NMax, Bakal Calon Lahan Baru Perang Yamaha Dengan Honda! Yang Lain? Nonton Sajaaaa…

wpid-yamaha-nmax-ready-dealer.jpg.jpeg
NMax, keberanian Yamaha

 

Rideralam – Era big scooter di Indonesia nampaknya bakal segera hadir seiring semakin meningkatnya pasar motor tanpa gigi itu. Prediksinya sih setelah Yamaha menelurkan NMax yang “murah” ini, tidak lama lagi bakal bermunculan skutik-skutik gambot lainnya, bisa jadi masih brand Yamaha atau kompetitor. Memang, sebelum NMax hadir, PCX 125 dan dilanjutkan PCX 150 sudah lebih dulu menyapa, namun banderol yang masih masuk kategori premium menghalanginya menjadi skutik gambot sejuta umat. Mahal untuk kebanyakan konsumen.

Tahun ini adalah tahunnya skutik bagi Yamaha. Mereka akan pol-polan ngejar ketertinggalan dari Honda yang semakin dominan. Mungkin, merasa cukup berat menghadang barisan skutik Honda seperti BeAT dan Vario, maka Yamaha mengalihkan strategi jualannya dengan mencari “tempat bermain” yang baru, big scooter! Kebetulan, Honda masih belum fokus benar ke kelas ini. Jadi, peluang untuk menjadi pioneer big scooter terjangkau sangat besar.

wpid-honda-pcx-150.jpg.jpeg
Honda PCX 150 terkendala status CBU

 

Bagi Honda, saat ini boleh saja mereka memiliki posisi tawar yang rendah dengan PCX 150 terkait banderolnya yang selangit, maklum masih full CBU. Namun, kasus CBR150R Lokal bisa menjadi patokan bahwa jika Honda mau, mereka bisa saja melakukan langkah serupa dengan case-nya CBR150R. Melokalkan big scooter mereka, entah PCX atau bisa jadi Forza. Yang jelas, Honda tidak akan membiarkan Yamaha bermain sendirian di kelas baru ini.

So, Yamaha NMax adalah starting point dari bakal ramainya kelas skutik gambot 2-3 tahun ke depan. Yamaha seolah membuka lahan perang baru dengan kompetitor. Tentu saja saat ini mereka punya keuntungan dibanding kompetitor. Keuntungan yang muncul dari keberanian mereka melokalkan skutik gambot perdananya. Namun, lihat saja beberapa waktu ke depan bukan tidak mungkin negara api kembali menyerang seperti saat Vario dan BeAT membumihanguskan Queen Mio di awal dekade ini. imho

Burgman 200 ABS
Suzuki Burgman 200 ABS bisa jadi penghancur nih, kalau mau

Lalu, bagaimana dengan Suzuki atau Kawasaki? Kalau Kawasaki sepertinya masih nyaman dengan moge sportnya, rasa-rasanya untuk melirik big scooter murah agak sulit. Suzuki ini yang sebenarnya punya peluang merecoki “perang” Yamaha dan Honda. Burgman 200 bisa menjadi senjata mematikan, tentu saja jika prinsipal di Jepang sana mau mempercayai SIS untuk melokalkannya, sesuatu yang selama ini sangat sulit SIS dapatkan, Jadi, silahkan jadi penonton saja…. 😀

[display-posts tag=skutik]

Advertisements

Comments are closed.