Top Speed Kawasaki H2R Capai 357 kpj, Bagaimana Perbandingan Dengan Motor Prototype MotoGP?

image

Rideralam – Motor paling buas dari Kawasaki, Ninja H2R kembali menjadi buah bibir. Kali ini si Supercharger tersebut diujicoba di Sirkuit Losail Qatar. Dan hasilnya, Ninja H2R mampu melesat hingga kecepatan puncak 357 kpj!

Ujicoba dilakukan sebuah media asal Inggris di Losail dan dimuat oleh laman Autoevolution, Senin (9/3). Top speed tersebut diraih pada straight sepanjang 1.068 meter.

image

Hasil pengujian tersebut bahkan mematahkan rekor H2R sebelumnya yang dilakukan oleh pembalap Jeremy Toye pada Oktober 2014 lalu yang “hanya” 337 kpj!

Ninja H2R diciptakan Kawasaki sengaja dengan mencangkokan mesin ganas yang memiliki supercharged. Power dari kombinasi mesin tersebut mencapai 300 ps. H2R dibangun dari rangka teralis yang sangat kuat seiring dengan kebuasan powernya. Alhasil, berkat kebuasannya ini H2R dilarang digunakan di jalan raya alias hanya boleh ngebut di sirkuit balap.

image

Untuk jantung pacunya, Kawasaki H2R mengemas mesin berkapasitas 988 cc, DOHC, 4 tak, 4 silinder dengan cairan pendingin. Sementara pada sektor kaki kaki, motor ini mengaplikasikan ban 120/600 ring 17 di depan dan 190/650 ring 17 di bagian belakang yang menggunakan ban Bridgestone V01 slick.

Lalu, seberapa buas Ninja H2R dibandingkan motor-motor prototype MotoGP? Kebetulan karena sirkuit yang digunakan juga dipakai sebagai rangkaian balap MotoGP. Untuk top speed di Losail dipegang Ducati tahun 2012 atas nama Hector Barbera dengan kecepatan 342,3 kpj.

image

Tidak usah dibahas lebih dalam, ini hanya perbandingan top speed saja. Dan kita semua tahu bahwa untuk menjadi yang tercepat di sebuah balapan seperti MotoGP, top speed hanya salah satu instrumen pendukung kemenangan tapi bukan satu-satunya penentu. Masih ada akselerasi, kerigitan sasis kala melahap tikungan demi tikungan, daya tahan ban, kehebatan piranti rem hingga skill pembalap yang akan mempengaruhi hasil akhir di garis finish.

Pic. MCN

[display-posts tag=kawasaki]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

16 Comments

  1. Sudah dipasang supercharger masih selisih diatas sedikit
    dibanding motor motoGP…kalo motor2 motoGP boleh
    dipasang supercharger…H2R tertinggal lebih jauh 😀

    Dodge Tomahawk bahkan bisa 560 km/jam
    Juga tidak mendapat lisensi jalan raya… CMIIW

  2. jiah jgn dibandingin ama motogp lah tuh motor harganya 500jt diadu ama motor harga miliaran lebih masih worth it menurut ane.
    coba h2r vs panigale vs r1 vs honda rc siapa yg menang yah

  3. sdh test disirkuit losail, klo mmang brasa kencang hayo kawasaki turun ke motogp lg
    tgal pilih mau kategori apa: full factory, factory 2, atau openbike. motor topspeed kenceng susah belok. kecuali balapanya lurus2 aj (drag). hehe

  4. kawak klw d gp mh hampir gk pernh brprestasi, klw mau relevan adunya, motor mass prod yg pke supercharger bawaan pabrik (baru kwak ninja h2r yg pnya),diadu dngn motor lain moge yg dipasang supercharger modif, jdi setara gitu, klw adu dngn moto jipi terlalu jauh klw motojipi pasang supercharger ditinggal jauh ninja h2r sma motor2 motogp

Comments are closed.