Selain Valentino Rossi, Ini Dia Pembalap MotoGP Paling Konsisten Musim Ini!

ktm indonesia
image
Valentino Rossi pembalap paling konsisten musim ini

Hingga seri ke-14 Aragon kemarin, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo terus bersaing memperebutkan titel juara dunia musim ini. Rossi telah meraih 4 kali kemenangan, sedangkan Lorenzo dengan kemenangan di Aragon telah 6 kali meraih podium tertinggi. Raihan poin keduanya terpaut hanya 14 poin di 4 seri tersisa. Namun, tahukah brosis bahwa selain unggul poin, Rossi juga lebih konsisten dari Lorenzo untuk urusan start hingga finish? Tahukah bahwa selain Rossi, ada dua pembalap lain yang juga mengungguli Lorenzo untuk urusan konsistensi meraih poin?

Sebenarnya hingga jelang race Misano lalu, Jorge Lorenzo termasuk pembalap konsisten dengan selalu meraih poin di tiap seri. Namun, kita semua tahu bahwa di race yang basah itu Lorenzo akhirnya mengalami crash dan tidak mampu meraih poin. Lalu, di Aragon ada satu lagi pembalap yang akhirnya untuk pertama kalinya musim ini gagal meraih poin yaitu Danilo Petrucci.

Sehingga saat ini tinggal 3 pembalap yang konsisten selalu meraih poin hingga seri Aragon kemarin. Selain Valentino Rossi yang sudah disebutkan di atas, dua nama lain adalah pembalap Ducati Andrea Iannone dan pembalap Yamaha Tech 3 Bradley Smith. Perhatikan grafis di bawah….

Konsistensi pembalap

Pembalap paling kosisnten dengan nilai paling bagus jelas the doctor. Yang cukup mengejutkan adalah konsistensi seorang Iannone. Padahal ini adalah musim debutnya bersama tim pabrikan. Untuk Bradley Smith inilah musim terbaiknya di kelas premier. Di tahun keduanya bersama Tech 3, Smith mampu tampil lebih konsisten dari rekan setimnya Pol Espargaro.

Konsistensi meraih poin tiada henti merupakan sebuah prestasi luar biasa di tengah ketatnya kompetisi antar pembalap dan antar motor yang semakin dinamis. Untuk menjadi pembalap cepat mungkin semua pembalap bisa melakukan, semua motor bisa melakukan, namun untuk terus mendapatkan hasil baik tidak cukup hanya faktor cepat saja, ada faktor-faktor lain seperti settingan motor, ban, skill pembalap, mental pembalap hingga faktor luck atau keberuntungan.

Siapa yang menyangsikan kecepatan seorang Marc Marquez di atas RC213V, siapapula yang menyangka pembalap sekaliber Jorge Lorenzo dan paket M1-nya bisa jatuh di lintasan Misano. Namun, seorang Marquez bahkan sudah 5 kali nir poin akibat jatuh di 5 sirkuit. Kecepatan itu penting namun konsisten jauh lebih berguna. Apalagi kalau kecepatan bergabung dengan konsistensi ditambah faktor keberuntungan, hasil akhir akan jadi jaminan sukses. Untuk saat ini Valentino Rossi punya ketiga faktor itu. Kita tunggu 4 seri ke depan, siapa pembalap yang akan tetap konsisten.

Advertisements

Comments are closed.