Siap-Siap Yang Mau Kuliah, Catat Nih… Jadwal Daftar SNMPTN 2016!

image

Masbro dan mbaksis yang saat ini tengah duduk di kelas XII atau kelas terakhir SMA berarti tidak lama lagi akan menghadapi step berikutnya dari jenjang pendidikan yang akan dilalui yakni kuliah. Jadi anak kampus, brosis! Tapi, sebelum resmi menjadi anak kampus ada satu tahapan yang harus dilalui kalian semua yakni ujian masuk perguruan tinggi. Mulai pekan depan, para siswa kelas XII SMA/sederajat sudah harus bersiap mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Bagaimana tahapannya? Yuk disimak terus, jangan lupa siapkan alat tulis dan secangkir kopi.

Tahap pertama adalah pendaftaran seleksi jalur undangan (SNMPTN) diawali dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Tahapan ini dibuka pada 18 Januari hingga 20 Februari.

Pendaftaran SNMPTN sudah bisa dilakukan mulai 29 Februari sampai 12 Maret 2016.

Cetak Kartu Peserta SNMPTN bisa dilalulan pada 22 Maret sampai 21 April 2016.

Seleksi oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 24 Maret sampai 8 Mei 2016.

Pengumuman hasil seleksi 10 Mei 2016.

Menurut buku panduan SNMPTN, seleksi mahasiswa baru dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional. PTN peserta SNMPTN ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguran Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan serentak. Kalau mau tahu daftar Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia, silahkan buka link di bawah ini.

[display-posts tag=”pendidikan” posts_per_page=”5″]

Bagaimana, sudah siap dengan SNMPTN? Jika brosis maunya kuliah di PTN selepas lulus SMA ya harus siap. Namun, jangan lupakan juga masih ada Ujian Nasional (UN) yang harus dilewati sebelum menghadapi SNMPTN. Saran RA sering-seringlah konsultasi dengan guru BK di sekolah masing-masing. Beliau-beliau guru BK biasanya alan mengarahkan brosis semua ke PTN mana yang sesuai dengan minat tentu saja diukur dari kemampuan brosis sekalian. Guru BK juga akan membantu mengingatkan soal tahapan-tahapan SNMPTN. So, baik-baiklah dengan guru  BK ya…

monggo mampir ke:

Twitter: @karismapr
Facebook: Karis Mauyy
Blog sportupdate5 , rideralam , karismauyy

Advertisements

Comments are closed.