Penguapan Oli BM1 PC 1300 10w-40 Pada Pemakaian 1.500 Km Di Envilan

image

Rideralam – Akhirnya kemarin siang agak pagi RA sempatkan di sela-sela jam kosong untuk ke bengkel langganan untuk ganti oli Envilan. Masih kepincut performa BM1 PC 1300 10w-40, akhirnya lanjut wis pakai oli itu. Nah, yang menjadi tujuan utama selain ganti oli adalah ingin tahu seberapa banyak penguapan BM1 itu di Envilan setelah pemakaian 1.515 km.

Setelah oli dikeluarkan dari crankcase 1PA, tentu saja tanpa semprot pakai kompresor, RA berpesan kepada teman yang kebetulan mekanik di sana untuk mewadahi kembali sisa oli yang digunakan. Setelah oli dikeluarkan dan ditampung (sayangnya di botol oli 800 ml) hasilnya satu botol itu penuh sampai mulut botol.

Menurut teman, satu botol itu kalau penuh sampai mulut botol sekitar 850-900 ml, sambil dia menunjuk batas kapasitas 800 ml botol tersebut. Okelah, RA percaya aja lah. Artinya, selama pemakaian 1.500an km, penguapan BM1 PC 1300 10w-40 adalah sebanyak kurleb 100 ml. Apakah ini wajar? (Tapi masih ganjel di hati nih soal ukuran botol 800 ml ini)

Jika dibandingkan penguapan Yamalube Supersport setelah 2.500 km yang mencapai 250-300 ml, angka 100 ml termasuk sedikit. Memang tidak bisa dibandingkan Apple to apple sebab jarak tempuh berbeda (2.500 dengan 1.500 km), namun RA merasa penguapan BM1 ini termasuk normal. Dan teman RA pun si mekanik juga mengatakan hal yang sama. Bagaimana menurut brosis?

Selain penguapan, RA juga bisa ambil kesimpulan performa BM1 PC 1300 10w-40 sepanjang 1.500an km di Envilan termasuk prima. Hingga km tersebut belum terlihat penurunan performa oli secara drastis. Tarikan masih yahud dan suara mesin masih normal. RA berkesimpulan sebenarnya BM1 PC 1300 10w-40 masih bisa digunakan hingga 2.000 km. Dan ini yang akan RA lakukan untuk periode pergantian oli yang sekarang (salah satu alasan mengapa menggunakan BM1 PC 1300 10w-40 lagi, untuk membuktikan opini RA).

Bagaimana brosis, ada yang punya pengalaman dengan oli BM1 PC 1300 10w-40 di new vixion kmu?

[display-posts tag=envilan]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

15 Comments

  1. om,tanya kalo mw intip ketinggian oli NVL lewat dipstick yg bener gmana c caranya? waktu mesin dingin ato mesin abiz d panasin. trus pas celup dipstick pake diulir ato cuman celup aja.

  2. mantap banget nih blog! semuanya serba review, bukan teori atau kata orang.
    jd pingin nyoba nih oil, sy pemakai setia shell ax7 di old vixion. keluhannya kl pas jalan macet kipas pasti nyala. trims infonya bro, ditunggu review2 slanjutnya.

  3. kang mau tanya mohon pencerahanya…
    tadi pagi habis ganti oli rutin, bosen pake yamalube kurang enak!
    terus tanya ke mekanik’nya oli yg enak buat vixion katanya BM1!
    nah tapi di kardusnya ada tulisan 15w-50, selama ini pakai yamalube pasti sering lihat 10w-40, nah itu gimana kang, apa diperbolehkan/rekomended atau nggak ya kalau vixion pake oli yang tingkat kekentalanya 15w/50 itu tadi, masih agak mengganjal di hati aja!

    mohon pencerahanya kang!
    kalau bisa balas’nya langsung ke inbok facebook ya kang biar mudah!

  4. Klo pngalaman ane sih, biar gk bxak tekor make sae yg sdkt kental…. pngalaman pke oli motul… klo jarak jauh pake ja sae 20 / 15, klo dkat buat aksel pke yg sae 10. Mnrt ane sih pnguapan d krnakan oli yg encer….hahahhahaa ngawur ya….

  5. Pengalaman Dulu Di motor smash sering bnyak berkurang, kadang beli BM 1 sebanyak 2 dus, 1 dus cadangan utk nambah oli. Biasanya berkurang banyak setelah diatas 800 km. BM 1 memang nyaman, BBM jadi irit, Top speed / akselerasi bagus banget cuma gampang nguap saja.

  6. gan ane kemaren baru pake ali BM1 rasanya motor ane jadi enteng tarikanya,, udah gitu mesin gak cepet panas dan suara mesin jadi lebih alus
    meski harga sedikit mahal tapi ane puas dah make nya
    ane pake motor mx 135 tahun 2010

  7. Oli adalah salah satu komponen motor yang mempunyai peran paling vital ,jika motor tidak ada oli tentunya motor tidak akan bisa lancar digunakan . Tapi ada sebagian orang yang beranggapan bahwa oli hanyalah sebagai pelumas mesin, padahal itu salah tidak sesederhana itu . Oli mempunyai peran sebagai pendingin dari gesekan yang terjadi didalam mesin, dengan adanya oli tentunya mengurangi gesekan yang bisa mempunyai suhu sampai bebeberapa derajat celcius. Oli mesin baik pada motor dan mobil sebagai pelindung dinding celah antara komponen satu dengan yang lain untuk merudiksi gesekan yang tercipta antar komponen di dalam mesin.

    Salah satu faktor terjadinya penguapan oli pada mesin :
    Sil Klep atau katup Bocor, Kebocoran Mesin akibat packingnya, Ring Seher /Boring Aus / Ring Piston aus /lengket, dan penggunaan spek oli yang kurang tepat (Kekentalan / SAE).

    Mungkin informasi di atas dapat bermanfaat untuk semua.
    Jika ada ada tanya jawab seputar mesin atau oli bisa langsung di fanpage BM1 : https://www.facebook.com/BM1-Oil-143329332381147/

    Terima kasih, selamat beraktivitas kembali.

Comments are closed.