Adakah Brand Motor Yang Seperti Ferrari Untuk Mendapatkan Unitnya?

image

Rideralam – Takjub rasanya ketika membaca sebuah berita di Kompas Otomotif tentang Lika-Liku Beli Ferrari. Ferrari, brand supercar dengan harga selangit ternyata punya uang saja tidak cukup untuk langsung membawa pulang unitnya. Masih ada tahapan-tahapan yang harus dialami calon pembeli sebelum unitnya dikirim ke rumah. Ckckckckck… sangat berkelas.

Berikut tahapan atau proses untuk mendapatkan sebuah unit Ferrari:
1. Datangi showroom, bertemu tenaga penjual, dan melakukan pemesanan.
2. Memberi tanda jadi 50.000 dollar AS atau setara Rp 650 juta. Tanda jadi ini hanya untuk ”meletakkan nama” dan nomor antrean.
3. Pembeli ditunggu 1 minggu untuk melakukan personalisasi. Artinya, masih ada waktu untuk konsumen mengubah opsi-opsi yang disepakati sebelumnya. Misalnya, penambahan paket karbon, desain jok, warna jahitan, pelek, dan lainnya.
4. Setelah 1 minggu, pesanan ”di- lock ” dan pabrik di Maranello akan memproduksi Ferrari sesuai pesanan.
5. Tunggu sekitar 4-5 bulan, karena semua pengerjaan dilakukan hand made sesuai personalisasi yang dipesan konsumen dari seluruh dunia.

Nah, sedemikian eksklusifnya sebuah brand hingga tidak cukup uang saja untuk mendapatkannya. Bagaimana si dunia roda dua. Adakah produsen yang menempatkan dirinya seeksklusif Ferrari di atas?

Tidak hanya harga motornya yang mahal, super mahal, namun juga ada proses pemesanan seperti di atas. Misalnya, ada brand motor X membuka pesanan produknya. Lalu calon konsumen mendatangi dealer untuk meminangnya. Dan si calon konsumen punya hak untuk melakukan semacam kustomisasi terhadap motor pesanannya. Sehingga, ketika unit sudah dikirim yang diperoleh adalah motor yang tidak sama dengan motor X lainnya.

Andaikan brand sekelas Honda atau Yamaha atau mungkin yang sulit bersaing melawan para raksasa membuka jalur pembelian motor seperti di atas, mungkin konsumen akan meliriknya. Ada semacam pelayanan produsen terhadap calon konsumen. Atau dengan kata lain, “lo mau motor beda, gw layani yang penting ada dananya. Tentu saja lo kudu sabar untuk mendapatkannya”.

Bagaimana?

[display-posts tag=ragam]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

5 Comments

  1. Untuk type tertentu (yg paling mahal mungkin) ada syarat tambahan yaitu pembeli harus mempunya satu supercar buatan italia di rumah….

    Ribet… Gak jadi beli ah…. 😀

Comments are closed.