Semua Tim Lakukan Tes Privat, Kecuali Yamaha!

image
Lorenzo dan Rossi tidak lakukan tes privat

Salah satu aturan di MotoGP adalah soal off season yakni larangan melakukan kegiatan apapun yang berhubungan dengan MotoGP di sirkuit. Dengan kata lain, pembalap diberi waktu istirahat total setelah bekerja keras sepanjang 18 seri semusim. Pembalap manapun dilarang jadi bang thoyib yang tak pulang-pulang untuk keluarga.

Sebelum off season dimulai, tim-tim MotoGP diberi kesempatan untuk menjalani tes pramusim atau tes privat. Nah, tes pramusim pertama sudah dilakukan di Valencia hanya beberapa hari setelah seri terakhir musim 2015 berlangsung. Semua tim mengikuti tes ini. Lalu, semua tim juga mendapat jatah tes privat.

Suzuki telah melakukannya di Sepang, 23 – 24 November lalu. Hanya Maverick Vinales yang turun karena Aleix Espargaro tengah cedera. Suzuki tidak mempublikasikan hasil laptime tesnya itu. Lalu, 26 – 27 November giliran tim Honda, Aprilia dan Ducati yang menjalani tes privat di Aragon. Privat koq keroyokan ya :D. Hasilnya, malah anak baru Ducati, Scott Redding, yang menorehkan catatan waktu tercepat mengalahkan duo Repsol Honda.

Nah, yang rada aneh Yamaha. Hingga batas akhir tes privat boleh diselenggarakan, Yamaha sama sekali tidak mengambil jatah itu. Baik Movistar Yamaha maupun Tech 3. Ada apa? Apakah mereka tengah selameran juara dunia atau lagi ribet ngurusi perselisihan Rossi dan Lorenzo? Entahlah, yang jelas walaupun tes privat tidak mereka lakukan namun R&D, trial and error dan utak-atik oleh divisi racing terus dilakukan. Bagi mereka yang terlibat di bidang tersebut tidak ada istilah libur apalagi hingga 3 bulan seperti yang diperoleh para pembalapnya.

Tes resmi musim 2016 kembali akan dibuka 1 – 3 Februari 2016 nanti di Sepang, Malaysia dan dilanjutkan ke Losail, Qatar 3 – 4 Maret 2016 untuk mengukur kemampuan sendiri dan lawan.

Advertisements

Comments are closed.