus pada pengukuran kecepatan internet di berbagai belahan dunia, yang mengeluarkan angka rata-rata kecepatan internet di Indonesia tersebut.

image

Jika kecepatan broadband download rata-rata 5,4 Mbps, maka kecepatan uploadnya adalah 3,3 Mbps. Sedangkan untuk internet on mobile phone kecepatan download rata-rata 3,2 Mbps dan 1,1 Mbps untuk uploadnya. Yang perlu diperhatikan bahwa data di atas merupakan nilai rata-rata, jadi kecepatan tertingginya pasti lebih dari angka itu, pun sebaliknya di beberapa wilayah yang terpencil bisa jadi jauh di bawah 5,4 Mbps kecepatan internetnya. Inilah yang disebut faktor di atas.

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa kecepatan internet di Indonesia terus mengalami kenaikan, tercatat kecepatan rata-rata internet meningkat 149% dari quartal ketiga tahun 2013 sampai quartal ketiga 2014 (laporan Akamai dalam State of the Internet).

Yang jelas, pemerintah harus terus menerus mengupgrade kecepatan koneksi internet di negeri ini. Kemajuan teknologi dan iptek yang mensyaratkan kebutuhan internet super cepat mutlak harus dipenuhi agar kita tidak tertinggal dengan negara lain. Imho

[display-posts tag=indonesia]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

Comments are closed.