Sate Urap Argopuro Situbondo, Buat Yang Bosan Dengan Sate Ayam Biasa!

ktm indonesia

Sate urap 3

Tidak usah heran dulu untuk istilah sate urap. Sate koq Urap (sayur)? Eits… Sate urap di sini memang bukan berbahan dasar sayuran atau urap seperti yang biasa kita ketahui. Namun, sate urap punya bahan dasar daging ayam, layaknya sate ayam biasa. Bedanya, sate urap memiliki tambahan parutan kelapa muda yang dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu kemudian dicampurkan bersama daging ayam. Campuran daging ayam dan parutan kelapa kemudian ditusuk menggunakan lidi atau bambu kecil seperti layaknya sate ayam biasa. Setelah itu dibakar seperti biasa di bara api dari arang.

Nah, di Situbondo ada satu tempat penjual sate urap letaknya di Jalan Argopuro, dengar-dengar sih cabang dari Sate Urap Prajekan. Kalau brosis dari arah Bali menuju Surabaya, letak sate urap Situbondo berada di sebelah kanan jalan selepas lampu merah. Tendanya berwarna hijau terang dengan tulisan Sate Argopuro (Sate Orap dan Sate Ayam). Bagaimana rasanya?

Sate Urap

Yang jelas rasa daging ayam khas sate ayam masih terasa, namun dengan tambahan parutan kelapa muda campur aneka bumbu, rasa sate urap lebih gurih. Aroma daging ayam bercampur aroma parutan kelapa dan aroma arang. Apalagi dengan bumbu sate yang manis gurih menambah nikmatnya sate urap. Terbayang rasanya? Kalau belum, silahkan menuju lokasi.

Oh iya, untuk harga seporsi 10 tusuk sate urap cukup 15 ribu Rupiah saja. Mahal? Jika dibandingkan sate ayam madura kebanyakan memang terlihat mahal (sate ayam madura seporsi 5 ribu Rupiah dengan ukuran daging ayamnya kecil sehingga sering disebut sate lalat mengacu pada ukuran daging ayamnya yang sekecil lalat :D), namun sate urap ini ukuran dagingnya bisa 4 kali liat sate lalat tadi. Plus parutan kelapa muda ditambah jumlah penjualnya yang sangat minim, harga 15 ribu masih normal koq. Buka mulai jelang maghrib sampai malam (jam 10 malam pernah lewat sudah tutup)

Sate urap 2

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Kuliner Situbondo: Makanan Khas Dari Asembagus, Nase’ Sodu Buat Sarapan Mengenyangkan! | rideralam.com

Comments are closed.