Naksir Yamaha NMax Atau Honda PCX? Baca Dulu Nih 6 Perbedaan Keduanya Sebelum Ambil Keputusan!

image
Yamaha NMax dibanderol 27,4 Juta Rupiah

Rideralam – Kehadiran Yamaha NMax mau tidak mau pasti akan dibandingkan dengan skutik sejenis yang lebih dulu hadir yakni Honda PCX 150. Tidak salah dan sangat wajar lha wong keduanya memang secara tampang dan dimensi benar-benar head to head. Nah, sebelum brosis menjatuhkan pilihan ke salah satunya (kalau mau beli dua-duanya abaikan saja artikel ini) tidak ada salahnya kita simak apa saja perbedaan keduanya berikut ini.

Paling kentara perbedaan keduanya jelas adalah soal brand harga. Yamaha NMax 27,4 juta Rupiah sedangkan Honda PCX 39,8 juta Rupiah. Sebuah gap yang nilainya bisa dapat motor skutik entry level baru. Silahkan brosis sudah bisa menentukan pilihan di tahap ini, sesuaikan dengan kondisi ekonomi brosis.

Perbedaan kedua adalah di sisi piranti keselamatan bernama rem. NMax sudah mengadopsi teknologi rem terkini khas motor-motor Eropa yakni Antilock Brake System (ABS) tidak hanya depan tapi juga belakang. Sedangkan PCX masih pakai rem combi system. Masih lebih baik dari rem konvensional tapi di bawah ABS. Yang suka dengan perangkat safety, pilihan sudah bisa ditentukan dari sini.

Perbedaan selanjutnya adalah soal teknis performa mesin di atas kertas yang dihasilkan. Mengusung kubikasi sedikit lebih besar, NMax punya cc sebesar 155 berbanding 152,9 cc milik PCX. NMax punya output power lebih besar yakni 14,8 dk pada 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm di 6.000 rpm dibandingkan dengan PCX yakni 13,2 dk pada 8.500 rpm dengan torsi 13,7 Nm pada 5.500 rpm. Walaupun sebenarnya motor jenis skutik lebih mengedepankan sisi fungsionalitas, rasa-rasanya para speed freak sruntulan alayer masih memasukkan sisi ini dalam menentukan pilihan sebuah tunggangan harian. Is that you? I am not!

Fitur menjadi pembanding selanjutnya. Sepertinya sudah menjadi khas skutik Honda, fitur adalah kekuatan utama. PCX unggul di sisi ini dibanding NMax. Lampu hazard, answer back system, pembuka jok menyatu dengan desain kunci kontak sampai shutter key atau kunci anti maling menjadi keunggulan PCX. NMax? Belum ada! Brosis yang sangat mendewakan sisi fitur maka pilihan mutlak sudah ada di sini.

Kaki-kaki juga bisa diperbandingkan terutama ukuran velg dan ukuran ban. Yamaha memilih menggunakan velg ring 13″ untuk NMax, sebuah ukuran tidak umum di sini namun sangat familier di Eropa. Sedangkan PCX dibekali velg ring 14″ oleh Honda layaknya skutik-skutik yang saat ini beredar di pasaran. Namun, walaupun velg NMax hanya 13″ tapi motor masih terlihat gagah sebab ban yang digunakan sangat gambot. Ban depan 110/70-13 dan belakang 130/70-13 artinya jauh lebih gambot dari PCX yang punya profil ban 90/90-14 depan dan 100/90-14 belakang. Pilih yang biasa atau baru?

Yang terakhir, perbandingan soal dimensi. Kalau ini sangat penting bagi RA dalam memilih motor harian. Maklum, big size begini orangnya. Sempat nanya ke blogger charming asal Jakarta yang pernah punya PCX soal kepantasan RA naik PCX dengan dimensi tubuh RA yang segini, beliau bilang “PCX kekecilan lek buat sampeyan“. Hadeuuuh… padahal PCX sudah masuk skutik gambot lho. Kita intip spesifikasi dimensi PCX. PxLxT adalah 1917 x 738 x 1094 mm dan ayo kita bandingkan dengan NMax yang punya dimensi 1955 x 740 x 1115. Perbedaannya tidak terlalu signifikan tapi lumayanlah lebih besar dari PCX. Sepertinya andaikan NMax bisa pakai velg 14″ makin joss nih. You know what I choose right now? Yeaahh… englishnya belepotan bro xixixixi…

Nah, itu tadi ada sekitar 6 perbedaan antara Yamaha NMax 155 dengan Honda PCX 150. Kalau sudah mengerti 6 perbedaan di atas, mungkin brosis sudah bisa menentukan pilihan. Tapi kalau masih ragu juga, ada baiknya brosis lihat langsung dulu unitnya atau kalau ada kesempatan sempatkan test ride keduanya, rasakan bagaimana hati ber-kriekk tanda memberi kode sreg akan satu pilihan. Tapi kalau masih galau juga, kenapa tidak menunggu XMax 250 yang menurut RA desainnya lebih ciamik dari NMax tapi konsekuensi harga jelas lebih mahal dan belum pasti juga kapan keluarnya.

image
Honda PCX 150 Unggul Di Fitur

Oke deh, itu tadi artikel sekedarnya yang sebenarnya RA tulis untuk RA sendiri #eh

[display-posts tag=skutik]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

19 Comments

  1. jelas NMAX lah om, masak iya mau ambil PCX, 40 juta lho, selisihnya gak main2. 13 juta. bisa buat beli pertamah berapa taun itu.
    lagian kalo cuma fitur lampu hazard soal kecil, apalagi answer back sistem yg kalo kita hidup di luar parkiran jakarta kayak gak ada gunanya. cuit-cuit tapi bukan alarm. dan ygpasti perangkat ABS itu yg sebenernya mahal. bisa up to 5 juta, +VVA.

  2. rasional sajalah, ya jelas Nmax, ay lebih milih fitur safetynya, selonjoran juga lebih dapet kayaknya 🙂

  3. Yang sudah jelas makin jelas hehe
    kalo soal kecepatan kayaknya itu bonus, tapi dari 6 buat ane, kecepatan masuk nomor 5

    bagus nih review nya kang lanjutken hehe

  4. Yamaha kasih harga NMAX pas n rasional…kl PCX kemahalan bgt blm ABS lg, emang sih barang impor tp tetep aja mahal…HONDA kasih harga gak kira2…HONDA produk mahal kualitas standar Yamaha semakin di depan…mending VESPA eropa punya.

  5. Secara tdk langsung harga pcx honda yg tinggi ( karena dilengkapi dg fitur lebih ) ikut mendongkrak pemasaran nmax yamaha dgn level harga yg lumayan terjangkau.

  6. Kenapa demikian? Karena konsumen akan selalu membanding2kan harga antara produk yg satu dengan yg lain.

Comments are closed.