Hati-Hati Getaran Pada Bodi NMax, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

image
NMax Genza

Sudah beberapa hari ini si Genza rada gak nyaman ditindihi (baca dinaiki). Bukan soal performa yang gak mumpuni (kalau soal ini 10 jempol buat VVA Genza) atau soal skok belakang yang keras (kalau yang ini mah sudah bawaan orok :D) namun soal bunyi-bunyi misterius nan mengganggu di bagian bodi depan. Seperti bunyi benda yang bergetar, terutama ketika baru dibawa melaju dari posisi diam. Bodi NMaz bergetar?

Masa sih sudah bergetar, lha wong masih 4000-an km. Masih baru jeee… Jadi teringat perkataan seorang rekan blogger asal Malang yang kabarnya blognya akan dijual ketika RA hendak meminang di Genza akhir tahun lalu. Ia mengatakan hati-hati dengan bodi getar NMax setelah pemakaian beberapa ribu km. Wuikkss… apakah perkataan mantan biem karyawan Suzuki itu menjadi kenyataan saat ini? Gawaat…!!!

Berhubung di masa liburan tidak sempat membawa Genza ke BeRes untuk sekedar mengecek apa yang terjadi, maka baru hari ini saat jam kosong di kantor segera ngegas ke BeRes timur taman makam pahlawan Situbondo. Curhat ke mekanik soal kondisi Genza yang RA keluhkan selama ini. Oke, nunggu antrian ke-3. Ketika giliran Genza mendapat perlakuan, RA perhatikan si mekanik membawa Genza melaju sebentar ke jalan raya, nampaknya mengetes kebenaran cerita RA soal bodi getar. SOP kayaknya nih untuk mencoba motor yang dikeluhkan sebelum diperiksa.

Ketika kembali ke area servis, RA lihat si mekanik tidak berusaha membuka bodi depan Genza yang sueksi itu. “Lho, masak gak diapa-apain sih?” Gumam RA dalam hati. Tak lama kemudian usai mengutak-atik bodi depan Genza (tetap tidak dibuka padahal RA pengen tahu bagaimana cara bukanya sebab sangat minim baut) si mekanik kembali membawa keluar Genza. Semenit kemudian kembali lagi. Penasaran dengan hasilnya, RA masuk ke area servis dan bertanya apa yang terjadi.

image
Koin di bagasi depan NMax bikin suara berisik

Tanpa diduga, si mekanik menyerahkan 3 keping uang logam masing-masing 200 perak 2 keping dan 100 perak ke RA. Ternyata Ia mengatakan bahwa bunyi keras seperti getaran part motor dari bodi depan Genza berasal dari uang logam itu yang ada di bagasi depan. Goncangan membuat tiga logam itu berbunyi nyaring. Oalaahhh… damn!!!

Satu lagi, si mekanik mengarahkan pandangan RA ke gantungan barang hasil modifikasi di bawah rumah kunci. Menurutnya, gantungan barang itu pemasangannya kurang rapat alias agak longgar sehingga menimbulkan bunyi saat motor mulai dijalankan. Damn… again!!!

image
Gantungan barang yang kurang rapat pemasangannya bikin keki

Jadi, semua kegalauan sejak akhir tahun hingga tadi pagi soal suara layaknya bodi getar yang RA rasakan berasal dari hal sepele, uang logam dan gantungan barang? Untung apa yang dikatakan sugimasihada belum tidak terbukti hingga saat ini. Ilmu itu mahal ternyata saudara…. hal sepele seperti itu menjadi kekuatiran besar akibat ketidak-tahuan RA. Katanya blogger motor, tapi urusan sekecil ini gak bisa menemukan solusinya sendiri? Damnnn…. malu aku :v

monggo mampir ke:
Twitter @karismapr
Faceebook Karis Mauyy
sportupdate5

Advertisements

23 Comments

  1. ahahahah.. edan euy sama kaya ane,, bunyi berisik dibagian depan pas dilihat-lihat bingung itu bunyi dimana, dan setelah dioprek ternyata dibagasi depan sebelah kanan ada koin 500 an sisa di indoma*t. pas di ambil ajib tenang..

  2. punya ane baru 100 km dan bunyi getar di bagian wingshelt depan terus bunyi aneh di cvt alunanya naik turun tapi kalo di gas ilang

  3. Asli saya alamin sendiri…. nmax saya baru 2+++ km tapi berisik bgt dikirain kenapa, ternyata kasusnya sama…. yaitu KOIN 100perak 2biji….

Comments are closed.