Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia (5-habis): Skor Total Dari Empat Kriteria

perguruan-tinggi-terbaik-indonesia.jpg.jpegKementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyusun klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Penyusunan peringkat perguruan tinggi berdasarkan empat kriteria penilaian. Yaitu kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan dan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Selain menentukan pemeringkatan berdasarkan nilai total dari empat kriteria di atas, Kemenristekdikti juga melakukan pemeringkatan berdasarkan masing-masing kriteria. Hasilnya:

  1. SDM terbaik diraih Institut Pertanian Bogor (IPB)
  2. Manajemen dan Organisasi terbaik diraih Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS)
  3. Kegiatan Mahasiswa terbaik diraih Universitas Gajah Mada (UGM), dan
  4. Penelitian dan Publikasi Ilmiah terbaik adalah Institut Teknologi Bandung (ITB)

Namun, jika dilihat secara total dari empat kriteria, skor tertinggi diraih Institut Teknologi Bandung yang berhasil mengalahkan 10 perguruan tinggi lainnya.  Data yang digunakan untuk pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah data yang dilaporkan seluruh univeraitas di Indonesia di pangkalan data eksternal perguruan tinggi (PDPT) dan data eksternal seperti BAN PT dan Scopus pada Desember 2014.

Baca Juga:

[display-posts tag=”pendidikan” posts_per_page=”4″]

Pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia dilakukan dengan tujuan mendorong perguruan tinggi dalam mengembangkan akademik dan non-akademik. Biar saling bersaing ceritanya bro. Sudah menjadi hukum alam dengan persaingan akan dihasilkan kualitas terbaik.

Berikut Daftar 11 Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia Tahun 2015:

  1. Institut Teknologi Bandung skor 3,743
  2. Universitas Gajah Mada skor 3,690
  3. Institut Pertanian Bogor skor 3,490
  4. Universitas Indonesia skor 3,412
  5. Institut Teknologi 10 Nopember skor 3,289
  6. Universitas Brawijaya skor 3,217
  7. Universitas Padjajaran skor 3,075
  8. Universitas Airlangga skor 3,065
  9. Universitas 11 Maret skor 3,035
  10. Universitas Diponegoro skor 2,983
  11. Universitas Hasanuddin skor 2,978

Bukan kebetulan jika ke-11 PT di atas adalah berstatus negeri. Di Indonesia perguruan tinggi terbaik memang masih didominasi PT Negeri. Bukan mustahil dalam beberapa tahun ke depan PT swasta terbaik akan bermunculan. Jika kita lihat pemeringkatan per-kriteria, sudah muncul beberapa PT Swasta seperti Universitas Gunadarma, Universitas Kristen Petra dan Universitas Islam Indonesia yang menerobos diantara dominasi PT Negeri.

Oke deh brosis, selamat ya bagi almamaternya yang masuk daftar di atas. Namun, bagi yang kampusnya belum masuk tidak usah berkecil hati, pemeringkatan seperti di atas akan terus dilakukan kontinyu dan diupdate oleh kemenristekdikti. Tidak kalah pentingnya lagi, semoga PT-PT di atas bisa berbicara banyak di level internasional. Kita masih kalah dengan Singapura, Malaysia, Thailand bahkan Vietnam.

Advertisements

Comments are closed.