GP Qatar Jadi Seri Paling Menghibur Musim 2015, Seri Yang Dimenangi Lorenzo Paling Membosankan

image
GP Qatar Paling Menghibur musim 2015

MotoGP 2015 masih menyisakan cerita. Laman crash melakukan survey seri MotoGP paling menghibur sepanjang 18 seri musim 2015. Dan poling menghasilkan GP Qatar sebagai seri paling menghibur tahun 2015.

GP Qatar di Sirkuit Losail sukses mengalahkan 17 sirkuit lainnya dengan menumpulkan nilai 9.7 dari total nilai 10. GP Qatar ~ runner up polling musim lalu di bawah GP Catalunya ~ hanya unggul 0.1 poin dari runner up GP Australia.

Seperti kita ketahui saat GP Qatar, aksi seru ditunjukkan Valentino Rossi yang mampu menjadi juara hanya dengan selisih 0.174 detik dari pembalap Ducati Andrea Dovizioso di posisi runner up. Padahal saat itu posisi start the doctor adalah grid ke-3 atau di posisi ke-8. Sementara itu podium ketiga diisi Ducati lainnya Andrea Iannone. Jorge Lorenzo yang memimpin balapan sejak awal harus puas finish keempat gara-gara busa helm yang mengganggu.

image
Serunya GP Australia 2015

Sementara itu GP Australia menjadi seri paling menghibur kedua. Di sirkuit Philip Island itu banyak cerita terjadi. Mulai dari statistik catatan overtake yang terjadi sebanyak 52 kali yang dilakukan kuartet Marquez-Lorenzo-Iannone-Rossi. Tidak kalah mengagetkan juga adalah tertabraknya burung camar putih oleh Desmosedici Iannone hingga fairing depannya bolong, hingga aksi overtake luar biasa dari Marquez untuk jadi juara di tikungan terakhir dan oleh Iannone yang sukses mempecundangi Rossi guna merebut jatah podium terakhir.

image
Duel Rossi vs Marquez di GP Argentina 2015

GP Argentina dan GP Belanda menjadi peringkat ketiga dan keempat dengan poin 9.5 dan 9.4. Di sirkuit Termas de Rio Hondo serta Assen itu menjadi ajang duel Rossi vs Marquez. Di Argentina Marquez terjatuh saat berusaha cucuk-cucukan dengan Rossi, sedangkan di Assen semua tahu bagaimana usaha Marquez ketika masuk di sisi dalam racing line Rossi di tikungan S dan berakhir dengan Rossi masuk gravel namun sukses melewatinya dan juara finish di depan Marquez.

image
Podium Silverstone 2015, Petrucci memberikan kejutan

Peringkat kelima adalah GP Inggris. Balapan yang tak terduga dengan hasil juga tak terduga. Rossi mampu juara di trek basah dan kejutan terbesar adalah podium kedua yang dihuni Danilo Petrucci dari tim Pramac padahal Ia start dari posisi 18! Hujan adalah bumbu balapan di Sirkuit Silverstone itu.

Jika melihat top 5 seri MotoGP paling seru, kesemuanya ada andil seorang Valentino Rossi. GP Qatar, GP Argentina, GP Belanda, GP Inggris kesemuanya dimenangi Rossi sedangkan walau gagal podium di GP Australia, namun “ulah” Rossi yang berjibaku dengan 3 pembalap lain di barisan terdepan sejak start hingga finish mampu membius penikmat MotoGP. Lalu, seri mana yang paling tidak seru?

Jawabnya adalah di Valencia alias seri pamungkas. Rada aneh sebab seri ini adalah seri penentuan siapa juara dunia MotoGP 2015. Namun, masuk akal juga menjadi tidak menarik sebab sang entertain sejati MotoGP, Valentino Rossi, harus berjuang dari belakang dan mentok finish keempat. Sementara itu di depan terjadi balap turing dimana Jorge Lorenzo yang start dari pole tidak mampu dibendung duo Repsol. Bahkan, publik menyebut jika Marc Marquez yang sejak start hingga finish menguntit Lorenzo bertindak sebagai pengawal Lorenzo untuk juara dunia. Konspirasi Spanyol makin kuat menyeruak.

Bottom 3 seri MotoGP paling tidak menghibur yakni GP Jerez, GP Brno dan GP Valencia punya kesamaan yakni tiga-tiganya dimenangkan oleh Jorge Lorenzo. Sebuah indikasi begitu membosankannya Lorenzo jika Ia menang. Start sempurna, melaju tak terbendung, tak tersentuh sejak start, turing sendirian di depan dengan prinsip makin jauh dari lawan makin nyaman akhirnya menyentuh garis finish paling duluan tanpa mampu memberikan tontonan menghibur bagi pecinta MotoGP.

Dari survey atau poling di atas bisa kita ambil benang merah yakni Valentino Rossi merupakan pembalap paling menghibur dan Jorge Lorenzo paling tidak menghibur. Tidak terima? Silahkan protes kepada yang mengisi polling.

Hasil Poling Seri MotoGP Paling Menghibur Tahun 2015 oleh crash.net:

1. Qatar Grand Prix = 9.7 out of 10 
2. Australian Grand Prix = 9.6 
3. Argentine Grand Prix = 9.5 
4. Dutch TT = 9.4 
5. British Grand Prix 9.1 
6. San Marino Grand Prix = 8.2 
7. Japanese Grand Prix = 8.1 
8. Aragon Grand Prix = 7.6 
9. Italian Grand Prix = 7.5 
10. French Grand Prix = 7.2 
11. Indianapolis Grand Prix = 7 
12. Catalunya Grand Prix = 6.1 
13. Americas Grand Prix = 6.0 
14. Malaysian Grand Prix = 5.9 
15. German Grand Prix = 5.5 
16. Spanish Grand Prix = 4.3 
17. Czech Republic Grand Prix = 4.0 
18. Valencia Grand Prix = 3.96 

Advertisements

Comments are closed.