Efek Perjalanan Jauh, Rasa Kantuk Gak Hilang-Hilang Blogpun Terbengkalai

image
ProCommit V5.0 ITS SURABAYA

Efek perjalanan sehari semalam di atas mobil memang luar biasa. Pulang-pulang bawaannya ngantuk mulu. Alhasil, blog terbengkalai. Mau update artikel, keburu merem. Mau blogwalking baru satu blog sudah “tewas”. Alhasil, hari ini hingga jam segini belum sebiji artikelpun dipublish di blog ini. Mohon maaf kepada silent rider atau komentator blog ini, hari ini belum bisa menyajikan kabar di luar sana. Mudah-mudahan besok sudah bisa normal lagi.

Entah apakah hanya RA yang merasakan, setiap naik mobil baik itu mobil pribadi maupun sewaan semisal elf yang membutuhkan perjalanan minimal 6 jam dari tengah malam hingga pagi dan dari sore hingga tengah malam, kondisi badan mesti legrek. Capai banget padahal di mobil audah diusahakan tidur. Tapi, tetap saja rasa kantuk usai perjalanan makin menjadi. Dan RA akan butuh 1-2 hari untuk “mengganti” tidur tidak sempurna di atas mobil tadi. Maklum, bukan tipe orang yang bisa tidur 12 jam non stop. Kayak teman kuliah dulu, setiap begadang keesokan harinya mesti bisa “balas dendam” tidur dari pagi hingga jelang maghrib non stop. Gila bukan? RA gak bisa bro, paling tidur 2-3 jam lalu bangun, aktivitas, tidur lagi.

Ceritanya itu kemarin Jumat malam (20/11) sekitar jam 11 rombongan dari sekolah berangkat ke Surabaya guna mengikuti lomba ProCommit V5.0 yang diadakan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Kebetulan, ada 4 lomba yang diikuti siswa-siswi RA yakni Media Pembelajaran Flash, Desain Poster, Film Pendek dan Robot Cerdas. Total 23 siswa yang berangkat plus 7 guru pendamping serta 2 sopir elf. Perjalanan ditempuh sekitar lima setengah jam. Jam 4.30 wib sampai di ITS dan segera rehat di Masjid Manarul Ilmi komplek ITS. Masjidnya besar dan tamannya keren.

Jalannya lomba bersamaan mulai pukul 09.00 sampai sekitar jam 13.00. Setelah seleksi awal, alhamdulillah asa dua tim yang lolos final yakni film pendek “Arus Waktu” dan Media Pembelajaran Flash. Diadu kembali di babak akhir, alhamdulillah ada 4 piala yang bisa Kami bawa pulang untuk dilapirkan ke lembaga. Juara 2 Film Pendek dan Best Picture untuk film “Arus Waktu” dan Juara Harapan 2 dan Best Sound untuk Media Pembelajaran. Bangga dengan perjuangan mereka, usaha dan kerja keras selama 1 bulan ke belakang tidak sia-sia.

Pulang dari ITS sekitar pukul 18.00 dan sudah dalam kondisi lelah. Mobil berangkat, kamipun sudah “sampai duluan” ke Jakarta (ungkapan untuk yang tidur). Perjalanan pulang terasa sebentar sebab nyaris selama perjalanan selalu tertidur. Bahkan saat berhenti untuk makan malampun kami harus dibangunkan. Akhirnya sampai di Situbondo sekitar pukul 12.30 tengah malam. Tidak sempat bongkar barang di tas, sampai rumah langsung mandi dan tiduurr…

Bangun keesokan harinya pukul 05.00 wib, badan masih lelah dan paling tidak bisa ditipu mata masih ngantuk. Dan benar saja, sepanjang hari Minggu RA tidur 3 jam di pagi hari, bangun siang hari, makan, sholat daaan… tidur lagi sampai sore. Luar biasa efek ngantuk dari perjalanan ya… bahkan sampai malam ini ngantukpun belum benar-benar pergi. Mata gampang terpejam ketika badan rebahan. Kayak dihipnotis saja ya…

Alhasil, blog terbengkalai seharian ini… dan inilah tulisan ringan yang bisa dihasilkan hari ini disela-sela rasa kantuk dan malas yang terus menyerang.

Advertisements