Pastikan Comeback Ke World Superbike, Inilah Line Up Tim WSBK Yamaha 2016

image

Yamaha Racing telah memastikan line up timnya di gelaran World Superbike (WSBK) musim 2016. Yup, seperti yang sudah dikabarkan beberapa waktu lalu bahwa Yamaha akan melakukan comeback ke WSBK tahun 2016 pasca riset New YZF-R1 yang menggandeng legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi serta lolosnya New Yamaha R1 dalam homologasi untuk WSBK 2016. Dan, dikutip dari laman asphaltandrubber, Yamaha telah memiliki line up komplit menghadapi WSBK tahun depan.

Dua pembalap yang akan menggeber New YZF-R1 adalah Sylvain Guintoli dan Alex Lowes. Dua nama yang memiliki portofolio balap oke. Guintoli adalah pembalap senior berusia 33 tahun eks juara dunia WSBK tahun 2014 sedangkan Lowes (25 tahun) adalah juara dunia British Superbike tahun 2013. Guintoli dari Prancis dan Lowes dari Inggris. Kedua pembalap akan disupport oleh partner Yamaha Racing yakni perusahaan workshop racing asal Inggris, Crescent Racing yang punya pengalaman 20 tahun di dunia balap. Sedangkan yang akan mensponsori adalah eks sponsor Honda di WSBK, PATA.

Jika Yamaha MotoGP di bawah kendali langsung Yamaha Jepang, maka Yamaha WSBK penanggung jawab untuk strategi balap dan technical development-nya adalah Yamaha Motor Eropa.

“Ini adalah momen paling menyenangkan setelah memutuskan kembali ke level tertinggi kompetisi world superbike tahun depan setelah absen selama 4 tahun,” ujar Eric De Seynes selaku Chief Operating Yamaha Motor Europe.

Seperti halnya standar kerja bule-bule, keputusan Yamaha untuk comeback ke WSBK 2016 tidak dilakukan secara spontan atau sekonyong-konyong. Semua sudah direncanakan dengan matang termasuk dalam mempersiapkan New Yamaha R1. Bukan hanya menunggu WSBK dimulai untuk mempersiapkan New Yamaha R1 saja, namun New R1 sudah melalui “tahapan uji coba” di banyak kompetisi sebelumnya. Sebut saja British Superbike Championship, FIM CEV Repsol International Championship, Road America AMA Championship dan tentu saja paling sensasional adalah di Suzuka 8 Hours Endurance yang berhasil dimenangi melalui trio Bradley Smith, Pol Espargaro dan Katsuyuki Nakasuga.

Intinya, Yamaha sudah punya bekal cukup baik untuk mengarungi ajang balap motor produksi massal, World Superbike musim 2016. Pembalap bertalenta, partner balap berpengalaman, sponsor kuat, penanggung jawab kompeten serta persiapan motor yang matang. Tinggal kita lihat nanti saat musim berjalan, apakah semua persiapan itu akan langsung menghasilkan prestasi tertinggi atau masih harus beradaptasi lebih lama lagi sebelum “meledak”?

Yang jelas gelaran WSBK 2016 akan semakin komplit diikuti tim-tim pabrikan besar. Kawasaki sang juara bertahan, Honda, Aprilia, Ducati, MV Agusta, Suzuki dan kini Yamaha kembali bergabung. Brosis mau menyaksikan balap motor produksi massal? Ya WSBK tempatnya, lebih mendekati sebagai motor harian dengan part racing di dalamnya.

Sylvain Guintoli
Lahir 24 Juli 1982
Usia 33 tahun
Kebangsaan Prancis
Tim saat ini PATA Honda World Superbike

Prestasi WSBK:
45 kali podium
10 kemenangan
1 kali juara dunia (2014)

Alex Lowes
Lahir Inggris 14 September 1990
Usia 25 tahun
Kebangsaan Inggris
Tim saat ini Suzuki Crescent Racing Superbike

Prestasi BSB:
20 podium
8 kemenangan
6 pole position
1 kali juara British Superbike Championship (2013)

Advertisements

1 Comment

  1. Sylvain Guintoli pernah membalap di motoGP bersama Makoto Tamada di Yamaha Tech3 musim 2007. Sayang karena motor satelit serta ban Dunlop kurang mumpuni, doi kurang bersinar.

    Dengan paket motor baru semoga Tahun depan Guintoli bisa juara dunia WSBK

Comments are closed.