Wow… Motor Massal Samai Laptime MotoGP

image
Kawasaki ZX-10R samai laptime Honda RC213V

Hasil uji coba MotoGP Jerez, Spanyol kemarin Jumat (27/11) menghasilkan sebuah fakta cukup mengejutkan. Laptime motor-motor MotoGP beda tipis dengan motor Superbike. Motor prototype yang khusus diciptakan hanya untuk balapan nyaris disamai motor pabrikan yang notabene motor massal alias motor harian.

Sebagai contoh, laptime Marquez 1 menit 39,57 detik. Bandingkan dengan motor Kawasaki ZX-10R yang dikendarai Tom Sykes dengan 1 menit 40,316 detik atau rekan setim Sykes juara dunia WSBK 2015 Jonathan Rea yang di angka 1 menit 40,326 detik. Bahkan dengan laptime Dani Pedrosa yang 1 menit 40,10 detik, beegghh… tipiiss… Selisihnya tidak sampai 1 detik bro.

Capaian motor-motor WSBK yang sangat kencang mengagetkan Marquez. “Pembalap Superbike sangat cepat. Terkejut sebab hanya berbeda kurang dari 2 detik. Mereka menikung cukup cepat”.

Dan ternyata tidak 2 detik, bahkan jarak antara motor massal dan prototype hanya kurang dari 1 detik. Memang, Kawasaki ZX-10R tunggangan Sykes dan Rea telah mengalami modufikasi di sisi mesin oleh tim Kawasaki Racing, namun tetap saja capaian ini sangat luar biasa mengingat yang dibandingkan adalah motor khusus balapan.

Kalau sudah begini, TV nasional harus mulai mempertimbangkan untuk menyiarkan kompetisi WSBK nih sebagai tontonan alternatif MotoGP. Rasa-rasanya peminat WSBK juga banyak dan makin tumbuh jika mereka bisa menyaksikan rutin balapan WSBK. Setuju gak?

Advertisements

4 Comments

Comments are closed.