5 Kesalahan Marquez, Ancam Mahkota Juara Musim 2015!

MotoGP musim ini boleh jadi merupakan musim paling menyebalkan bagi juara bertahan Marc Marquez. Hingga menyisakan 4 seri penutup musim, Marquez tercatat telah 5 kali melakukan kesalahan hingga berakibat jatuh dan tanpa poin. Kondisi yang menyebabkan dirinya nyaris kehilangan gelarnya tahun ini. Memang, secara matematika peluang untuk mempertahankan titelnya masih terbuka, tapi melihat performa kompetitor yang stabil rasa-rasanya sudah waktunya si baby alien harus sudah melupakan musim ini dan fokus ke tahun depan.

Marjin poinnya saat ini adalah 79 dengan pimpinan klasemen Valentino Rossi. Padahal jumlah kemenangan seri yang diraihnya sama dengan Rossi yakni 4 kemenangan. Namun, konsistensi meraih poinlah yang membedakan. Marquez telah 5 kali gagal dulang poin, Rossi hanya sekali gagal podium (peringkat 5).

Aragon akhir pekan lalu menjadi kesalahan kelima Marquez musim ini dan sekaligus memutuskan nasib Honda untuk gagal mempertahankan gelar konstruktor yang telah diraih sejak 2010. Marquez mengalami crash di tikungan ke-12 saat baru melakoni 2 lap. Dalam interviewnya pasca jatuh, Marquez mengakui bahwa semua itu adalah murni kesalahannya.

Kita lihat daftar kesalahan Marquez di musim ini yuk…

1. Jatuh di lap ke-24 di Argentina

image

Memasuki seri ketiga di sirkuit termas de rio hondo, Marquez sempat duel dengan Rossi untuk merebut kemenangan. Namun, di lap ke-24 Marquez harus mengubur keinginannya juara setelah terjatuh dan gagal meraih poin.

2. Jatuh di lap ke-17 di Mugello

image

Di seri keenam yang dilangsungkan di sirkuit legendaris Mugello, Marquez kembali melakukan kesalahan. Marquez gagal menguasai motornya ketika melakukan pengereman dan akibatnya fatal, Marquez crash dan mengakhiri balapan dengan tanpa poin.

3. Jatuh di lap pertama di Catalunya

image

Seri ketujuh dilangsungkan di hadapan pendukungnya, Catalunya Spanyol. Supporter Marquez berharap kebangkitan sang idola setelah seri sebelumnya terjatuh di Mugello. Namun, harapan fansnya itu gagal terkabul. Penampilan Marquez sangat mengecewakan. Saat balapan baru memasuki lap pertama, Marquez langsung terhempas dari motornya. Tim Repsol Honda memberi isyarat bahwa pembalap tidak dapat melanjutkan sisa balapan.

4. Terlempar dari motornya di lap ke-13 di Silverstone

image

Jelang akhir paruh musim dan memasuki paruh musim kedua, penampilan Marquez sangat menjanjikan. Pasca jatuh di Catalunya, Marquez langsung merebut 2 kemenangan dan 2 runner up. Dengan modal tersebut plus penampilan impresif hingga sesi kualifikasi di Silverstone, Marquez seolah-olah telah kembali ke penampilan terbaiknya seperti tahun lalu. Namun, akhirnya lintasan yang hujan di saat race membuyarkan semuanya. Marquez kembali mengalami crash dan terlempar dari motornya di lap ke-13. Selisih poinnya melebar menjadi 77 dengan Rossi.

5. Jumpalitan di lap kedua di Aragon

image

Sempat menang di Misano di tengah kondisi balapan yang crowded, Marquez kembali melakukan kesalahan di Aragon. Memaksakan diri mengejar Lorenzo, Marquez justru harus melakukan kesalahan pengereman di tikungan ke-12 lap kedua. Alhasil, Marquez akhirnya harus jumpalitan dari RC213V-nya dan harus mengakhiri balapan lebih dini.

Saat ini Marc Marquez berada di posisi 3 klasemen dengan 184 poin, tertinggal 79 poin dari Valentino Rossi dan 65 poin dari Jorge Lorenzo di posisi kedua. Peluang mempertahankan titel masih ada namun sangat tipis, justru saat ini Marquez tengah diburu oleh salah satu pembalap paling konsisten musim ini dalam urusan meraup poin, Andrea Iannone yang mengintip di posisi keempat hanya dengan gap 12 poin.

Apakah 5 kesalahan Marquez musim ini akan bertambah di 4 seri tersisa? Sepertinya sudah saatnya Marquez dan kru mengalihkan fokus ke musim depan.

Advertisements

7 Comments

Comments are closed.