Sebentar Lagi, Perpanjang SIM Bisa Melalui Online

image
Sebentar Lagi, Perpanjang SIM Bisa Melalui Online

Sebentar Lagi, Perpanjang SIM Bisa Melalui Online. Terobosan besar diluncurkan oleh Kepolisian Republik Indonesia yaitu dengan membuka pelayanan publik terbaru Perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) via online! Artinya, untuk memperpanjang masa berlaku SIM tidak perlu harus ke tempat pembuatan SIM, cukup di daerah dimana brosis sedang berada saat itu.

Yup, mulai 27 September 2015 nanti perpanjang SIM bisa melalui online. Seseorang bisa memperpanjang SIM di Seksi Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM seluruh Indonesia atau tak perlu kembali ke lokasi tempat membuat SIM.

“Jadi apabila sedang di luar kota dan SIM-nya habis, ya tinggal datang saja ke Satpas SIM di kota ia berada,” ucap Juru Bicara Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Ipung Purnomo yang menjabat Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya.

Syaratnya juga sangat mudah. Brosis tinggal membawa SIM asli yang akan diperpanjang plus KTP yang sudah ber NIK E KTP. Jika sudah lengkap, monggo datang Satpas SIM atau bahkan di tempat-tempat perpanjang SIM keliling juga bisa.

Lalu, bagaimana jika ternyata SIM yang akan diperpanjang sudah keburu habis masa berlakunya sebelum diperpanjang? Masih bisa koq dengan syarat habis berlakunya baru sekitar 1-2 hari.

“Namun kalau SIM-nya sudah habis tidak bisa lagi. Harus masih berlaku. Kecuali kalau baru 1 atau 2 hari habis masih bolehlah. Tetapi kalau sudah sampai 3 bulan tak berlakunya ya tak bisa perpanjangan online ,” beber Ipung.

Oh iya, peluncuran resmi layanan Perpanjang SIM Online ini akan dilakukan pada Minggu (27/9) saat car free day di Sudirman – Thamrin, Jakarta.

Boleh juga nih langkah Polri dalam usaha meningkatkan kualitas pelayanan. Apakah ini respon dari gugatan sekelompok masyarakat terhadap Kepolisian Republik Indonesia soal penerbitan SIM, STNK dan BPKB? Entahlah, namun yang jelas di jaman yang sudah semakin canggih dan massive perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sekarang ini, serta semakin mobile-nya orang-orang, maka fasilitas memanfaatkan akses internet untuk pelayanan publik memang sudah sewajarnya dilakukan. Biar gaul gitu hehehehe….

Perpanjang SIM Melalui Online? memang sudah seharusnya.

Sumber: Kompas Online

Advertisements

4 Comments

Comments are closed.