Pintarnya Suzuki India Memanfaatkan Momen Comeback Suzuki Ke MotoGP, Suzuki Indonesia Harusnya Pintar Juga Nih…

ktm indonesia

image
Suzuki Ecstar MotoGP seharusnya menjadi katalisator bagi Suzuki Indonesia

Rideralam – Tahun ini Suzuki memutuskan untuk kembali masuk balap elit kelas dunia, MotoGP. Setelah absen sejak 2011, Suzuki comeback dengan menggandeng dua pembalap muda Aleix Espargaro dan Maverick Vinales plus manajer brilian Davide Brivio. Momen ini nampaknya dimanfaatkan betul oleh Suzuki India untuk menggebrak pasar motor di dalam negerinya dengan merilis sportbike Gixxer SF berlivery MotoGP.

Suzuki India pintar memanfaatkan momen gabungnya Suzuki ke MotoGP dengan menyisipkan satu varian Gixxer SF berwarna biru triton, warna khas Suzuki Ecstar di MotoGP. Langkah Suzuki India ini sangat wajar sama halnya kala Honda merilis CBR150R Repsol Edition atau Yamaha dengan R15 Movistar. Sebuah strategi untuk menarik perhatian calon konsumen sport yang menginginkan motor tunggangan bernuansa MotoGP, walaupun hanya livery.

image
Suzuki India pintar memanfaatkan momen dengan Gixxer SF livery MotoGP

Suzuki India mampu membaca peluang dibalik hadirnya Suzuki Ecstar di MotoGP. Mereka segera merilis sportbike 150 cc yang memang termasuk kelas seksi. Dan, seharusnya Suzuki Indonesia juga memanfaatkan momen ini dengan segera merilis sportbike fullfairing untuk pasar lokal, bukan malah ngubek-ngubek Satria FU, yang pasarnya makin turun, dengan rencana menelurkan baby Satria FU

image
Sampai ngemis-ngemis gitu masih juga dicuekin, kebacot tenan SIS ki

Suzuki lovers di tanah air bahkan sampai harus “mengemis” ke Suzuki Indomobile Sales (SIS) agar mereka diberi pilihan sebuah sportbike yang bisa dibuat untuk “melawan” arus bernama R15 dan CBR150R dalam bentuk banner protes. Bahkan, selain momen MotoGP, sebenarnya Suzuki Indonesia punya momen pendukung yang pas untuk segera meluncurkan sportbike yakni Suzuki Indonesia Challenge (SIC) dan disambung dengan balapan sejenis di level Asia.

image
Rafid Topan menjadi tandem Noriyuki Haga di Kagayama Suzuki Team ajang ARRC Supersport 600

Kurang apalagi coba jika berbicara sebuah momen bagi Suzuki Indonesia. Ada MotoGP, ada SIC, ada ARRC yang bernuansa balap dan semuanya Suzuki ikut berpartisipasi, pas dengan timing peluncuran sebuah produk motorsport. Namun, apa yang terjadi? Hingga tulisan ini dipublish bahkan mungkin hingga nanti pembaca lupa kalau ada tulisan ini, Suzuki Indonesia hanya diam. Rumor yang berkembang mereka malah tengah menyiapkan baby Satria FU, padahal segmen bebek sedang lesu, bahkan pasar FU sebagai andalan mereka hingga saat ini juga sedang mengalani tren penurunan. Lha koq malah bikin versi downgrade dari FU. Aneh…

image
Surat edaran dokumen baby satria (pic. iwanbanaran)

Sepertinya Suzuki Indonesia memang tengah mati suri. Dibilang mati total mereka masih jualan FU dan Address yang sempat digadang-gadang bakal sukses namun nyatanya ikut tenggelam beritanya, dibilang produsen malah sering mengecewakan pecintanya. Sebenarnya kalau memang tidak mau “repot”, tinggal datangi saja Gixxer SF ke Indonesia. Jika beranggapan Gixxer SF punya spek di bawah R15 dan CBR150R, mainkan pricing strategy, jual saja seharga Verza di awal launching (17-18 juta), walaupun mungkin tidak akan booming tapi setidaknya mereka punya produk sport yang benar-benar sport, bukan sport rasa bebek yang walaupun kentjang tetap saja bebek.

image
Suzuki FXR150 salah satu cermin kejayaan Suzuki di era 90-an

Sekarang pilihan ada di tangan Suzuki Indonesia, mau terus membiarkan pecintanya semakin kecewa dan berpaling ke produk lain (kalau ini memang telah dilakukan) atau kembali bangkit menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi seperti yang pernah mereka sajikan di tahun 90-an dulu dan merebut kembali rasa cinta para penggemar produknya. Beremma? Kumaha? Pripun? Bagaimana?

image
Masa mau jualan ini terus

[display-posts tag=suzuki]

Contact Me On:

e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
pin: 7FAF5E87
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

6 Comments

  1. Suzuki indonesia itu autis.. :v cuma bisa diam gak bsa respon keinginan suzuki lovers.. Kutak kutik keinginan sendiri..

Comments are closed.