Mau Bayar Pajak Dan Balik Nama Tapi KTP Pemilik Pertama Hilang, Tenang Ini Caranya!

image

Rideralam – Brosis, via whatsapp salah seorang pembaca blog campur-campur ini bertanya soal perpanjang pajak tanpa KTP. Sebab, masbro tersebut mengatakan bahwa dia tidak tahu keberadaan pemilik pertama motor yang dibelinya. Selain bayar perpanjangan STNK, dia juga ingin balik nama sekalian biar tidak susah ke depannya.

Pertanyaan yang sering RA dengar dan jujur belum punya pengalaman soal balik nama ini. Ya wis, demi memuaskan pembaca plus nambah-nambah ilmu juga akhirnya tanya ke dulur Jatimotoblog, kebetulan kang sisugi pemilik warung sugimasihada yang memberikan pencerahan (matur suwun kang).

Hasil informasinya kurang lebih begini… untuk balik nama motor dalam satu kota dan beda kota pada prinsipnya sama yakni menarik berkas atau data pemilik sebelumnya dan memasukkan berkas baru atau pemilik baru. Kalau beda kota berarti berkas lama di kota pertama ditarik dan menasukkan berkas baru di kota tujuan balik nama.

Lalu, syarat-syarat balik nama adalah BPKB, STNK, Berkas Lama, Berkas Baru dan sejumlah biaya. Bagaimana dengan KTP pemilik pertama misalnya susah dilacak keberadaannya? Tidak perlu panik. Cukup mudah juga jalan keluarnya yaitu cukup minta fotokopi KTP pemilik sebelumnya (tidak harus pemilik pertama) dan bukti kuitansi pembelian. Lalu, bagaimana jika KTP pemilik sebelumnya juga tidak ada? Nah ini yang namanya apes. Brosis langsung saja ke samsat, minta solusi tentang masalah tersebut. Mungkin akan ada biaya tambahan dll.

Nah, jadi kurang lebih itu cara balik nama motor dan persyaratannya andaikan KTP pemilik pertama tidak ada. Mungkin brosis bisa menambahkan cerita di atas agar lebih detil dan jelas, silahkan!

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

34 responses to “Mau Bayar Pajak Dan Balik Nama Tapi KTP Pemilik Pertama Hilang, Tenang Ini Caranya!

  1. ada solusi lain krn saya juga barusan balik nama sekalian ngurus stnk yg hilang.
    klo ktp yg trtera di bpkb tidak ketemu, tinggal minta aja form dr samsat yg inti isinya menerangkan bahwa ktp yg tertera tidak bisa dipinjam atau susah diketemukan. klo udah diisi mintakan ttd n stempel lurah dr alamat yg ada di bpkb/ktp yg tertera di bpkb

    Suka

    • Kalo unit tarikan gmna. Kita ambil an pertama dan dan yang di stnk tidak ada gmna? Kita dapat unit lelang. Pajak mati kir nya mati. Ktp sama surat pengantarnya saja yang ada??

      Suka

    • Permisi, ikut gabung gan,
      Nasib saya juga begitu. Yaitu STNK hilang dan belum dibalik nama. Sedangkan pemilik KTP pertama sudah lost contact.
      Inisitif saya ingin balik nama sekalian buat STNK yang hilang

      Apakah prosedurnya juga sama dengan yang agan atau ada saran lain ?

      Suka

  2. kena 30rb buat spinku
    yang paling kampret si pemilik lama, padahal dia bos diler suzuki, massak diminta foto ktp aja enggak ngasih, kamppretosss.
    Tapi yo wis rapoposss 😈

    Suka

  3. om mau tanya neh punya motor stnk ke tilang dr thn2014 smp skrng blom diambil.. kira” msh ada gg ea klo mw diambil dan kira” biayanye brpe.. klo ada maakasih sebelumye wss.

    Suka

  4. kalau mau bayar pajak plus balik nama sekalian, tidak memerlukan ktp pemilik motor yang lama.

    sumber; pengalaman pribadi, bayar pajak sekalian balik nama dari wlingi (Blitar) ke Tulungagung.

    Disukai oleh 1 orang

  5. klo mau pajak motor tahunan, motor atas nama istri, tp istri sdh pindah domisili ikut saya, trus untuk pajak tahunan gmna bos? padahal KTP yg dulu udh g ada.

    Suka

  6. Pengalaman BBN itu lumayan menguras kesabaran, ribet & nunggu lama.
    Saya k samsat dri jam8 selesai jm2 siang.
    Krna skalian Perpanjang Pajak, Ganti No.pol (pajak 5thn & BBN.
    Klo ga salah Kwitansi serah terima dari pemilik sblum’y jg hrus ada (hrus bermaterai 6rb)
    Buat Old Vixi saya kena 900rb krng lbih, termasuk biaya pajak 5thn, plat nomor dll.
    Klo BBN doang ky’y ga sgitu.

    Suka

  7. Bang tolong bantu saya bli motor sifon. Dan pajak saya mati 2tahun dan harus ganti kaleng niatnya si mau balik nama tapi tanpa ktp pemegang pertamanya bisa gak ya??

    Suka

      • Pak maaf numpang nanya,
        Motor saya Plat B jakarta timur “atas nama saya sendiri..”
        Saya sudah pindah jd warga bogor KTP jadi Bogor,
        Saya mau bayar pajak motor tersebut ,pajak udh telat 2 tahun apa bisa?
        Soalnya KTP jakarta saya yg beralamat sama dengan stnk masa berlakunya sudah habis..

        Saya gak Mau mutasi motor ke plat F bogor soalnya saya maaf baru saja KPR rumah di tangerang bakal jd warga tangerang, tahun depan…
        Kalo bisa bayar pajak gimana caranya?
        Padahal atas nama saya sendiri..cuman masalah KTP aja..

        (Kalo gak bisa terpaksa saya tunggu tahun depan sekalian mati 3 tahun pajaknya biar mutasinya gak 2 kali…
        Tapi kemana2 kok gak tenang.. T_T )

        Terimakasi sebelumnya Pak
        Maaf jd kepanjangan

        Suka

  8. ?sukur deh klo bisakah oh iya saya tuh mau skalian mau ganti bogor kabupaten menjadi bogor kota…. Perkiraan mahal gak bang trus kirakira brapa duit ya bang??

    Suka

  9. Slmt siang saya punya motor suzuki hayati 2015.pajak telat bln februari kmrm.krna bpkb ilang.bekasi pula .saya dr beli blm balik nama.gmn cara urus bpkb ilang dan akan balik nama .daerah bekasi stnknya.mksh

    Suka

  10. Pengalaman,beli motor bekas,.di perantauan,. Pemilik pertama ga tau keberadaany skrg,. Pdhl mw byr pjk n blik nma,.y sdh berhubg Ktp saya Ktp Jatg.mw,blik nm g bsa. Hrs sesuai provinsi di bpkp. Mlas buat bikin ktp bekasi.. Nembak ajh pke ktp tmn. Org Bekasi..

    Suka

  11. bang mau tanya, kalo ga ada kwitansi pembelian itu bisa kaga ya? soalnya kan saya beli motor sesama pemakai bukan menjual. dan sekalian mau tanya kwitansinya kaya gimana ya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s