Losail Diguyur Hujan, Tes Hari Ketiga Dibatalkan. Ducati Top Form, Aprilia Paling Buruk!

image

Rideralam – Tes pramusim Qatar terpaksa harus diakhiri dengan 2 sesi saja. Sesi ketiga, Senin (16/3) terpaksa dibatalkan oleh pihak penyelenggara akibat cuaca yang tidak bersahabat.

Hujan deras mengguyur Sirkuit Losail. Panitia sebebarnya masih memiliki harapan cuaca akan cerah sebab masih sempat menunda start namun ternyata hujan terus turun dan akhirnya diputuskan sesi ketiga ditiadakan dengan tanpa satupun pembalap sempat turun ke lintasan. Panitia mengatakan kombinasi hujan dan silaunya lintasan akibat sinar lampu yang memantul di trek yang tergenang air akan membahayakan keselamatan pembalap, sehingga keputusan batal harus diambil.

image
Andrea Dovisiozo pecahkan rekor sirkuit

Sementara itu Ducati menjadi pabrikan tercepat sepanjang 2 hari tes. Andrea Iannone dan Andrea Dovisiozo bergantian menjadi yang tercepat di hari pertama dan kedua. Bahkan di hari pertama Duo Andrea tercepat 1-2. Dovisiozo menjadi satu-satunya pembalap yang mencatat waktu di bawah 1 menit 55 detik pada test Qatar ini yaitu 1 menit 54.907 detik dan sukses memecahkan rekor sirkuit atas nama Casey Stoner yang kala itu tahun 2008 mencatat waktu 1 menit 55.153 detik.

image
Andrea Iannone tercepat di hari pertama

Ducati Desmosedici GP15 memang mengalami improve luar biasa. Ubahan motor secara revolusioner dari GP14 ke GP15 disinyalir menjadi kunci. Selain itu status tim yang menjadi Factory with Consession menambah keuntungan, salah satunya akses penggunaan ban lunak yang tidak dimiliki tum full factory.

image
Marc Marquez pisahkan Duo Andrea

Juara bertahan Marc Marquez menjadi pembalap yang mampu memecah dominasi Ducati. Marquez yang finish ketiga di hari pertama berhasil menjadi “pemisah” Duo Andrea di hari ketiga dengan menempati posisi kedua di hari ketiga diapit Dovi dan Iannone di posisi 1 dan 3.

image
Jorge Lorenzo lebih lambat 0.5 detik dari Dovisiozo

Sedangkan Duo Yamaha sepertinya masih harus bekerja lebih keras. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. YZR-M1 tertinggal 0.5 detik di belakang GP15. Lorenzo sempat mengalami improve catatan waktu di dua hari test dan sukses mengakhiri hari kedua dengan lebih cepat 0.3 detik untuk berada di peringkat 4 di depan teammatenya, Rossi.

image
Cal Crutchlow rider satelit tercepat bersama CWM LCR Honda

Cal Crutchlow menjadi pembalap satelit tercepat di Qatar kali ini. Dengan Motor Honda RC213V spek factory, Cal yang luput dari insiden crash di hari minggu berada di posisi 7. Cal hanya terpaut 0.7 detik dari Dovisiozo dan menyatakan sangat senang dengan progress yang dialaminya. Pembalap Inggris yang pernah membesut M1 dan Desmosedici ini di musim 2015 ini bergabung dengan tim CWM LCR Honda.

image
Maverick Vinales mengalami peningkatan di dua hari tes

Suzuki mengalami hasil yang berbeda pada dua pembalapnya. Aleix Espargaro sempat berada di posisi 4 di hari pertama, namun mantan pembalap Forward Racing itu justru menjadi satu dari dua pembalap yang mengalami penurunan performa di hari kedua. Dna terlempar ke posisi 12 di hari Minggu. Sementara itu, rookie Maverick Vinales mengalami perbaikan waktu di hari kedua tes dan hanya selisih 0.009 detik dari Aleix.

image
Karel Abraham pembalap open class tercepat

Pembalap Open Class tercepat adalah Karel Abraham. Pembalap AB Motoracing’s mengakhiri tes di posisi 10 overall dan mengalami improve hampir satu detik pada hari kedua.

image
Marco Melandri selalu jadi juru kunci

Aprilia Racing Team Gresini boleh jadi adalah tim paling buruk di tes pramusim Qatar kali ini. Tim memutuskan menggunakan motor basis versi dari RS-GP Bike. Kedua pembalap Aprilia selalu berada di papan bawah bahkan Marco Melandri selalu mengakhiri sesi tes di peringkat buncit. PR besar dimiliki Aprilia untuk segera improve sebelum “kick off” MotoGP musim ini, Minggu (29/3) di Sirkuit yang sama, Losail Qatar.

image
Day 1: papan atas
image
Day 2: papan atas
image
Day 1: papan tengah
image
Day 2: papan tengah
image
Day 1: papan bawah
image
Day 2: papan bawah

Jadi, akan seperti apa suasana trek Losail di seri pembuka nanti, apakah tes kali ini bisa menggambarkan peta persaingan atau akan muncul kejutan-kejutan seperti yang diharapkan para penggemar jet darat roda dua ini? Kita tunggu saja 9 hari lagi.

[display-posts tag=motogp2015]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements