Sambut 2016, Yamaha Siapkan 6 Motor Baru, Siap Gempur Pasar!

image
YZF-R25 akan mendapatkan update di tahun 2016

Tahun baru 2016 sudah dimulai perjalanannya sejak kemarin. Menutup tahun 2015 kemarin, persaingan otomotif roda dua tanah air makin dinamis. Khususnya antara dua pabrikan Honda dan Yamaha. Keduanya saling jual beli serangan. Yamaha lepas produk baru, Honda juga segera membalasnya. Nah, bagaimana kira-kira dengan tahun 2016 khususnya Yamaha? Amunisi apa yang akan disiapkan Yamaha?

Berdasarkan ilmu kira-kira ilmiah (opo iki) pabrikan garputala sepertinya akan kembali agresif dengan sejumlah amunisi, baik yang all new ataupun upgrade dari versi sebelumnya. Setidaknya ada dua varian all new yang tengah disiapkan Yamaha, satu skutik dan sisanya sport. Sedangkan untuk versi upgrade atau penyegaran ada sekitar 4 varian. Bahkan salah satunya sudah termonitor didistribusikan yakni Mio Fino 125 Bluecore.

Langsung saja, berikut perkiraan 6 motor baru Yamaha di tahun 2016:

All New:
1. MT15 atau Xabre atau MSlaz
2. Aerox 125 Bluecore

Update:
1. Mio Fino 125 Bluecore
2. All New YZF R15
3. New Jupiter Z1
4. YZF R25 Facelift

Yang paling menarik ditunggu adalah kehadiran naked sport 150cc yakni MT15/Xabre. Yamaha terbilang telat melepas amunisi baru di kelas ini. Mereka cenderung lengah dengan hanyaembiarkan Vixion eksis sendiri. Alhasil, dalam 2 bulan terakhir di akhir tahun lalu kedigdayaan Vixion yang juga sekaligus kejayaan sport Yamaha tergusur oleh kompetitor.

Aerox 125 Bluecore adalah ikhtiar kesekian kalinya dari Yamaha untuk setidaknya mendekati capaian skutik kompetitor. Rumornya Aerox 125 akan memiliki dapur pacu berteknologi vva seperti yang dimiliki NMax. Namun, Yamaha kudu belajar dari kegagalan-kegagalan sebelumnya di segmen skutik. Kelebihan skutik kompetitor bukanlah dari jeroan mesin, kalau urusan satu ini hanya konsumen yang paham bener seluk beluk motor yang aware, namun soal fitur, kenyamanan dalam hal ini suspensi serta kaki-kaki yang kokoh tidak mudah geol. Jika ini semua bisa dibenahi, bukan tidak mungkin skutik Yamaha akan kembali berjaya.

Untuk R15 Yamaha harus banyak membenahi sisi desain dari si lele. Jeleknya si lele selama ini adalah pada sisi desain fairing depan bagian headlamp yang kegedean dimensinya serta buritan yang terlalu nungging. Oke, desain very sporty seperti itu sebenarnya bisa dimaafkan asalkan mesin yang diusung juga sport banget. Sport disini jelas DOHC, namun kenyataannya ya begitulah… sang lawan CBR150R walau berdesain biasa saja, namun mesin sudah DOHC (walaupun ada yang bilang abal-abal) sehingga lebih dilirik konsumen.

Untuk R25 rasanya kalau masih update minor berat untuk melawan Ninja. Aura moge pada Ninja terlalu kuat untuk dilawan R25 yang seperti sekarang. Jadi, sebaiknya Yamaha fokus ke pasar ekspor saja untuk kelas 250cc ini. Lalu, bagaimana dengan Jupiter Z1? Kurang menarik membahas bebek biasa saat ini hahahaha

Sumber Sumber Sumber Sumber

Advertisements

7 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Valentino Rossi Akan Datang Ke Indonesia, Kenapa Harus Bali… Indonesia Luas Lho! | rideralam.com

Comments are closed.