Sebelum Memutuskan Membeli, Simak Dulu Komparasi Skutik Yamaha Soul GT 125 Blue Core & Honda Vario 125 eSP!

image

Rideralam – Yamaha baru saja meluncurkan All New Soul GT 125 Blue Core dengan tagline Maju dan Menggebrak. Sebelumnya, Honda sudah lebih dulu merilis skutik 125 cc nya pada sosok Vario 125 eSP dengan tagline Ride The Perfection. Keduanya akan saling sikut untuk memenangkan hati konsumen. Sebelum Brosis menentukan pilihan, kita intip yuk perbandingan keduanya based spesifikasi resmi.

HEADLAMP
Soul GT 125 Blue Core
Single lamp dengan mengadopsi wajah ala transformer yang garang dan sangar

Vario 125 eSP
Dual keen eyes yang sipit menyerupai R25. Desain headlamp yang sedang ngetrend

DIMENSI
Soul GT 125 Blue Core
Panjang: 1870 mm
Lebar: 685 mm
Tinggi: 1070 mm
Jarak sumbu roda: 1260 mm
Ground Clearance: 135 mm

Vario 125 eSP
Panjang: 1921 mm
Lebar: 683 mm
Tinggi: 1096 mm
Jarak sumbu roda: 1280 mm
Ground Clearance: 135 mm

Secara umum, Soul GT 125 Blue Core memiliki dimensi yang lebih kecil dari Vario 125 eSP. Bagi yang menginginkan kenyamanan riding a la skutik Vario 125 eSP adalah pilihan. Namun, ukuran Soul GT Blue Core yang lebih pendek membuatnya lincah bermanuver di jalanan yang padat.

image

BOBOT
Soul GT 125 Blue Core: 96 kg
Vario 125 eSP: 109 kg

Sesuai dimensi yang lebih besar, Vario 125 eSP punya bobot yang lebih berat dibanding Soul GT Blue Core. Selisihnya lumayan yakni hingga 13 kg. Bobot di atas semakin memperkuat imej bahwa Vario adalah kenyamanan dan kemantaban riding, sedangkan Soul GT lebih ke kelincahan dan kontrol.

PERFORMA
Soul GT 125 Blue Core
Power: 7 kW @8000 rpm
Torsi: 9,6 Nm @5500 rpm
PWR: 0,073 kW/kg

Vario 125 eSP
Power: 8,3 kW @8500 rpm
Torsi: 10,8 Nm @5000 rpm
PWR: 0,076 kW/kg

Jika dilihat data di atas power dan torsi Vario 125 eSP jauh lebih besar dari Soul GT 125 Blue Core. Namun dengan bobot yang lebih ringan, Soul GT 125 Blue Core bisa mengejar ketertinggalan dari sisi power dengan power to weight ratio yang beda tipis. Selisih 0,03 kW/kg tentunya sangat tidak signifikan di jalan raya.

RASIO KOMPRESI
Soul GT 125 Blue Core: 9,5:1
Vario 125 eSP: 11:0

Rasio kompresi secara umum memiliki pengaruh terhadap jenis konsumsi bbm. Semakin tinggi nilai rasio kompresi maka semakin tinggi angka oktan bbm yang dibutuhkan. Dilihat dari pervandingan di atas, jelas Soul GT 125 Blue Core lebih bersahabat dengan bbm jenis premium (ron 88) walaupun secara performa akan jauh lebih optimal dengan pertamax (ron 92). Sedangkan, rasio kompresi Vario 125 eSP yang sangat tinggi seharusnya sudah tidak menggunakan bbm jenis premium lagi. Bahkan hasil optimal akan didapat dengan bbm jenis pertamax plus (ron 95) atau minimal pertamax. Namun seperti yang sudah-sudah, produsen biasanya “mengakali” angka kompresi ini agar bisa nenggak premium. Jika brosis sayang mesin dan ingin performa optimal si kuda besi gunakan bbm yang sesuai rasio kompresi.

image

KAPASITAS TANGKI
Soul GT 125 Blue Core: 4,2 liter
Vario 125 eSP: 5,5 liter

KONSUMSI BBM
Soul GT 125 Blue Core: 53 kpl
Vario 125 eSP: 58 kpl

Kapasitas tangki bahan bakar Vario 125 eSP lebih besar dari Soul GT Blue Core. Tentu saja jika brosis melakukan perjalanan jauh dengan kapasitas tangki yang lebih besar membuatnya tidak sering keluar masuk pom bensin. Namun, untuk yang memiliki kebiasaan isi fulltank tentu saja kapasitas yang lebih kecil akan membutuhkan biaya lebih sedikit. Kedua hal di atas sangat erat kaitannya dengan keiritan kedua skutik.

VELG DAN BAN
Soul GT 125 Blue Core
Depan: 80/80-14 M/C 43P
Belakang: 100/70-14 M/C 51P

Vario 125 eSP
Depan: 80/90-14 M/C 40P
Belakang: 90/90-14 M/C 46P

Sama-sama sudah mengaplikasikan ban tubeless dan velg ring 14′, secara umum kaki-kaki Soul GT 125 Blue Core lebih kekar dibanding Vario 125 eSP. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap kestabilan motor saat dikendarai.

FITUR
Soul GT 125 Blue Core
1. Teknologi Blue Core (performa oke, efisiensi bbm tinggi)
2. Eco lamp indicator untuk informasi berkendara ramah lingkungan
3. Bagasi 14 liter cukup untuk mentimpan 1 helm half face
4. Smart Lock System untuk pengereman praktis di tanjakan atau turunan
5. Integrated key shutter, kunci on off motor plus untuk buka jok
6. Smart Stand Switch memungkinkan mesin mati saat standar samping diturunkan

Vario 125 eSP
1. Teknologi enhanched smart power (eSP) yang meminimalisir gesekan piston sehingga bahan bakar lebih efisien
2. Idling Stop System, mematikan mesin 3 detik setelah motor berhenti
3. Answer Back System, alarm suara untuk memudahkan pencarian motor di parkiran
4. ACG starter, bikin starter mesin tanpa bletak door alias halus
5. Side stand switch, mesin akan mati saat standar samping diturunkan
6. Combi Brake System, rem depan dan belakang terintegrasi dalam satu tuas
7. Brake lock system, mencegah skutik ini loncat saat dinyalakan dan juga membuat kondisi motor tetap diam dalam kondisi berhenti di jalanan menanjak atau menurun

HARGA (On the Road Jakarta)
Soul GT 125 Blue Core
Rp 15.100.000,-

Vario 125 eSP
CBS: Rp 16.900.000,-
CBS ISS: Rp 17.500.000,-

Itu tadi sedikit perbandingan skutik Yamaha Soul GT 125 Blue Core dengan Honda Vario 125 eSP. Pilihan tetap ada di tangan brosis. Pilihlah sesuai dengan kebutihan dan anggaran yang ada. Pesan RA, sebelum memutuskan meminang skutik yang mana, perbanyak informasi agar tidak menyesal di kelak kemudian hari.

[display-posts tag=komparasi]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

37 Comments

  1. vario bukannya dibenturkan ke xeon series …., dimana beat dibenturkan ke mio dan turunannya … oleh yamaha .

    • Dok tau lo, vario tuh yang terbaru ada 2, vario 125 esp dan vario 150esp, kalo yang vario 150 warnanya black raptor sama white agresif

  2. Aku soul gt 125 hari ini dah datang dirumah lebih nyaman dari vario karena dah pernah nyobak punya temen tapi masih lebih enak xeon gt125 yg dah punya duluan soul gt kesannya sangat besar cocok sekali buat cowok

  3. Matik honda kurang karakter desain sama aja masak yg punya 150 model sama125 kan rugi selisih 3 jeti ampe 4 jeti tapi gak punya prestice dari kelas dibawahnya model sama dinaikin juga sama

  4. yamaha masih punya keunggulan lain mas bro,yg gak dimiliki vario.yaitu forget piston dan diasil cylinder yg bergaransi smp 50.000 km /5 tahun,lebih awet,ringan,kuat,jd gak gampang turun mesin

    • sama satu lagi kalo vario 125 minum premium kayaknya ga masalah karena dah dicoba oleh om tmcblog.com saat uji konsumsi bbm non eco riding dengan premium dapat 53 km/liter, dan blogger2 yg riding make vario 125 banyak yg make bensin premium juga…

  5. soul gt 125 blue core buat y suka simple dan irit dikantong,cuma sayang disini di tulis dapat ban tubeless kenyataannya malah dapat ban tube type

  6. soul gt 125 pokoke ok bingits dah, dri pda V 125..yg psti u Yamaha ud pny u maintenance injeksinya, dri pda sebelah..???? msh numpang sma Kompetitor..hahaha…pikir bae” dah sblm beli sayap separo….

  7. perbandingannya kurang pas mas, vario 125 sudah make radiator sedangkan soul gt 125 masih pendingin udara..

    terlepas dari itu kalau soal perbandingan suspensi, ukuran bagasi, riding position dan akselerasi halus nggaknya gmn mas?

    yg agak aneh kelebihan bagi yg suka ngisi full tank jadi lebih irit padahal konsumsi rata-ratanya lebih boros.. 😀

    • Yg jelas honda lebih bagus kuat tahan lama buktinya vario cw 98 gw msh kliatan gress sama xeon py tetangga yg lbh tahum muda..terus soal lari kenceng ampe saya pernah adu dgn mio yg jelas uda korekan abis kalah ampe dia emosi padahal motor saya standar ting ting cm ganti knalpot racing aj..

    • vario cm menang radiator doank…hahaha..liat aja kolongny gak rapi gtu…kljhtn selang sm mesinnya…gk dksh penutup..mles bgt AHM produksiny..gak rapi.. gk kyk dlu jaman beat 2008-2012..msh rapi2 motorny

  8. All new soul gt desain joknya tidak menyatu dengan body, coba amati yang paling parah jok bagian depan untuk rider terlalu melebar sehingga disisi kanan maupun kiri ada celah lima jari antara jok dengan body.

  9. Jangan beli Soul GT, gw nyesel dipilihin motor tsb sama kakak gw..
    Udah borosnya minta ampun, larinya masih kencengan Honda Beat punya keponakan gw yang SMP..
    Bicara irit bensin juga iritan Honda Beat, Ceban bisa dua hari kalo Soul GT sehari udah abis..
    Udah gitu Plat Nomornya keluar lebih dari dua minggu, was-was juga dijalan pake plat nomer palsu lama – kelama’an..

  10. saya pengguna honda udh cukup lama sejak 1994 an. soal keiritan saya udh percaya honda. kalo soal kencang, saya bkn pengendara yg suka kecepatan, jd g masalah seberapa kencang motornya.
    cuma belakangan ini saya agak kecewa melihat desain motor honda yg menurut saya pribadi agak ketinggalan dibandingkan kompetitor lain terutama yamaha. contohnya yg terbaru vario. knp yg 150 g ada bedanya dngn yg 125? kalo dibandingkan dengan soul gt nya yamaha memurut saya lbh sporty soul gt.

    • Klo menurut sy honda unggul di fitur2 yg canggih dan kenyaman serta keawetan sparepart dan tdk mudah mogok saat banjir dan top speednya tinggi……. klo yamaha mengutamakan akselerasi dan kelincahannya …… menurut sy lebih keren vario designnya sangat futuristik serta bbm yg irit …… sy pernah make mio motor sekecil itu bensinnya cukup boros bila dibanding vario dg cc yg besar….

    • ya benar..desain honda krg keren dan gak rapi skrg…bndingkn aja vario sm beat jaman 2008-2012…lbh rapi..klu skrg beat sm vario asal jdi aja…kolongny kosong lbh terbuka..jd klhtn kabel2 sma mesinnya..norak deh

  11. kalo saya mau bagus honda atau yamaha gak jadi masalah. tapi kalo beli motor pasti yamaha pilihannya. alasannya ? gak tau juga sih. mungkin tradisi keluarga saya yang selalu beli motor dari yamaha. satu lagi, karena di daerah saya masih banyak jalanan yang berbatu dan gak rata, kalo boncengan motor honda suka kejedot. mungkin karena suspensi yang empuk. kalo soal kepuasan, tentu saya belum puas, karena motor idaman saya belum juga kebeli #R6 ha ha

  12. Soul gt eagle eye tiada duanya ,tampilan matic super keen kalau gt blue core body blkg bongsor krg sporty blkgnya. Vario kegendutan body berat lg

  13. setahu ane itu bukan Vario 125 esp dah…, bukannya itu Vario Techno 150.., di check lagi min. masa iya 125 di adu sama 150?

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. honda vario iss 2015 - Harga - Harga
  2. honda vario techno cw 2011 - Harga - Harga
  3. spesifikasi honda vario cw 2011 - Harga - Harga
  4. honda vario vs yamaha nmax - Harga - Harga
  5. honda vario techno 125 cbs iss plus - Harga - Harga

Comments are closed.