Jelang MotoGP Sachsenring 2015: Modal Honda Bantai Yamaha, It’s Counter Attack Time!

ktm indonesia

image
Lay Out Sachsenring, Jerman. Anticlockwise!

Rideralam – MotoGP seri kesembilan akan dilangsungkan akhir pekan ini, 10-12 Juli 2015 di sirkuit Sachsenring, Jerman. Hingga seri kedelapan Assen kemarin, catatan skor untuk Yamaha dan Honda adalah 7-1. 7 kemenangan Yamaha (3 Rossi, 4 Lorenzo) berbanding 1 kemenangan Honda atas nama Marquez di Austin, Texas. Sachsenring merupakan kesempatan emas Honda untuk melancarkan serangan balik, counter attack atas dominasi penguasaan kemenangan atas Yamaha.

Ada banyak alasan mengapa seri kesembilan ini adalah waktunya Honda kembali meraih kemenangan. Alasan pertama adalah soal karakter sirkuit yang stop and go dengan jarak antar tikungan yang pendek. Total ada 13 tikungan dengan karakter anticlockwise alias melawan arah jarum jam (3 ke kanan 10 ke kiri). Jarak antar tikungan yang pendek ditambah sambung menyambung juga membutuhkan body work yang lincah. Artinya setiap berbelok badan harus ikut geser. Nah, karakter tikungan seperti inilah yang menyiksa tenaga mesin karena tuntutan deselerasi dan akselerasi deras yang kontinyu. Honda terbukti mumpuni dengan karakter sirkuit begini.

image
Dani Pedrosa 4 kali menang di Sachsenring

Faktor kedua adalah soal pembalap. Baik Marc Marquez maupun Dani Pedrosa boleh dibilang adalah raja sirkuit ini. Marquez adalah pemenang dua edisi terakhir, sedangkan Pedrosa justru sudah 4 kali menang di sini, 3 diantaranya berurutan sejak 2010. Artinya 5 musin terakhir Sachsenring dikuasai Honda! Bandingkan dengan pembalap Yamaha, Lorenzo 0 kemenangan dan Rossi yang lumayan dengan 4 kemenangan. Namun, kemenangan Rossi terakhir di sini adalah tahun 2009 alias 6 tahun lalu.

image
Marc Marquez dua musim terakhir rajai Sachsenring

Bicara soal Marquez di Sachsenring bahkan sebelum memenangi dua edisi terakhir di kelas MotoGP, Marquez juga sudah mengantongi 3 kemenangan di Sachsenring saat masih di GP125 (2010) dan Moto2 (2011 & 2012). Artinya Marquez sudah 5 tahun terakhir selalu juara di sirkuit yang punya straight hanya 700 m ini.

Namun, bukan berarti Sachsenring musim ini akan kembali mudah ditaklukkan pembalap-pembalap Honda. Yamaha juga punya modal cukup kuat menghadapi Sachsenring 2015. Selain faktor Rossi seperti disebutkan di atas dengan 4 kemenangan plus performa terkini yang tengah on fire dengan menguasai klasemen pembalap, juga ada faktor lain pada teknologi M1.

image
Yamaha YZR-M1 2015 full seamless gearbox

Yup, walaupun belum teruji di sirkuit ini, sebab baru dipasang musim ini secara full, Yamaha M1 sudah punya bekal bernama Full Seamless Gearbox (SSG). Musim lalu faktor kelemahan saat mesin deselerasi (SSG nya baru untuk akselerasi) M1 sangat tampak dibanding RC213V yang sudah mengaplikasikan full ssg. Musim ini bolehlah Yamaha pede dengan full ssg di M1. Jadi, untuk menghadapi sirkuit dengan tingkat akselerasi dan deselerasi tinggi macam Sachsenring ini bolehlah berharap banyak. Namun, sekali lagi full ssg M1 belum teruji di Sachsenring, jadi nanti saat race hasilnya bisa beragam.

image
Jorge Lorenzo kejar kemenangan pertama di Sachsenring

Kita sih berharap duel Honda vs Yamaha di Sachsenring nanti akan kembali seru dan epic. Berharap pula keempat pembalap utamanya fit 100% dan dalam kondisi siap tempur. Berharap juga ssg M1 langsung tune in dengan lintasan sehingga bisa meladeni dominasi Honda. Ujung-ujungnya akan banyak terjadi aksi overtaking di tikungan, seru nih kalau ini beneran terjadi. Coba bayangkan 2 RC213V plus 2 M1 meliuk-liuk dengan indah melibas tikungan demi tikungan di jarak yang sangat rapat. Awesome bukan?

image
Duel Rossi vs Marquez di Assen 2015

Berharapnya sih gitu, tapi andaikan tidak keempat-empatnya, minimal Rossi vs Marquez dah. Biarkan Lorenzo dan Pedrosa menemukan dunianya sendiri hehehehe

Daftar Pemenang MotoGP seri Sachsenring 10 Tahun terakhir:
2002: Valentino Rossi
2003: Sete Gibernau
2004: Max Biaggi
2005: Valentino Rossi
2006: Valentino Rossi
2007: Dani Pedrosa
2008: Casey Stoner
2009: Valentino Rossi
2010: Dani Pedrosa
2011: Dani Pedrosa
2012: Dani Pedrosa
2013: Marc Marquez
2014: Marc Marquez
2015: ???

[display-posts tag=motogp2015]

Contact me on:

email – karis.nsz@gmail.com
twitter – @karismapr
facebook – karis mauyy
instagram – @karismapr
blog – rideralam.com || sportupdate5.com

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.