Kabar Buruk, Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Via SNMPTN Dikurangi!

image

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak lama lagi akan segera dihadapi calon-calon mahasiswa baru. Bisa dipastikan jumlah peminat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan membludak sedangkan kursi yang tersedia sedikit. Namun, belum juga pendaftaran SNMPTN dibuka, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) telah memangkas kuota penerimaan mahasiswa baru via SNMPTN!

Yap, Menristekdikti Mohammad Nasir menjelaskan alasan pengurangan kuota SNMPTN 2016 tersebut lantaran saat ini indeks integritas sekolah menjadi salah satu variabel penentu kelulusan pendaftar. Nasir menjelaskan bahwa masih banyak sekolah yang memiliki indeks integritas rendah.

Dikutip dari Okezone:

“Mengevaluasi dari tahun sebelumnya, angka 50 persen pada SNMPTN, jika melihat indeks integritas sekolah masih belum maksimal karena beberapa sekolah indeks integritasnya masih rendah. Nah supaya seimbang, kuota SNMPTN 2016 dikurangi dulu,” tuturnya dalam peluncuran SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 di Kemristekdikti, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Baca Juga:
[display-posts tag=”pendidikan” posts_per_page=”2″]

Sebagai informasi pada tahun 2015 kuota penerimaan Mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN minimal 50%, Ujian Mandiri (UM) minimal 20% dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) minimal 30%.

Berdasarkan ketentuan penerimaan mahasiswa ke PTN 2016, panitia SNMPTN dan SBMPTN menetapkan jumlah alokasi daya tampung pada setiap program studi, meliputi…

1. Minimal 40% melalui SNMPTN
2. Minimal 30% melalui SBMPTN, dan
3. Minimal 30% melalui UM

Hal ini menjadi kabar kurang baik bagi lulusan SMA/sederajat yang tengah mengadu otak dan keberuntungan via SNMPTN. Pasalnya perguruan tinggi otomatis akan mengurangi kuota via SNMPTN walaupun angka 40% itu adalah minimal yang berarti jika sebuah PTN mengambil kuota via SNMPTN 50% atau 60% juga tidak apa-apa.

monggo mampir ke:

Twitter: @karismapr
Facebook: Karis Mauyy
Blog sportupdate5 , rideralam , karismauyy

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.