Beli Motor Baru Di Awal Tahun Atau Akhir Tahun? Baca Dulu Bro…!!!

image
Yamaha M-Slaz meluncur akhir tahun

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Motor Baru? Pas ada duit dong :P. Bukaann…?? Maksudnya pas akhir tahun saat banyak potongan harga atau awal tahun ngejar bulan awal? Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya baca dulu yuk…

Akhir Tahun
Akhir tahun identik dengan cuci gudang alias menghabiskan stok barang selama setahun ke belakang. Bukan apa-apa, ini ada hubungannya dengan capaian target jualan setahun. Alhasil, dampaknya adalah produsen atau dealer atau penjual akan melakukan “apapun” agar jualannya laku, salah satunya memberikan potongan harga alias diskon besar-besaran. Di saat inilah konsumen diuntungkan untuk mendapatkan motor dengan harga miring. Andaikan di awal tahun harga motor X 15 juta, di akhir tahun bisa saja menjadi 14,5 juta. Lumayan bukan 500 ribu buat beli aksesoris.

Namun, bukan berarti selalu nyaman beli motor si akhir tahun. Ada satu “kelemahan” mencolok jika kita beli motor akhir tahun, yakni saat butuh uang cepat alias kepepet maka motor yang akan kita jual tetap disebut tahun yang sama. Padahal motor baru beli 2 bulan misalnya. Contoh, Si Bujang beli motor X bulan Desember 2014. Lalu, 2 bulan kemudian akan dijual, maka motor X si Bujang akan disebut keluaran 2014, bandingkan dengan motor Z kepunyaan si Bajing yang belinya Januari 2014. Sama-sama tahun 2014 namun beda bulan akan sama-sama disebut tahun 2014. Mana yang kira-kira dirugikan?

Awal Tahun
Kelebihan beli motor di awal tahun adalah banyak pilihan model baru. Yup, awal tahun biasanya menjadi semangat awal produsen untuk meraup finansial konsumen sebanyak-banyaknya. Caranya dengan menggelontorkan produk-produk anyar sebanyak mungkin ke pasar. Nah, konsumen bisa mendapatkan banyak pilihan produk baru di awal tahun. Tidak suka produk A, masih ada produk B dan seterusnya. Selain itu dengan beli motor di awal tahun, harga jual kembali motor bisa lebih bernilai dibanding motor akhir tahun.

Namun, bukan berarti beli motor di awal tahun tidak ada kerugiannya. Paling jelas adalah harga motor di awal tahun cenderung lebih tinggi dari harga tahun sebelumnya. Biasanya produsen akan memanfaatkan moment tahun baru dengan refreshing motor lama, ganti grafislah dan sejenisnya sambil lalu menaikkan harga. Saat awal tahun, harga motor “anyar” akan naik. Pun demikian dengan harga motor baru yang biasanya lebih mahal dari motor yang sudah ada sebelumnya.

Adakah pertimbangan lain dari brosis yang lebih berpengalaman? Monggo dishare di sini biar bisa jadi pegangan teman-teman yang akan membeli motor baru. Yang jelas, mau awal tahun atau akhir tahun sama-sama akan sulit diwujudkan jika fulusnya tidak tersedia 😀

Advertisements

13 Comments

  1. beli awal tahun cari rakitan tahun sebelumnya…
    soalnya kadang dapet diskon kalo beli rakitan tahun sebelumnya. Dulu beli vario rakitan 2006 belinya januari 2007 dapet potongan dikiit soalnya. lumayan lah buat beli bensin :mrgreen:

  2. yup, menjelang akhir tahun benar2 banyak motor yg diobral.
    baru dua minggu kemarin ditawarin Nmax dengan uang muka diskon 1 juta plus gratis 3 bulan cicilan.
    dan itupun unit ready stock, tidak perlu inden lagi.

Comments are closed.