Suzuki Satria FU Sangat Terancam Eksistensinya Jika Honda K56 Seperti Renderan-Renderan Yang Ada!

image
Suzuki Satria F150 terlalu lama bermain sendirian hingga Suzuki terlena

Rideralam – Sudah lama Suzuki menikmati sendirian kue lezat dengan Satria F150 atau lebih dikenal sebagai FU. Sejak awal milenium ketika pertama kali Suzuki mengimpor utuh si hyperunderbone, sejak saat itu pula kue marketshare seolah-olah dinikmati sendiri. Lho, koq seolah-olah?

Yup… kala itu Honda melalui IU juga sempat memboyong Sonic, namun hanya FU yang bertahan dari 2004 hingga dilokalkan sampai saat ini. Penjualan bulanan sangat menggiurkan, bahkan FU menjadi tulang punggung penjualan Suzuki Indonesia di kala model lain layu tak berkembang.

Namun, akhir-akhir ini sepertinya popularitas FU mulai goyah. Penjualan masih yang terbanyak tapi sudah melampaui peak-nya. Kalau di fase kehidupan mahluk hidup sudah masuk fase kematian pasca peak. Banyak faktor, salah satunya adalah keengganan Suzuki mengupgrade sisi teknologi dari FU. Praktis sejak awal hingga saat ini FU hanya mengalami ubahan batok kepala dan grafis saja, selebihnya nothing!

Faktor kedua yang membuat FU makin menurun pamornya adalah kompetitor mulai menggeliat hendak merecoki kue nya FU. Paling mango to mango mungkin adalah Honda yang telah berencana menelurkan project bernama K56. Project yang ramai dikabarkan sebagai Sonic Reborn atau CS1 Reborn dengan desain ayago. Desain yang sebelumnya hanya FU yang punya. Kalau Yamaha MX King sepertinya akan mencari ceruk lain.

image
Desain Honda K56 mango to mango terhadap FU

Bahkan kondisi terkini, penampakan K56 sudah banyak di dunia maya melalui bocoran-bocoran dari blogger-blogger dunia lain yang kemudian coba dirangkai dalam sebuah renderan. Seperti yang mas Joe Motoblast lakukan. Secara detil mungkin memang tidak sama, namun untuk garis besar desain Honda K56 memang sengaja untuk dibenturkan dengan FU.

Kelebihan Honda selain sumber daya yang sepertinya tidak terbatas dalam memproduksi motor, juga terlihat bahwa prinsipalnya di Jepang begitu aware dan quick response dengan kondisi market di Indonesia. Beda dengan prinsipal Suzuki yang sepertinya sangat lamban bereaksi atas perkembangan pasar Indonesia. Alhasil, sudah sewajarnya jika Suzuki harus sangat kuatir marketshare FU bakal segera pindah ke Sonic Reborn.

Jadi, Honda K56 (terlepas dari sisi kualitas nantinya) akan sangat sulit dibendung oleh FU. Nama besar Honda, teknologi terkini, produk fresh, desain mirip dan tentu saja jaringan aftersales yang jauh lebih besar merupakan modal yang lebih dari berlebihan untuk menghajar FU di pasar. Suzuki harus bereaksi nih…

[display-posts tag=suzuki]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

13 Comments

Comments are closed.